Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ikatan Hidrogen

Ikatan Hidrogen

Ratings: (0)|Views: 675 |Likes:
Published by Roni Boni Pakpahan

More info:

Published by: Roni Boni Pakpahan on Jul 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/09/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
A.Ikatan HidrogenGaya antarmolekul
adalahgaya elektromagnetik yang terjadi antaramolekulatau antara bagian yang terpisah jauh dari suatumakromolekul.Gaya- gaya ini dapat berupakohesiantara molekul serupa, seperti contohnya padategangan permukaan,atauadhesiantara molekul tak serupa, contohnya pada kapilaritas. Gaya-gaya ini, dimulai dari yang paling kuat, terdiri dari:interaksiionik ,ikatan hidrogen, interaksi dwikutub (
dipole
), dangaya Van der Waals.Ikatan hidrogen merupakan ikatan yang terjadi akibat gaya tariantarmolekul antara dua muatan listrik parsial dengan polaritas yang berlawanan.Ikatan hidrogen seperti interaksi dipol-dipol dari Van der Waals. Perbedaannyaadalah muatan parsial positifnya berasal dari sebuah atom hidrogen dalam sebuahmolekul. Sedangkan muatan parsial negatifnya berasal dari sebuah molekul yangdibangun oleh atom yang memiliki elektronegatifitas yang besar, seperti atomFlor (F), Oksigen (O), Nitrogen (N), Belerang (S) dan Posfor (P). Muatan parsialnegatif tersebut berasal dari pasangan elektron bebas yang dimilikinya.Perbedaanelektronegativitasyang bersar antara dua atom yang berikatandengan kuat menyebabkan terbentuknyadipol(dwikutub). Dipol-dipol ini akansaling tarik-menarik ataupun tolak-menolak. Ikatan hidrogen bisa dikatakansebagai dipol permanen yang sangat kuat. Namun, pada ikatan hidrogen, protonhidrogen berada sangat dekat dengan atom penderma elektron dan mirip denganikatan tiga-pusat dua-elektronseperti pada diborana. Ikatan hidrogen menjelaskantitik didih zat cair yang relatif tinggi seperti air, ammonia, dan hidrogen fluorida jika dibandingkan dengan senyawa-senyawa yang lebih berat lainnya pada kolomtabel periodik yang sama.
 
Ikatan hidrogen dapat terjadi inter molekul dan intra molekul. Jika ikatanterjadi antara atom-atom dalam molekul yang sama maka disebut ikatan hidrogenintramolekul atau didalam molekul, seperti molekul H
2
O dengan molekul H
2
O.Ikatan hidrogen, juga terbentuk pada pada antar molekul seperti molekul NH
3
,CH
3
CH
2
OH dengan molekul H
2
O, ikatan yang semacam ini disebut dengan ikatanhidrogen intermolekul.
B.TautomerisasiTautomer
adalahsenyawa-senyawa organik yang dapat melakukan reaksi  antarubahan yang disebut
tautomerisasi
. Seperti yang umumnya dijumpai, reaksiini dihasilkan oleh perpindahan atom hidrogenatau protonyang diikuti dengan  pergantianikatan tunggaldenganikatan gandadi sebelahnya. Dalamlarutandi mana tautomerisasi dapat terjadi,kesetimbangan kimia tautomer dapat dicapai. Rasio tautomer ini tergantung pada beberapa faktor, meliputitemperatur ,  pelarut,  dan pH. Konsep tatomer yang dapat melakukan antarubahan dengan tautomerisasidisebut
tautomerisme
. Tautomerisme adalah kasus khusus dariisomersime struktur dan memainkan peran yang penting dalam pemasangan basadalam molekulDNAdanRNA.
Tautomerisme prototropik 
merujuk pada relokasi sebuah proton.Tautomer prototropik adalah sekelompok keadaan protonasiisomerik denganrumus empirisdanmuatantotal yang sama.
Tautomerisme annular
adalah sejenis tautomerisme prototropik dimanasebuah proton dapat menduduki dua atau lebih posisi dalam sebuah sistemheterosiklik . Sebagai contoh, 1H- dan 3H-imidazola; 1H-, 2H-, dan 4H-1,2,4- triazola; 1H- dan 2-Hisoindola.
Tautomerisme rantai-cincin
terjadi ketika perpindahan proton diikuti oleh perubahan struktur terbuka menjadi cincin, seperti pada bentuk aldehidadan  piran  glukosa.
 
Tautomerisme valensi
adalah sejenis tautomerisme prototropik yangmelibatkan proses reorganisasi ikatan elektron yang cepat. Contoh dari jenistautomerisme ini dapat ditemukan pada bulvalena. Contoh lainnya adalah bentuk terbuka dan tertutup dariazida-tetrazola. Tautomerisme valensi memerlukan  perubahan geometri molekul dan hal ini berbeda denganstruktur resonansi ataupun mesomer . Tautomerisasi dikatalisasioleh:
Basa(1. deprotonasi; 2. pemebntukananionyang ter delokalisasi(misalnya enolat); 3. protonasipada posisi yeng berbeda pada anion).
asam(1. protonasi; 2. pembentukan kation yang terdelokalisasi; 3.deprotonasi pada sebelah posisi yang berbeda pada kation).Pasangan tautomer yang umum adalah:
amida- asam imidat, misalnya selama reaksihidrolisis nitril.
laktam-laktim, sebuah tautomerisme amida-asam imidat pada cincin heterosiklik , misalnya padanukleobasa guanina,timina, dansitosina.
enamina - enamina, misalnya selama reaksienzimyang dikatalisasi oleh piridoksalfosfate.

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Sutan Alamsyah liked this
Eva Marisa liked this
Ikha Reskia liked this
Putri Isnaini liked this
Hary L-p liked this
Ciee Uciee liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->