Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
14Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Revolusi Bumi

Revolusi Bumi

Ratings: (0)|Views: 1,631 |Likes:
Published by Lisa Aprilia
Bagi yang membutuhkan silahkan didownload. Mohon feedback yang membangun ya :)
Bagi yang membutuhkan silahkan didownload. Mohon feedback yang membangun ya :)

More info:

Published by: Lisa Aprilia on Jul 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/24/2013

pdf

text

original

 
1 |
REVOLUSI BUMI DAN AKIBATNYA
 
REVOLUSI BUMI
Bumi disamping berotasi pada porosnya, Bumi pun melakukan gerak revolusimengeliling Matahari.Gerak Revolusi Bumi adalah peristiwa bergeraknya sebuah benda mengelilingititik pusat gerak benda tertentu akibat adanya grafitasi. Pergerakan Bumi beredar mengeliling Matahari lintasannya tidak berbentuk lingkaran, melainkan agak lonjong.Copernicus adalah orang yang pertama mengemukakan, bahwa Bumi berputar  pada porosnya sekali putara dalam sehari dan Bumi bergerak mengelilingi Mataharisekali dalam setahun.
 
 
2
|
REVOLUSI BUMI DAN AKIBATNYA
 
Sesuai dengan apa yang dijelaskan Copernicus, bahwa Bumi berputar padasumbunya sekali dalam sehari dan Bumi melakukan gerakan terhadap matahari yangdisebut ber-revolusi terhadap Matahari, apa buktinya? mari lihat uraian bukti bahwaBumi berevolusi yang merupakan percobaan-percobaan dilakukan oleh para ahlisebagai berikut:1.
 
Aberasi (sesatan cahaya)
 
Orang melihat sebuah bintang S melalui sebuah teropong O, jika teropong diammaka bintang S akan tampak gambarnya di titik B, tetapi kenyataannya tidak demikian. Orang melihat dengan arah OS, bintang tersebut tidak terlihat di B(dengan arah SOB), melaikan melenceng ke sampingnya yaitu dititik B, inimenunjukan bahwa teropong tersebut tidak diam melainkan bergerak mengikutiBumi.Bersamaan dengan berjalanya cahaya dari titik O sampai titik B, teropong berpindah tempat atau berubah arahnya.
 
 
3
|
REVOLUSI BUMI DAN AKIBATNYA
 
Berakibat cahaya tidak lagi jatuh dititik B, melainkan di samping titik B.Bisa dilihat bintang tidak lagi dalam arah OS tetapi, bintang seolah-olah bergesar dengan arah yang sama dengan gerakan itu, gejala ini disebut dengan sebutanSesatan Cahaya atau Aberasi Bintang.
 
2.
 
P
arallaxis (benda langit).
 Paralaksis suatu bintang ialah sudut pada bintang, dimana jarak antara ³bintang itudengan Bumi´ dan ³bintang itu dengan Matahari´ sebagai kaki sudutnya.ketika bumi berada di Bm1 B, maka bintang B dapat terlihat dengan teropong menurutgaris Bm1 B Bm2, setelah 6 bulan bintang B terlihat lagi dengan arah menurut garisBm2B sehingga sudut Bm1 B Bm2 merupakan dua paralksis. Itu tanda Bumi tidak tetap pada Bm1, tetapi bergeser sampai Bm2.
 

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
Yusra Julia Maha liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Aditya Pratama liked this
Nio Nyonk liked this
Ewan Nur liked this
Muhammad Affan liked this
Hafidh Anas liked this
Hana Fadhilah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->