Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
385Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Mutasi Dapat Terjadi Pada Tingkat DNA GEN Dan KROMOSOM

Mutasi Dapat Terjadi Pada Tingkat DNA GEN Dan KROMOSOM

Ratings:

4.67

(15)
|Views: 93,549|Likes:

More info:

Published by: Dinnar Kusumawati Deden on Sep 19, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/11/2013

pdf

text

original

 
Mutasi Dapat Terjadi Pada Tingkat DNA. Gen, dan Kromosom 12.1
Mutasi
Istilah mutasi pertama kali digunakan oleh
Hugo de vries
, untuk mengemukakanadanya perubahan fenotipe yang mendadak pada bunga oenothera lamarckiana dan bersifat menurun. Ternyata perubahan tersebutterjadi karena adanya penyimpangan dari kromosomnya.seth wright juga melaporkan peristiwa mutasi pada domba jenis Ancon yang berkaki pendek dan bersifat menurun.Lihat Gambar di bawah ini merupakan domba hasil kloningPenelitian ilmiah tentang mutasi dilakukan pula oleh Morgan ( 1910) denganmenggunakan Drosophila melanogaster (lalat buah). Akhirnya murid Morgan yang bernama Herman Yoseph Muller berhasil dalam percobaannya terhadap lalat buah,yaitumenemukan mutasi buatan dengan menggunakan sinar X.Peristiwa terjadinya mutasi disebut mutagenesis. Makhluk hidup yang mengalami mutasidisebut- mutan; dan faktor penyebab mutasi disebut mutagen ( mutagenik agent) .Mutasi jarang terjadi secara alami; dan jika terjadi biasanya merugikan bagi makhluk 
 
hidup mutannya. Misalnya mutasi buatan terhadap semangka yang besarnya berlipat,namun gagal membentuk alat generative.
1. Mutasi Dapat Terjadi Pada Tingkat DNA. Gen, danKromosom
Mutasi adalah peristiwa perubahan genetik (gen ataukromosom) dari suatu individuyang bersifat menurun.
a. Mutasi Gen
Seperti telah kita pelajari dalam Bab 3 bahwa pasangan basa nitrogen (basa N) padaDNA. Antara timin dan adenine atau antara guanin dan sitosin dihubungkan oleh ikatanhidrogen yang lemah " Atom-atom hidrogen dapat berpindah dari satu posisi ke posisilain pada purin atau pirimidin. Perubahan kimia sedemikian disebut perubahan tautomer.Misalnya, secara tidak normal, adenin berpasangan dengan sitosin dan timin denganguanin. peristiwa perubahan genetic seperti ini disebut mutasi gen karena hanya terjadi didalam gen. Mutasi gen disebut juga mutasi titik (point mutation). Mutasi gen dapat terjadikarena substitusi basa N.Macam-macam mutasi gen antara rain:
1. Mutasi tak bermakna (nonsense mutatton);
terjadi perubahan kodon (triplet) darikode basa N asam amino tetapi tidak mengakibatkan kesalahan pembentukan protein.Misalnya, uuu diganti uus yang sama -sama kode fenilalanin.
2. Mutasi ganda tiga (triplet mutations);
terjadi karena adanya penambahan atau pengurangan tiga basa secara bersama - sama.
3. Mutasi bingkai (frarneshift mutattons);
terjadi karena adanya penambahan sekaligus pengurangan satu atau beberapa pasangan basa secara bersama - sama.
b. Mutasi Kromosom
 
Istilah mutasi pada umumnya digunakan untuk perubahan gen, sedangkan perubahankromosom yang dapat diamati dikenal sebagai variasi kromosom atau aberasi. Kita akanmembahas mutasi kromosom atau mutasi besar atau yang pada prinsipnya digolongkanrnenjadi dua, yaitusebagai berikut.
1. Mutasi kromosom tejadi karena peruhahan jumlah kromosom
mutasi kromosom yang terjadi karena perubahan jumlah kromosom (ploid)meiibatkan kehilangan atau penambahan perangkat kromosom (genom) disebut euploid, sedang yang hanva terjadi pada salah satu kromosom dari genorn disebuaneuploid.
a) Euploid
eu = benar; ploid = unit)Makhluk hidup yang terjadi dari perkembangbiakan secara kawin , pada umumnya bersifat diploid, memiliki 2 perangkat kromosom atau 2 genom pada sel somatisnya (2nkromosom).Organisme yang kehilangan I set kromosomnya disebut monoploid. Organismemonoploid memiliki satu genom atau satu perangkat kromosom (n kromosom) dalam selsomatisnya.sel kelamin (gamet), yaitu sel telur (ovum) dan spermatozoon, masing – masing memilikisatu perangkat kromosom. Satu genom (n kromosom) yang disebut haploid. sedangorganisme yang memiliki lebih dari dua genom disebut poliploid, misalnya: triploid (3nkromosom): tetraploid (4n kromosom); heksaploid( 6n kromosom). Poliploid yang terjadi pada tumbuhan misalnya pada apel, dan tebu. poliploid pada hewan misalnya padaDaphnia, Rana esculenta, dan Ascaris.Macam poliploid ada dua, yaitu otopoliploid, terjadi pada krornosom homolog, misalnyasemangka tak berbiji; dan alopoIiploid, terjadi pada kromosom non homolog, misalnyaRhaphanobrassica (akar sepertikol, daun mirip lobak).
b) Aneuploid
(
an
= tidak;
eu
= benar;
Ploid
= Unit)Mutasi kromosom ini tidak melibatkan seluruh genom yang berubah,rnelainkan hanyaterjadi pada salah satu kromosom dari genom. Disebut juga dengan istilah aneusomik.Macam-macam aneusomik antara lain sebagai berikut:

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->