Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
10Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Mengajar Yang Efektif

Makalah Mengajar Yang Efektif

Ratings: (0)|Views: 1,690 |Likes:

More info:

Published by: Bintang KeciiLku 'phie' on Jul 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/08/2013

pdf

text

original

 
MENGAJAR YANG EFEKTIFA.
 
Pengertian Mengajar yang Efektif 
Mengajar adalah membimbing siswa, agar mengalami proses belajar. Dalam belajar,siswa menghendaki hasil belajar yang efektif bagi dirinya. Untuk memenuhi tuntutan tersebut,guru harus membantu dengan cara mengajar yang efektif.
 
Mengajar adalah suatu seni. Guruyang cakap mengajar dapat merasakan bahwa mengajar di mana saja adalah suatu hal yangmenggembirakan, yang membuatnya melupakan kelelahan. Selain itu guru juga dapatmempengaruhi muridnya melalui kepribadiannya. Guru yang ingin murid-muridnya mengalamikemajuan, perlu mengadakan pengamatan dan penelitian terhadap teori dan praktek mengajar sehingga ia dapat terus-menerus meningkatkan cara mengajar Mengajar merupakan suatu perbuatan yang memerlukan tanggung jawab moral yangcukup berat, sehingga berhasilnnya pendidikan siswa sangat bergantung pada guru dalammelaksanakan tugasnya
1
. Menurut Warni Rasyidin mengemukakan bahwa mengajar adalahketerlibatan guru dan siswa dalam interaksi proses belajar mengajar. Guru sebagai koordinator menyusun,mengorganisasi dan mengatur situasi belajar.Guru memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kuantitas dan kualitas pengajaran yang dilaksanakannya, oleh sebab itu, guru harus memikirkan dan membuat perencanaan kesempatan secara seksama dalam meningkatkan kesempatan belajar bagi siswanyadan memperbaiki kualitas mengajar. Dalam hal ini menuntut perubahan-perubahan dalam pengorganisasian kelas, karakter, guru, metode, stategi balajar mengajar maupun sikap dalammengelola proses balajar mengajar bertindak sebagai fasilitator yang berusaha menciptakankondisi belajar mengajar yang efektif sehingga memungkinkan peningkatan kemampuan siswadalam mengembangkan bahan pelajaran dengan baik dan mampu menguasai tujuan yang harusdicapai. Dalam hal ini guru di tuntut untuk mampu mengelola proses belajar mengajar sehinggadapat memberikan ransangan kepada siswa.Dalam menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif , setidaknya ada variabelyang menentukan keberhasilan siswa diantaranya:
1
M. Uzer Usman.
 
B
.
 
Syarat-Syarat Mengajar Efektif 
Mengajar yang efektif adalah mengajar yang dapat membawa belajar siswa yang efektif  pula. Maka, untuk mengajar yang efektif diperlukan syarat-syarat sebagai berikut :1.
 
Belajar secara aktif, baik mental maupun fisik. Didalam belajar, siswa harusmengalami aktivitas mental, dan juga aktivitas jasmani.2.
 
Guru harus menggunakan banyak metode pada waktu mengajar. Dengan variasimetode, mengakibatkan penyajian bahan pelajaran lebih menarik perhatian siswa,mudah diterima siswa, dan suasana kelas menjadi hidup.3.
 
Motivasi. Hal ini sangat berperan pada kemajuan, perkembangan anak selanjutnyamelalui Proses Belajar Mengajar. Bila motivasi guru tepat mengenai sasaran akanmeningkatkan kegiatan anak dalam belajar.4.
 
Kurikulum yang baik dan seimbang. Kurikulum sekolah ini juga harus mampumengembangkan segala segi kepribadian anak, disamping kebutuhan anak sebagaianggota masyarakat.5.
 
Guru perlu mempertimbangkan pada perbedaan individual. Guru tidak cukup hanyamerencanakan pengajaran klasikal, karena masing-masing anak mempunyai perbedaandalam beberapa segi, misalnya intellegensi, bakat, tingkah laku, sikap, dll.6.
 
Guru akan mengajar dengan efektif, bila selalu membuat perencanaan dahulu sebelummengajar. Dengan persiapan mengajar, guru akan merasa mantap dan lebih percayadiri berdiri didepan kelas untuk melakukan interaksi dengan siswa-siswinya.7.
 
Pengaruh guru yang sugestif perlu diberikan pula kepada anak. Sugesti yang kuat,akan merangsang anak untuk lebih giat lagi dalam belajar.8.
 
Seorang guru harus memiliki keberanian menghadapi murid-muridnya, berkenaandengan permasalahan yang timbul pada saat Proses Belajar Mengajar berlangsung.9.
 
Guru harus mampu menciptakan suasana yang demokratis disekolah. Lingkunganyang saling menghormati, dapat memahami kebutuhan anak, bertenggang-rasa, dll.10.
 
Pada penyajian bahan pelajaran pada anak, guru perlu memberikan persoalan yangdapat merangsang anak untuk berpikir dan memunculkan reaksinya.11.
 
Semua pelajaran yang diberikan anak perlu di integrasikan, sehingga anak memiliki pengetahuan yang terintegrasi, tidak terpisah-pisah pada sistem pengajaran lama, yangmemberikan pelajaran terpisah satu sama lainnya.
 
12.
 
Pelajaran disekolah perlu dihubungkan dengan kehidupan nyata di masyarakat.13.
 
Dalam interaksi belajar-mengajar, guru harus banyak memberi kebebasan pada anak untuk dapat menyelidiki sendiri, belajar sendiri, mencari pemecahan masalah sendiri,dsb.14.
 
Pengajaran remedial, yang diadakan bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar, dsb.
C
.
 
C
ara Mengajar Efektif 
 Sepuluh jenis prinsip dasar dalam cara mengajar yang disajikan di bawah ini, dapatdipakai sebagai petunjuk oleh para pengajar guna meningkatkan cara mengajar mereka antaralain:1.
 
Menguasai Isi Pengajaran
 Hukum yang pertama dalam teori ³Tujuh Hukum Mengajar´ dari John MiltonGregory berbunyi: ³Guru harus mengetahui apa yang diajarkan.´ Jika guru sendirimengetahui dengan jelas inti pelajaran yang akan disampaikan, ia dapat meyakinkanmurid dengan wibawanya, sehingga murid percaya apa yang dikatakan guru, bahkanmerasa tertarik terhadap pelajaran.2.
 
Mengetahui dengan Jelas Sasaran Pengajaran
 Pengajaran yang jelas sasarannya membuat murid melihat dengan jelas inti dari pokok pelajaran itu. Mereka dapat menangkap seluruh liputan pelajaran, bahkanmengalami kemajuan dalam proses belajar.Empat macam ciri khas yang harus diperhatikan pada saat memilih dan menuliskansasaran pengajaran:a.
 
Inti dari sasaran harus disebutkan dengan jelas. b.
 
Ungkapan penting dari sasaran harus bertitik tolak dari konsep murid.c.
 
Sasaran harus meliputi hasil belajar.d.
 
Hasil sasaran yang dapat dicapai.Contoh: Contoh-contoh di atas telah menjelaskan empat macam hasil belajar yang berbeda: pengetahuan, pengertian, sikap, dan ketrampilan.3.
 
U
tamakan Susunan yang Sistematis
 

Activity (10)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
LeoNy Ajhaa liked this
hemranin liked this
Cici Yatun liked this
Yamada Kenta liked this
Dephie Chieftha liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->