Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai

Ratings: (0)|Views: 1,223|Likes:
Published by Leena Kumatd
tugas...
tugas...

More info:

categoriesTypes, School Work
Published by: Leena Kumatd on Jul 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/22/2013

pdf

text

original

 
Kerajaan Kutai
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebasSalah satu yupa dengan inskripsi, kini diMuseum Nasional Republik Indonesia, Jakarta
Kutai Martadipura
adalah kerajaan bercorak Hindudi Nusantarayang memiliki bukti sejarah tertua. Berdiri sekitar abad ke-4. Kerajaan ini terletak diMuara Kaman,Kalimantan Timur , tepatnya di hulusungai Mahakam.
[1][2]
Nama Kutai diberikan oleh para ahli mengambil darinama tempat ditemukannya prasasti yang menunjukkan eksistensi kerajaan tersebut. Tidak ada prasasti yang secara jelas menyebutkan nama kerajaan ini dan memang sangat sedikit informasiyang dapat diperoleh.
Sejarah
[sunting] Yupa
 
 Prasasti Kerajaan KutaiInformasi yang ada diperoleh dariYupa/ prasasti dalam upacara pengorbanan yang berasal dariabad ke-4. Ada tujuh buah yupa yang menjadi sumber utama bagi para ahli dalammenginterpretasikan sejarah Kerajaan Kutai. Yupa adalah tugu batu yang berfungsi sebagai tianguntuk menambat hewan yang akan dikorbankan. Dari salah satu yupa tersebut diketahui bahwaraja yang memerintah kerajaan Kutai saat itu adalahMulawarman. Namanya dicatat dalam yupakarena kedermawanannya menyedekahkan 20.000 ekor sapi kepada kaum brahmana.
[sunting] Mulawarman
Mulawarman adalah anak Aswawarman dan cucu Kundungga. Nama Mulawarman danAswawarman sangat kental dengan pengaruh bahasa Sanskertabila dilihat dari cara penulisannya. Kundungga adalah pembesar dariKerajaan Campa(Kamboja) yang datang keIndonesia. Kundungga sendiri diduga belum menganut agama Budha.
[sunting] Aswawarman
Aswawarman mungkin adalah raja pertama Kerajaan Kutai yang bercorak Hindu. Ia jugadiketahui sebagai pendiri dinasti Kerajaan Kutai sehingga diberi gelar Wangsakerta, yang artinya pembentuk keluarga. Aswawarman memiliki 3 orang putera, dan salah satunya adalahMulawarman.Putra Aswawarman adalah Mulawarman. Dari yupa diketahui bahwa pada masa pemerintahanMulawarman, Kerajaan Kutai mengalami masa keemasan. Wilayah kekuasaannya meliputihampir seluruh wilayah Kalimantan Timur. Rakyat Kutai hidup sejahtera dan makmur.Kerajaan Kutai seakan-akan tak tampak lagi oleh dunia luar karena kurangnya komunikasidengan pihak asing, hingga sangat sedikit yang mendengar namanya.
 
[sunting] Berakhir
Kerajaan Kutai berakhir saat Raja Kutai yang bernama Maharaja Dharma Setia tewas dalam peperangan di tangan Raja Kutai Kartanegara ke-13,Aji Pangeran Anum Panji Mendapa. Perludiingat bahwa Kutai ini (Kutai Martadipura) berbeda denganKerajaan Kutai Kartanegarayangibukotanya pertama kali berada diKutai Lama(Tanjung Kute
 
). Kutai Kartanegara inilah, ditahun 1365, yang disebutkan dalam sastra Jawa Negarakertagama. Kutai Kartanegara selanjutnyamenjadi kerajaan Islam yang disebutKesultanan Kutai Kartanegara.
[sunting] Nama-Nama Raja Kutai
Peta Kecamatan Muara Kaman1.
 
Maharaja Kundungga, gelar anumerta Dewawarman2.
 
Maharaja Asmawarman (anak Kundungga)3.
 
Maharaja Mulawarman4.
 
Maharaja Marawijaya Warman5.
 
Maharaja Gajayana Warman6.
 
Maharaja Tungga Warman7.
 
Maharaja Jayanaga Warman8.
 
Maharaja Nalasinga Warman9.
 
Maharaja Nala Parana Tungga10.
 
Maharaja Gadingga Warman Dewa11.
 
Maharaja Indra Warman Dewa12.
 
Maharaja Sangga Warman Dewa13.
 
Maharaja Candrawarman

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
adhe_kidz liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->