Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Berhala

Berhala

Ratings: (0)|Views: 897|Likes:
Published by ajismandegar

More info:

Categories:Types, Research
Published by: ajismandegar on Jul 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/23/2012

pdf

text

original

 
Berhala (Islam)
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebasLangsung ke:navigasi,cari 
 Ritual pemujaanberhala sapi emas
dibuat oleh Nicolas Poussin: citra yang di tampilkanterpengaruh gaya Romawi Greco bacchanal Dalam Islam,
Berhala
adalahobyek berbentuk makhluk hidup atau bendayang didewakan, disembah, dipuja dan dibuat oleh tangan manusia. Sesuai dengan salah satu surah didalamAl-Qur'anyang berbunyi:
³
"A
 pakah mereka mempersekutukan ( 
 A
llah dengan) berhala-berhala yang tak dapat menciptakan sesuatupun? Sedangkan berhala-berhala itu sendiri buatan orang.
 
 A
l-
 A' 
raaf 7:138)
 
´
 
M
enurutsyariat Islam, pada saat menjelang waktuYawm al-Qiymah, akan ada pertanda besar  dari Hari Kebangkitan itu ditandai dengan adanya kaum yang akan kembali melakukan ajaran paganisme berdasarkan salah satu hadits shahihImam
M
uslim.
[1]
 Ritual terpenting dari ajaran paganisme berkaitan denganseksdan perang. Segala bentuk   penyembahan berhala bertumpu pada pemuasan hawa nafsu dan kekuatan fisik duniawi untuk mencapai surga duniawi. Tidak ada aspek 
transcendental 
dalam semua ajaran paganisme.Sementaraagama samawimenitik beratkan pencapaian tertinggi dalam kehidupan bersifat
transcendental 
, dalam konsep kebahagiaan ruhaniyah yang abadi sesudah mati dialamakhirat.
D
aftar isi
[sembunyikan]
y
 
1 Etimologi 
o
 
1.1
M
akna berhala dalam Al-Qur'an 
 
y
 
2
Paganisme dari masa ke masa 
o
 
2
.1 Arab Jahiliyah (Pra Islam) 
 
2
.1.1 Jenis berhala Jahiliyah 
o
 
2
.
2
Ninawa (Yunus) 
o
 
2
.3 Phiniq & Bani Israel (Ilyas) 
o
 
2
.4 Saba' (Sulayman) 
o
 
2
.5 Bani Israel (
M
usa) 
o
 
2
.6 Rass,
M
adyan & Aykah (Syu'aib) 
o
 
2
.7 Kaldn (Ibrahim) 
o
 
2
.8 d (Hud) 
o
 
2
.9 Bani Rasib (Nuh) 
y
 
3 Kepercayaan para musyrikin didalam Al Qur'an 
y
 
4 Catatan kaki 
y
 
5 Referensi 
y
 
6 Pranala luar  
y
 
7 Lihat pula 
[
sunting] Etimologi
Kata berhala dalamKamus Besar Bahasa Indonesia, sebagai kata benda memiliki arti patung  dewa, kemudian penggunaan kata berhala kemudian meluas menjadi makhluk/benda (matahari,  bulan,malaikat,hewan) apa saja yang disembah selain perintah Allah adalah termasuk dalam kategori berhala.
[
2
]
 Sedangkan kata kerja dari memberhalakan berarti memuja dan mendewakan, bisa pula dijadikanmenjadi kata kerja yang artinya berbeda lagi, seperti memberhalakan sesuatu tidak selalu berarti bahwa pemujanya mengatakan ³inilah Tuhan yang harus disembah´. Tidak juga berarti bahwa iamesti bersujud dihadapannya.Kemudian kalimat memberhalakan pun meluas menjadi dapat diartikan kepada rasa sukaseseorang terhadap sesuatu melebihi rasa sukanya kepada Allah.
M
isalnya, lebih takut kepadaseseorang/ benda dibanding rasa takut kepada Allah, atau lebih mencintai seseorang/ bendadibanding cintanya kepada Allah.
[
sunting] Makna berhala dalam Al-Qur'an
Kata berhala didalam Al-Qur'an digunakan untuk mengartikan tiga istilah yang berbeda, yaitu
al-asnam
(
 
),
al-ausan
(
 
) dan
al-ansab
(

).
M
asing-masing kata tersebut dalamal-Qur'an mempunyai makna yang berbeda sesuai dengan konteks ketika kata itu disandarkan.1.
 
Asnam adalah segala sesuatu yang terbuat darikayu, batu,emas, perak ,tembagadan semua jenis bahan berasal dari bumiyang memiliki bentuk menyerupai makhluk hidupsepertimanusia, binatangdantumbuhanserta memiliki bentuk tubuh yang besar. Selain
 
itu, al-asnam mengalami perluasan makna yang digunakan untuk menunjukkan maknamajazi dari berhala.
2
.
 
Awsan dari bahan baku pembuatnya sama dengan al-asnam, namun kata ini lebih umumdaripada al-asnam, karena dapat berupa segala sesuatu yang berbentuk dan tidak  berbentuk, baik kecil maupun besar. Sehingga, kata al-asnam dapat dimasukkan ke dalamkategori al-awsan.3.
 
Ansab adalah batu yang tidak memiliki bentuk tertentu yang digunakan untuk tempatmenyembelih binatang yang akan dipersembahkan (altar ) untuk berhala-berhala. Al-ansab juga dipakai untuk jenis batu yang tidak dibentuk yang disembah apabila tidak mampu membuat al-asnam.Selain itu, ada sebagian kamus-kamus bahasa Arabyang menyamakan ketiga istilah tersebutsehingga makna dari ketiganya menjadi tidak jelas.
[
sunting] Paganisme dari masa ke masa
Dalam sejarah penyembahan terhadap berhala ( paganisme), suatu kaum tak pernahmelakukannya secara langsung, melainkan secara bertahap. Kaum itu mengambil tuhan lain danmenyembah pujaannya atau patung. Di zaman ArabJahiliyahbanyak yang membuat ataumengadaptasikan keberhalaan dari kaum lain untuk mereka puja. Salah seorang pelopor  pembawa ajaran keberhalaan diJazirah Arabadalah'Amr bin Luhaydan ia seorang pemimpin dari sukuKhuza¶ah. Takkala musimhajitiba, berhala-berhala itu ia berikan kepada kabilah- kabilah yang datang, lalu mereka membawa pulang berhala-berhala tersebut ke negeri mereka,sehingga setiap kabilah bahkan setiap rumah memiliki berhala.Dalam hadits shahihImam Bukharidikatakan bahwa berhala-berhala yang ada pada zaman Nuh  akan menjadi berhala bagiBangsa Arabsetelahnya.
[
sunting] Arab Jahiliyah (Pra Islam)
Dalam kisahAl-Qurandan penelitian oleh sejarahwan terhadap sejarah perkembangan ajaran paganisme dalam abad kedua Hijriyah, mengatakan bahwa sebelum datangnya ajaran Islam,ajaran paganisme dalam bentuknya yang berbagai macam mempunyai kedudukan/ tempat yangtertinggi dikalangan orang-orang Arab .Dikisahkan melalui hadits bahwa bangsa ArabJahiliyah telah meletakkan berhala disekitar Kaabahsebanyak 360 berhala.
[3]
Berhala yang disembah Arab Jahiliyah itu biasanya diberi namadengan nama-nama perempuan atau lelaki, berhala yang terkenal diantaranya adalah:
y
 
H
ubal
 Berhala yang dianggap sebagai "Dewa Bulan" ini dibawa oleh'Amr bin Luhaydari
M
a'arib(
M
oab) suatu daerah diBalqa'.
M
enurut kisah dariIbnu Hisyam, ia berkata bahwa salah seorang dari orang berilmu berkata kepadaku bahwa orang yang pertamamendatangkan Berhala ke
M
akkah adalah 'Amr bin Luhay.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->