Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
41Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PENCERNAAN PADA IKAN

PENCERNAAN PADA IKAN

Ratings: (0)|Views: 2,044 |Likes:

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: Agil Cendoll Anggara on Aug 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/23/2013

pdf

text

original

 
PENCERNAAN PADA IKAN
1.1Definis Pencernaan Pada Ikan
Makanan yang dimakan oleh ikan harus berpotensi melalui system pencernaan selamamakanan diolah menjadi bahan yang bermanfaat, system pencernaanpun berfungsimembersihkan ikan dari produk pembuangan dan bahan bahan makanan yang tidak dapatdicerna. Yang dimaksud dengat system pencernaan yankni mulut, rongga tenggorokan, saluranmakanan dari mulut ke mulut (esophagus),perut otot perut (qizzard) usus dan anus(Clemens,2008).Saluran pencernaan ikan terdiri dari mulut, esophagus (kerongkongan), lambung, ususdan anus. Didalam rongga mulut ikan terdapat lidah pendek yang berada di dasar mulut. Lidahini tidak dapat digerakkan dan tidak mempunyai fungsi yang berarti. Gigi ikan tumbuh padabagian rahang atas dan rahang bawah bahkan ada yang tumbuh pada langit-langit mulut. Gigiikan bertulang keras berbentuk kerucut. Ikan tidak mempunyai kelenjar lender dari mulutnya.Lambung ikan merupakan pelebaran dari saluran pencernaan. Antara lambung dengan ususterdapat 3 buah usus buntu (sekum) (Kimball,2005).Bahan makanan yang padat biasanya dipecah menjadi larutan berisikan molekul-molekul organic yang relative kecil dan dapat larut sebelum dapat dipakai oleh organismheterotropik, suatu proses yang disebut pencernaan (Kimball,2005).
1.2Pengertian Daya Cerna Ikan Pada Makanan
Zat gizi pakan dan pertumbuhan ikan merupakan factor pembatas dalam suatu modelpertumbuhan. Daya cerna adalah bagian pakan yang dikonsumsi dan tidak dikeluarkanmenjadi feses (Maynard,1979). Kapasitas lambung dan laju pakan dalam saluran cernamerupakan variable dari daya cerna. Ikan yang berbobot lebih kecil akan mengosongkansejumlah pakan (%bobot tubuh perjam) dari dalam lambungnya lebih cepat dibandingkan yangberbobot lebih besar, sehingga jumlah konsumsi pakan relative (% bobot tubuh hari semakinkecil) (Wooton et al,1980). Akan tetapi semakin besar ukuran ikan, daya cerna komponen seratsemakin baik ( Haetami,2002).Ikan yang herbivore secara sederhana dapat dinyatakan bahwa ikan tidak mempunyaikemampuan untuk memakan dan mencerna material lain selain tumbuhan. Oleh karena itu ikanpemakan tumbuhan cenderung memakan material tumbuhan yang lambat dicernanya. Ikanherbivore ini harus dapat mengekstraksi nutrient melalui ususnya yang panjang jadi usus iniberfungsi sebagai penahan makanan dalam jumlah besar dalam waktu yang lama untukmendapat kesempatan penggunaan penuh material makanan yang sudah dicernakan. Secarakontras ikan karnivora mempunyai usus pendek lebih khusus (Effendie,1997 dalamYoulyz,2010).
 
1.3Pengertian Gastric Guacoation Time
Menurut Tyler (1976), Bromley (1994) dalam Galato et al (2003) dalam Youlyz(2010),rata-rata pengosongan lambung merupakan salah satu determinasi utama pada pencernaanmakanan dan berpengatuhan pada aspek ini sangat berguna untuk mendeterminasi frekuensimakanan optimal yang dipelajari dalam pengosongan lambung adalah spesies predatpor,suhu,ukuran makanan, kualitas makanan dan dampak rata-rata pengosongan lambung-lambungterhadap sejarah kehidupan ikan.Menurut Saluanet et al (1995) Sweka et al (2004) dalam Hannan (2004), sebuahkomponen penting dari dan estimasi laju konsumsi random harian adalah tingkat evaluasilambung-lambung menilai tindakan evaluasi kecepatan yang bermuara makanan dari lambung.Ini ditentukan dengan melihat hubungan antara berat sisa mangsa diperut dan waktu setelahmakan. Pola evaluasi lambung dapat dipengaruhi oleh sejumlah factor, termasuk suhu,karakteristik dari predator dan karakteristik dari mangsa.
1.4Organ Pengenceran dan Fungsi
Menurut Ville at al (1999), saluran pencernaan yang umum pada hewandiantaranya :
Rongga bukal atau rongga mulutBagian ddepan saluran pencernaan merupakan tempat mulut bermuara rongga mulutbiasanya berisi gigi, rahang, kelenjar ludah dan alat-alat lainnya yang menyangkutmasuknya makanan atau ingesti
FaringFaring vertebrata hanya dapat diberi defines mengenai lokasinya dan bukaan mengenaifungsinya
EsophagusBagian seperti tabung yang menyalurkan makanan ke bagian yang lebih belakang
TembolokBagian khusus untuk tempat penyimpanan makanan sementara
Empela
 
Bagian saluran pencernaan, khusus untuk menghancurkan makanan secara mekanisatau triturasi, menjadi bagian yang lebih kecil sebelum dicerna. Dindingnya berotot danpermukaan yang menghadap lumen seringkali mempunyai lempeng-lempeng keras ,gigi atau lekukan.
LambungBagian saluran pencernaan yang membesar, kadang-kadang berotot, tempatpencernaan makanan berlangsung. Pada beberapa hewan, dilambung ini terjadi pulaabsorbs.
UsusBagian seperti tabung tempat pencernaan dan absorbs. Feses biasanya terbentuk dibagian belakang usus.
RectumBagian ujung seluruh pencernaan tempat feses dibentuk dan disimpan sebelumdikeluarakan.Menurut Noer dan Widawati (2007)
dalam
Youlyz (2010), kelenjar pencernaandisekresikan oleh organ hati, empedu dn pancreas:a.Hati (hepar) dan kantung empeduhati merupakan kelenjar pencernaan terbesar yang mempunyai fungsi variatif danberbeda yaitu menyimpan hasil pemecahan karbohidrat (sebagian pada golongan cyclostomatadan ikan) dan lemak. Membersihkan toksik pada darah juga dilakukan hepar. Fungsi hepar dalam pencernaan makanan itu sendiri mensekresi bilus yang dikeluarkan dari seluruh hepar menuju keduadenum dimana lemak yang teremulsi diproses bersama enzim dan pancreas.Hepar menghasilkan bilus melalui duodenum dimana jika bilus yang disekresikan hepar berlebih akan disimpan dalam resiko feleo yang merupakan bentuk dari peleburan saluranhepar.b. Pancreaspancreas dikatakan kelenjar yang berfungsi sebagai kelenjar eksokrin dan kelenjaenddokrin. Dikatakan eksokrin karena hasilnya melalui system saluran dan ekdokrin karenasekresi dikeluarkan menuju target dengan melalui pembuluh darah.

Activity (41)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Asri Veronica liked this
Edhy Suhaimy added this note
ok
Reni Sahlan liked this
Mohamad Ma'ruf liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->