Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ttg batu

Ttg batu

Ratings: (0)|Views: 17 |Likes:
Published by Norhaniza Iza

More info:

Published by: Norhaniza Iza on Aug 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/01/2011

pdf

text

original

 
Semua batuan pada mulanya dari magmaMagma keluar di permukaan bumi antara lain melalui puncak gunung berapi.Gunung berapi ada di daratan ada pula yang di lautan. Magma yang sudahmencapai permukaan bumi akan membeku. Magma yang membeku kemudianmenjadi batuan beku. Batuan beku muka bumi selama beribu-ribu tahunlamanya dapat hancur terurai selama terkena panas, hujan, serta aktifitastumbuhan dan hewan.Selanjutnya hancuran batuan tersebut tersangkut oleh air, angin atau hewanke tempat lain untuk diendapkan. Hancuran batuan yang diendapkan disebutbatuan endapan atau batuan sedimen. Baik batuan sedimen atau beku dapatberubah bentuk dalam waktu yang sangat lama karena adanya perubahantemperatur dan tekanan. Batuan yang berubah bentuk disebut batuan malihanatau batuan metamorf.Untuk lebih memahami jenis-jenis batuan perhatikan uraian berikut:a. Batuan Beku Ada dua macam batuan beku, yaitu batuan beku dalam (contohnya batugranit), dan batuan beku luar (contohnya batu andesit ). Untuk mengetahuiketepatan batuan jenis batuan harus dilakukan uji laboratorium denganmenggunakan mikroskop untuk melihat bentuk kristal batuanyab. Batuan sedimen Ada beberapa macam batuan sedimen, yaitu batuan sedimen klastik,sedimen kimiawi dan sedimen organic. Sedimen klastik berupa campuranhancuran batuan beku, contohnya breksi, konglomerat dan batu pasir.Sedimen kimiawi berupa endapan dari suatu pelarutan, contohnya batukapur dan batu giok. Sedimen organic berupa endapan sisa sisa hewandan tumbuhan laut contohnya batu gamping dan koral.
Gambar 04 03
 jenis jenis batuan sedimen
 
 c. Batuan Malihan (Batuan Metamorf)Batuan malihan atau metamorf adalah batuan yang berubah bentuk.Contohnya kapur (kalsit) berubah menjadi marmer, atau batuan kuarsamenjadi kuarsit.
Gambar 04.04.
 jenis jenis batuan metamorf 
2. Pemanfaatan lithosfer 
L
ithosfer merupakan bagian bumi yang langsung berpengaruh terhadapkehidupan dan memiluki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan di bumi.
L
itosfer bagian atas merupakan tempat hidup bagi manusia, hewan dantanaman. Manusia melakukan aktifitas di atas lithosfer.Selanjutnya lithosfer bagian bawah mengandung bahan bahan mineral yangsangat bermanfaat bagi manusia. Bahan bahan mineral atau tambang yangberasal dari lithosfer bagian bawah diantaranya minyak bumi dan gas, emas,batu bara, besi, nikel dan timah.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->