Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
183Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bagaimana Cara Merawat Bayi Yang Baru Lahir

Bagaimana Cara Merawat Bayi Yang Baru Lahir

Ratings:

4.5

(6)
|Views: 31,748 |Likes:
Published by 01aviek

More info:

Published by: 01aviek on Sep 22, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/21/2013

pdf

text

original

 
Bagaimana Cara Merawat Bayi Yang Baru Lahir?
Kebanyakan, bayi yang baru lahir memiliki tubuh yang tidak proporsional. Ukurankepala dan badannya tidak sebanding. Beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat bayi yang baru lahir :
1.
Agar kepala berbentuk bulat, atur posisi kepalabayi saat tidur.
2.
Bersihkan noda yang berada di kepala bayi dengan minyakatau babyoil.Setelah bersih, Anda dapat membersihkan kepalanya menggunakan sampo anti sabore yang mengandung sulfur.3.Rangsang mata bayi dengan menggerak-gerakkan mata boneka. Ia cenderung membuka mata lebihlebar ketika sedang digendong tegak.
4.
Bersihkankemaluanbayi dari darah ataulendir dengan kapas basah.
Published by 
under 
 Infeksi VirusPenyakit kulit yang termasuk infeksi virus yaitu:
1. Cacar Air 
Disebabkan Varicella Zoster Virus (VZV). Cacar air berbeda dengan cacar atau infeksikulit yang disebabkan virus variola. Cacar air ditularkan melalui udara atau berpindahnyaisi cairan. Jika masih stadium lenting-lenting isi air, harus dijaga agar lenting-lenting itutidak pecah. Karena, bila tidak pecah dan diberi obat yang baik, maka akan direabsorbsioleh tubuh hingga tidak meninggalkan bekas.Bayi/anak yang pernah terinfeksi VZV akan mengalami kekebalan tetapi kekebalan inisifatnya hanya sebagian. Jadi, suatu saat bayi/anak dapat terinfeksi VZV lagi. Padainfeksi pertama, VZV menyebar melalui aliran darah dan saat penyembuhan virus akan berdiam di simpul saraf. Jika suatu saat bayi/anak tersebut berkontak lagi dengan VZVdan kebetulan kondisi tubuhnya sedang menurun, dapat terjadi infeksi Herpes Zoster (cacar ular). Pada keadaan ini, terjadi reaktivasi VZV dan virus akan keluar dari tempat persembunyian, lalu menyebar mengikuti persarafan kulit yang terkena.
2. Moluskum Kontagiosum (MK)
Penyakit kulit ini cirinya mirip kutil, namun pada Moluskum Kontagiosum permukaankulit terasa halus, berbeda dengan kutil yang kasar. Isinya seperti jerawat batu tapi lebihgendut, dengan bagian tengah berbentuk agak cekung. Biasanya Moluskum Kontagiosumsulit diketahui awam, bahkan dokter umum pun kadang salah menganalisa. MoluskumKontagiosum sangat infeksius, jika ada satu, lalu si kecil garuk-garuk, akan menyebar kemana-mana.Cara mencegahnya cukup dengan menjaga higiene kulit dan mencegah kontak dengan penderita.
 Sep 02 2008
Published by 
under 
 Noninfeksius
 Noninfeksius berupa kelainan akibat gangguan hormonal, gangguan pigmentasi, kelainanyang didasari alergi-imunologi dan tumor kulit, serta kelainan sistemik yang disertaigejala kulit.
 
 Eksim Popok 
Eksim popok adalah kelainan kulit yang timbul akibat radang di daerah tertutup popok.Penyakit ini umumnya timbul pada lipatan-lipatan kulit paha, di antara kedua pantat, dandapat timbul di bagian kulit lain. Bagian yang tertutup popok mudah mengalami peradangan karena kulit menjadi hangat dan lembab, peka terhadap bakteri serta senyawayang dapat mengiritasinya. Eksim popok juga dapat muncul karena adanya zat-zat tajam,yang biasanya ada di dalam feces bayi, yang menimbulkan peradangan di sekitar anus.Bercak ini umumnya terjadi bila si bayi diare.
 Dermatitis Atopik 
Dermatitis atopik dapat disebut juga eksema konstitusional, aksema fleksural,neurodermatitis diseminata, prurigo besnier. Penyebabnya yaitu terdapat stigmata atopi(herediter) pada bayi berupa rinitis alergi, asma bronkial, hay fever, alergi terhadap berbagai alergan protein, reaksi abnormal terhadap perubahan suhu dan ketegangan.Penyakit ini biasanya sangat gatal, kulit terlihat kemerahan dan terdapat gelembung-gelembung kecil berisi cairan jernih. Bila pecah akan tampak basah kemudian mengeringdan menjadi koreng kekuningan atau kehitaman. Eksim ini terdapat pada kulit daerahtertentu sesuai dengan usia anak. Misalnya pada bayi banyak ditemukan di daerah pipiyang berkontak dengan payudara, secara salah sering disebut eksema susu, sedangkan pada anak di daerah lekukan lengan dan kedua lekukan lutut. Di luar daerah tersebutkulitnya kering dan bersisik.
 Biang Keringat 
Biang keringat merupakan keluhan umum yang sering ditemukan pada bayi dan balita.Biang keringat timbul di daerah dahi, leher, dan bagian tubuh yang tertutup pakaian.Gejalanya yaitu rasa gatal, dapat disertai kulit kemerahan dan gelembung berair kecil-kecil. Penyakit ini biasa kambuh berulang, terutama bila udara panas dan berkeringat.
 Sep 02 2008
Published by 
under 
1. Definisi
Penyakit kulit adalah suatu penyakit yang berhubungan dengan jaringan penutup permukaan tubuh, seperti kulit yang sering terjadi dan bersifat relatif ringan. Meskipun bersifat relatif ringan, apabila tidak ditangani secara serius, maka hal tersebut dapatmemperburuk kondisi kesehatan bayi dan anak.
2. Epidemiologi
Penyakit kulit terdapat di seluruh dunia dan dapat menyerang baik laki-laki dan perempuan. Pada beberapa penyakit kulit seperti staphylococcal scalded skin syndrome,laki-laki lebih banyak terserang daripada wanita.
3. Penyebab
Penyebab penyakit kulit, yaitu bakteri (kuman gram positif staphyllococcus,streptococcus β hemolyticus grup A), virus (Varicella Zoster Virus (VZV)), jamur (dematormikosis, kandidosis) dan infestasi oleh parasit. Selain itu gangguan hormonal,gangguan pigmentasi, kelainan yang didasari alergi-imunologi dan tumor kulit, sertakelainan sistemik yang disertai gejala kulit dapat menyebabkan terjadinya penyakit kulittersebut. Penyebabnya bisa juga karena higiene kulit bayi kurang terawat.
4. Patofisiologi
Higiene yang kurang dan menurunnya daya tahan tubuh menyebabkan bakteri, virus,
 
 jamur dan parasit mudah masuk ke dalam tubuh. Pada penyakit kulit yang disebabkanoleh bakteri dan virus, infeksi dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah.Sedangkan pada penyakit kulit akibat infestasi parasit seperti sarcoptes scabiei yanghidup dirambut dan bertelur disana. Siklus hidupnya melalui stadium telur, larva, nimfadan dewasa. Kelainan kulit yang timbul akibat dari garukan gatal akibat sensitisasaiterhadap sekret dan ekskret sarcoptes kurang lebih sebulan setelah infestasi. Pada saat itukelainan kulit menyerupai dermatitis dengan ditemukannya papul, vesikel, urtika, dll.Gerukan dapat menimbulkan erosi, ekskoriasi, krusta dan infeksi sekunder.
Published by 
under 
 Pada saat anak merasa takut, mainan adalah salah satu hal yang dapat menghibur anak tersebut. Ketika anak sakit misalnya, mainan yang mereka sukai dan memadai pula untuk kondisi mereka dapat digunakan sebagai pendamping mereka, sehingga ada hiburan yangmereka rasakan. Selain itu mainan juga dapat mengalihkan perhatian dari stress yanganak alami.Para orang tua tidak hanya berkewajiban memenuhi keingan anak akan mainan yangmereka inginkan, melainkan memperkenalkan pula mainan tersebut pada mereka.Memfungsikan mainan tersebut sebagai suatu pendidikan dan pembentukan karakter anak. Seperti memperkenalkan warna, bentuk, kegunaan, dan lain-lain yang terdapat pada mainan tersebut.
 Sep 02 2008
Published by 
under 
 Asyiknya bermain pada usia anak….Kita tentu masih ingat bagaimana kita sangat tertarik pada sesuatu yang baru ketika kitamasih kecil. Rasa ingin tahu yang besar pada anak, membuat seorang anak akan terusmencoba dan memahami apa yang ada disekitarnya. Segala hal yang terlihat menarik  bagi anak akan membuat rasa penasaran yang besar pada anak, tanpa tahu hal tersebut baik atau tidak bagi mereka. Pengawasan orang tua sangat penting disini untuk membantu anak memahami apa yang mereka temukan.Bermain juga merupakan salah satu proses pendalaman karater sejak dini pada anak. Saat bermain, anak akan mengenal instrument-intrument (mainan) yang digunakan sehinggamembuat anak mengerti fungsi dari instrument tersebut.
 Bagaimana memilih mainan pada anak???
Memilih mainan pada anak diperlukan untuk mengarahkan anak pada hal positif. Kita perlu mempertimbangkannya dari beberapa faktor, seperti: jenis kelamin, usia, dantingkah laku atau bakat anak. Karena itulah orang tua harus selalu mengawasi perkembangan anaknya.
Jenis Kelamin
Anak perempuan cenderung lebih memilih mainan yang bersifat lembut dan penuh kasih

Activity (183)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred thousand reads
1 thousand reads
1 hundred reads
Aulia Rahman liked this
Ikaa Paramitha liked this
Eko Sutono added this note
fgjhhkhnkn
Aqil Barrack liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->