Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
43Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Infeksi Jamur

Makalah Infeksi Jamur

Ratings: (0)|Views: 6,690|Likes:
Published by Rain Noel Sualang

More info:

Published by: Rain Noel Sualang on Aug 03, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/07/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
Jamur memang terdapat pada rongga mulut semua individu, karena jamur merupakan salah satu flora normal rongga mulut yang sudah ada dalam ronggamulut setiap individu sejak masih bayi.Infeksi biasanya terjadi jika keseimbangan kuman di mulut terganggu,sehingga jumlah jamur berlebihan. Infeksi jamur dapat terjadi di berbagai bagian tubuh kita, termasuk di rongga mulut. Di rongga mulut pun, jamur dapatmuncul di berbagai tempat namun yang amat sering adalah di permukaan lidah,kulit yang mengitari mulut, atau sudut mulut.Orang pada tiap usia dapat menjadi penderita infeksi jamur di mulut,namun ada beberapa keadaan yang meningkatkan kemungkinan seseorangmenjadi terinfeksi seperti:1.
 
S
etelah konsumsi antibiotika atau pemakaian obat kumur antibakterial yang berlebihan. Hal tersebut menyebabkan keseimbangan kuman di mulutterganggu.2.
 
Pemakaian gigi tiruan atau anak yang memakaialat ortodontik lepasan yangkurang bersih atau kurang pas sehingga menimbulkan luka di mulut yangmudah dihuni jamur.3.
 
Pemakaian obat kortikosteroid yang menekan sistem pertahanan tubuh.4.
 
Usia bayi, kehamilan, dan usia lanjut lebih rentan terhadap infeksi jamur.5.
 
Adanya penyakit dalam jangka waktu lama.Kebersihan diri perlu diperhatikan karena kondisi tubuh yang kotor sertakelembapan kulit yang tinggi dapat meningkatkan resiko terjangkitnya infeksi jamur.
 
BAB IIPEMBAHASAN
A.
 
Kandidiasis1.
 
Definisi dan etiologi
Candida
merupakan jamur normal yang berada dalam mulut, usus danorgan genitalia. Jamur ini tumbuh di daerah yang hangat dan basah. Hampir semua bayi, anak dan orang dewasa mempunyai
candida
dalam jumlah sedikitdan tidak menyebabkan gangguan apa-apa. Tetapi, kadang-kadang
candida
 menjadi banyak sehingga dapat terlihat dengan jelas dan menyebabkangangguan.2.
 
G
ambaran klinisKandidiasis adalah infeksi oportunistik yang sangat umum pada orangdengan HIV. Infeksi ini disebabkan oleh sejenis jamur yang umum, yangdisebut
candida albicans
. Jamur ini, semacam ragi yang ditemukan di tubuhkebanyakan orang.
S
istem kekebalan tubuh yang sehat dapat mengendalikan jamur ini. Jamur ini bisa biasa menyebabkan penyakit pada mulut, tenggorokandan vagina. Infeksi oportunistik ini dapat terjadi beberapa bulan atau tahunsebelum infeksi oportunistik lain yang lebih berat.Pada mulut, penyakit ini disebut
thrush
. Bila infeksi menyebar lebih dalam pada tenggorokan, penyakit yang timbul disebut esofagitis.
G
ejalanya adalahgumpalan putih kecil seperti busa, atau bintik merah. Penyakit ini dapatmenyebabkan sakit tenggorokan, sulit menelan, mual, dan hilang nafsu makan.
 
3.
 
Jenis-jenis kandidiasisKandidiasis oral ada beberapa jenis, yaitu:a.
 
Kandidiasis Pseudomembran Akut (oral thrush)-
 
Bercak putih kekuningan pada mukosa mulut dan lidah-
 
Bercak putih yang mudah diangkat-
 
Umumnya pada bayi b.
 
Kandidiasis Atropik AkutKandidiasis atropik akut adalah bentuk infeksi yang berkaitandengan pemakaian antibiotik dalam jangka waktu yang lama dengantanda-tanda klinis berupa lesi yang tampak sebagai stomatitis dengandasar kemerahan.c.
 
Kandidiasis Atropik Kronik Tanda klinisnya berupa lesi yang tampak sebagai stomatitis yangeritamatous dan asimptomatik, terbatas pada mukosa yang ditutupioleh basis gigi tiruan.d.
 
Kandidiasis Hiperplastik Kronik Kandidiasis hiperplastik kronik (kandidiasis leukoplakia) seringditemukan pada mukosa bukal. Insidensi penyakit ini terutamaditemukan pada individu perokok.
S
el epitel mukosa mulut yangterinfeksi cenderung mengalami transformasi kearah keganasan.e.
 
Kandidiasis EritematosaKandidiasis eritematosa adalah bentuk yang tersering ditemukan pada penderita yang terinfeksi HIV. Tidak jelas terlihat adanya bercak  putih, hanya tampak sebagai daerah kemerahan pada palatum dandorsum lidah.

Activity (43)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Hendra Supeno liked this
Shinta Ps liked this
Meylani Pratiwi liked this
Berta Kyuhae liked this
Naning Hikma liked this
Eman Amin liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->