Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
42Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
tugas makalah manajemen perkantoran

tugas makalah manajemen perkantoran

Ratings: (0)|Views: 5,211 |Likes:
Published by Rahmadi Maulana

More info:

Published by: Rahmadi Maulana on Aug 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/09/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN1.1
 
Latar Belakang
Menurut James A.F.Stoner, manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasi danmenggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.Dari gambar di atas menunjukkan bahwa manajemen adalah Suatu keadaan terdiri dari prosesyang ditunjukkan oleh garis (line) mengarah kepada proses perencanaan, pengorganisasian,kepemimpinan, dan pengendalian, yang mana keempat proses tersebut saling mempunyaifungsi masing-masing untuk mencapai suatu tujuan organisasi.Dapat disimpulkan bahwa
 Manajemen Kantor 
adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengelola, merencanakan, dan mengontrol setiap aktivitas kantor, dimana hasil akhir kegiatan kantor ini berujud pelayanan informasi pada berbagai pihak. Sedangkan beberapa bentuk kegiatan/pekerjaan kantor antara lain: kegiatan catat mencatat, komunikasi, pengumpulan dan penyimpanan informasi(arsip), pelayanan tamu, pelayanan rapat dan lainsebagainya.Dalam proses manajemen, sasaran yang ingin diperoleh adalah tercapainya tujuansecara efisien. Apabila dlam mencapai tujuan tidak sesuai dengan perencanaan dan dalam proses kegiatannya menimbulkan pemborosan tersebut, maka hal tersebut sebaiknyadihindari. Untuk mencegah adanya pemborosan tersebut, maka sumber-sumber daya yangakan dimanfaatkan dalam proses mencapai tujuan itu hendaknya dikelola dengan menerapkanfungsi-fungsi manajemen.Dalam kehidupan organisasi yang berorientasi pada masa depan, usaha penyelenggaraan kegiatan perkantoran perlu ditangani secara profesiaonal, dalam arti bahwa penyelenggaraan kegiatan perkantoran memerlukan pimpinan dan staff yang mengerti akantugasnya, bersemangat dalam mengejar prestasi dan seorang karyawan diharapkan dapatmencurahkan perhatiannya secara bersungguh-sungguh, dan berusaha untuk dapat mengolahinformasi, sehingga dapat menjadi sesuatu yang berdaya guna. Berdasarkan hal tersebut dapatdikatakan bahwa penyelenggaraan kegiatan perkantoran adalah merupakan inti kehidupanorganisasi.
 
2
 
1.2
 
Identifikasi Masalah
1
.
 
Tujuan Manajemen Perkantoran2.
 
Fungsi Perkantoran3.
 
Pekerjaan-pekerjaan Kantor 4.
 
Ruang Lingkup Manajemen Perkantoran
1.3
 
Tujuan Penulisan
1
.
 
Untuk mengetahui dan memahami Tujuan Manajemen Perkantoran2.
 
Untuk mengetahui dan memahami Fungsi Perkantoran3.
 
Untuk mengetahui dan memahami Pekerjaan-pekerjaan Kantor 4.
 
Untuk mengetahui dan memahami Ruang Lingkup Manajemen Perkantoran
1.4
 
Metode Penulisan
Dalam hal ini penulis menggunakan:
y
 
Metode deskritif, sebagaimana ditunjukan oleh namanya, pembahasan ini bertujuanuntuk memberikan gambaran tentang suatu masyarakat atau kelompok orangtertentu atau gambaran tentang suatu gejala atau hubungan antara dua gejala ataulebih (Atherton dan Klemmack:
198
2).
y
 
Penelitian kepustakaan, yaitu Penelitian yang dilakukan melalui kepustakaan,mengumpulkan data-data dan keterangan melalui buku-buku dan bahan lainnya yangada hubungannya dengan masalah-masalah yang diteliti.
 
3
 
BAB IITINJAUAN PUSTAKA
Sebelum membahasa manajemen kantor ada baiknya mengetahui pengertian kantor menurut. J.C. Denyer (
197
3) mengartikan kantor /µthe office, adalah tempat dimana biasanya pekerjaan kantor dilakukan dengan nama apapun juga diberikan kepada tempat itu.Sedangkan menurut Atmosudirdjo menyebutkan kantor adalah unit organisasi yang terdiriatas tempat, staf personil dan operasi ketatausahaan, guna membantu pimpinanTugas utama kantor adalah menyelenggarakan kegiatan pelayanan dan member dukungan (fasilitatif) kepada kegiatan operasi organisasi. Fungsi utama suatu kantor adalah :
y
 
Pelayanan kepada rekan sekerja, pelanggan, klien dan tamu organisasi.
y
 
Pemberian dukungan (fasulitatif) terhadap satuan kerja operasional (subtantif).
y
 
Pengelolaan sumber daya organisasi.
y
 
Pengelolaan data dan informasi organisasi.Terdapat sedikitnya 5 kata sepadan untuk istilah kantor, yakni:
y
 
Jasa, adalah aktivitas ekonomi yang melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumenatau dengan barang-barang.
y
 
Jabatan, adalah sekumpulan pekerjaan yang berisi tugas-tugas yang sama atau berhubungan satu dengan yang lain, dan yang pelaksanaannya meminta kecakapan, pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang juga sama meskipun tersebar di berbagai tempat.
y
 
Gedung Kantor, adalah barang atau benda tidak bergerak yang dapat menunjang ataumendukung pelaksanaan tugas dan fungsi unit kerja.
y
 
Ruang Kerja, adalah sebuah ruangan yang dijadikan sebagai tempat untuk bekerja.
y
 
Biro, adalah usaha yang mengkhususkan diri pada penyediaan jasa bidang tertentu.Sebelum mengenal definisi manajemen perkantoran, kita harus mengenal istilahmanajemen, berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti senimelaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterimasecara universal. Berikut pengertian Manjemen menurut beberapa para ahli:
y
 
Menurut G.R. Terry manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yangmelibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata.

Activity (42)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rieva Ermawan liked this
Adi Ivanka Ivank liked this
Azky Anz liked this
Van Fanani Jrs liked this
Anis Khoirunnisa liked this
adambitor1713 liked this
Nur Yanih liked this
Rani Thasya liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->