Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
54Activity

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
memprogram_mikroprosesor

memprogram_mikroprosesor

Ratings: (0)|Views: 4,319 |Likes:
Published by Day Otomania

More info:

Published by: Day Otomania on Aug 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/07/2013

pdf

text

original

 
 1
KEGIATAN BELAJAR 1
BAHASA DAN PENGEMBANGANPROGRAM MIKROPROSESOR
Lembar Informasi
 
Kebanyakan orang berpikir bahwa komputer adalah sebuahperalatan yang sangat komplek , sulit dipelajari, dan dapat berfikir melebihimanusia. Pernyataan ini terlalu berlebihan, karena komputer hanya dapatbekerja jika ada perintah yang diberikan yang disebut program.Program adalah susunan atau urutan perintah-perintah sederhanayang diberikan kepada komputer untuk memecahkan beberapapermasalahan. Jika sebuah program telah ditulis dan dilakukandebugging, komputer akan dapat mengeksekusi program tersebut dengansangat cepat dan dengan cara yang sama setiap saat tanpa kesalahan.Disinilah kehebatan komputer, meskipun program tersusun dariperintah-perintah yang sangat sederhana, hasil akhir sangat menakjubkansebab komputer dapat bekerja dengan kecepatan tinggi. Kebanyakanmikroprosesor memiliki kesamaan dalam perintah atau instruksi. Intsruksitransfer data dapat menggunakan perintah LOAD atau MOVE, Instruksimatematika sederhana menggunakan perintah ADD, SUBTRACT,MULTIPLY, DEVIDE.
Langkah-Langkah Pengembangan Program
Menurut Douglas ada empat langkah yang harus dilakukan dalammengembangkan program komputer yaitu :1. Pendefinisian permasalahan,2. Representasi kerja program,3. Penemuan instruksi-instruksi yang benar, dan4. Penulisan program.
 
 2
Pendefinisian Permasalahan
Langkah pertama yang harus dilakukan dalam menulis programadalah memikirkan secara cermat permasalahan yang ingin diselesaikanmenggunakan program komputer. Dengan kata lain apa yang ingindikerjakan oleh sebuah program. Jika anda telah berpikir tentangpermasalahan, ini merupakan ide yang yang sangat baik dalam menulisapa yang dinginkan dalam membuat program. Sebagai contoh ilustrasimasalah menyeberang di jalan yang sangat ramai.
Representasi Kerja Program
Sekuen atau formula kerja yang digunakan untuk memecahkanmasalah pemrograman disebut
Algoritma program 
. Programmer harusmenggunakan daftar urutan pekerjaan. Dalam kasus permasalahanmenyeberang jalan step perintah-perintah sederhana dapat dinyatakansebagai berikut :Step 1 : Berjalanlah ke sudut jalan dan berhentiStep 2 : Lihat dan cermati lampu pengatur lalu lintasStep 3 : Apakah pada arah anda lampu menyala hijauStep 4 : Jika lampu pada arah anda menyala merah, kembali keStep 2 (Untuk keadaan lain teruskan ke Step 5)Step 5 : Lihat ke arah kiriStep 6 : Apakah masih ada kendaraan yang lewatStep 7 : Jika ia, kembali ke Step 5Step 8 : Lihat ke arah kananStep 9 : Apakah masih ada kendaraan yang lewatStep 10 : Jika ia, kembali ke Step 8Step 11 : Menyeberanglah dengan hati-hatiKesebelas langkah ini adalah bahasa bayi atau bahasa arasrendah, yang pada kenyataannya dilakukan pada setiap menyeberang jalan yang sibuk dan ada lampu mengatur lalu lintas. Kesebelas sekuenperintah ini disebut juga dengan Algoritma Program
.
 
 
 3
Flow Chart
Flow chart atau diagram alir adalah cara yang sangat sederhanauntuk menunjukkan aliran proses sebuah program. Untuk menyajikan jenisoperasi sebuah program digunakan bentuk-bentuk grafis. Ada delapan jenis bentuk grafis yang digunakan untuk menyusun flow chart ditunjukkanoleh Gambar 1 berikut ini:Gambar 1. Bentuk Grafis untuk Menyusun Flow ChartDari sebelas step algoritma program di atas dapat disusun flowchart kasus menyeberang jalan sangat ramai seperti Gambar 2 berikut :

Activity (54)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Hermana Aan liked this
Dhedhe TriazTika liked this
Ulfa Iska liked this
Putri Fitriyah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->