Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
54Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ciri Khusus Hewan Dan Tumbuhan

Ciri Khusus Hewan Dan Tumbuhan

Ratings: (0)|Views: 45,140|Likes:
Published by IkamuzuOirtas
smogacepatsembuh.blogspot.com Ayo sembuhkan Indonesia !

Ciri Khusus Hewan dan Tumbuhan

Ciri Khusus Hewan 1. Kelelawar Merupakan satu-satunya mamalia yang dapat terbang. Hidup di gua yang lembab dan gelap. Termasuk hewan Nokturnal Memiliki daya pendengaran yang tajam. Memiliki kemampuan ekolokasi yaitu menggunakan gelombang bunyi (suara ultrasonik) untuk mengetahui posisi mangsanya. Pada saat terbang kelelawar mengeluarkan bunyi berfrekuensi tinggi yang jika mengenai benda akan menimbulkan pantulan. Pantulan bunyi ini ditangkap oleh telinga kelelawar
smogacepatsembuh.blogspot.com Ayo sembuhkan Indonesia !

Ciri Khusus Hewan dan Tumbuhan

Ciri Khusus Hewan 1. Kelelawar Merupakan satu-satunya mamalia yang dapat terbang. Hidup di gua yang lembab dan gelap. Termasuk hewan Nokturnal Memiliki daya pendengaran yang tajam. Memiliki kemampuan ekolokasi yaitu menggunakan gelombang bunyi (suara ultrasonik) untuk mengetahui posisi mangsanya. Pada saat terbang kelelawar mengeluarkan bunyi berfrekuensi tinggi yang jika mengenai benda akan menimbulkan pantulan. Pantulan bunyi ini ditangkap oleh telinga kelelawar

More info:

Published by: IkamuzuOirtas on Aug 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

08/18/2013

pdf

text

original

 
 
www.smogacepatsembuh.blogspot.com
Ciri Khusus Hewan
 
1.
 
Kelelawar
Merupakan satu-satunya mamalia yang dapat terbang.Hidup di gua yang lembab dan gelap.Termasuk hewan NokturnalMemiliki daya pendengaran yang tajam.Memiliki kemampuan ekolokasi yaitu menggunakan gelombangbunyi (suara ultrasonik) untuk mengetahui posisi mangsanya.Pada saat terbang kelelawar mengeluarkan bunyi berfrekuensi tinggi yang jika mengenaibenda akan menimbulkan pantulan. Pantulan bunyi ini ditangkap oleh telinga kelelawarsehingga dapat mengetahui ukuran, jarak, dan arah benda pada waktu singkat.
2.
 
Cecak atau Tokek
Sesuai dengan tempat hidupnya (habitat) nya cecak maupuntokek mempunyai telapak kaki yang terdapat struktur lapisanyang bersifat lengket dan tampak seperti guratan-guratan yangberfungsi sebagai alat pelekat.Untuk mempertahankan diri dari musuh, cicak memutuskanekornya (autotomi) dengan tujuan untuk mengelabui musuhnya.Ekor cicak tersebut dapat tumbuh kembali.Cecak maupun tokek mempunyai lidah yang panjang dan lengket untuk memenuhikebutuhan hidupnya (makan)
3.
 
Bunglon
Dapat mengubah warna tubuhnya sesuai dengan lingkungannya(mimikri)Kemampuan untuk menyamar membantu bunglon untuk menangkap mangsa dan menghindari pandangan musuh.Memiliki lidah panjang dan lengket untuk menangkap mangsadan membawanya ke rahang.Memiliki mata yang dapat berputar dan dapat melihat ke segalaarah.
 
 
Memiliki kaki yang dapat mencengkeram seperti tangan agar dapat menggenggam dengankuat.
4.
 
Unta
Hidup di padang pasir (daerah minim air)Memiliki kemampuan tidak makan atau tidak minum selamaberhari-hari karena memiliki punuk yang merupakan tempatcadangan makanan.Punuk terdiri dari lapisan lemak.Memiliki bulu mata yang panjang untuk melindungi mata daripasir.Memiliki kaki yang tebal untuk dapat berjalan di padang pasir yang panas.Memiliki lubang hidung yang dapat tertutup untuk melindungi hidung saat terjadi badaipasir.
5.
 
Bebek
Memiliki kaki yang berselaput sehingga memudahkan untuk berenang.Memiliki paruh yang berbentuk sisir untuk memudahkanmencari cacing di dalam lumpur.Bulu bebek selalu berminyak sehingga bebek tidak basahwalaupun berendam lama di dalam air.
6.
 
Burung Hantu
Mencari mangsa pada waktu malam hari dan tidur pada waktusiang hari.Menggunakan mata dan telinga yang tajam untuk menangkapmangsanya.Dapat dengan cepat memusatkan bola mata dalam kegelapan.Pupil mata dapat menyerap cahaya yang ada di malam hari, sehingga burung hantu dapatmelihat walau cahaya sedikit.Ketika berburu burung hantu mengeluarkan suara sehingga membuat takut mangsanya.Gerakan mangsa yang ketakutan terdengar oleh burung hantu sehingga dapat menemukanletak mangsanya.Bulu sayap burung hantu sangat halus dan lembut sehingga burung hantu dapat terbangtanpa suara dan dapat menyambar mangsanya dengan diam-diam.
7.
 
Paus
Tulang paus berupa bahan berongga berisi minyak sehinggadapat mengapung di permukaan air.Memiliki lapisan lemak yang tebalnya sekitar 50 cm yangberfungsi untuk menjaga suhu tubuh agar tetap 34
C
 – 
37
C.Mata pus ditutupi lapisan berminyak untuk melindungi dariberbagai efek yang membahayakan dari air laut.Paus tergolong binatang menyusui. Susu paus bukan berbentuk cair tetapi padatan yangsangat berlemak.Paus betina menyemprotkan susu ke dalam mulut, susu masuk ke dalam mulut dan terlarutdalam perut bayi paus.
Paus dan semua mamalia yang hidup di air, kurang lebih tiap tiga puluh menit muncul kepermukaan air untuk menghirup oksigen.
 
 
 
Ketika muncul ke permukaan air laut, paus mengeluarkan sisa pernapasan berupakarbondioksida dan uap air yang sudah jenuh dengan air sehingga terlihat seperti airmancur. Setelah itu paus menghirup udara sebanyak-banyaknya sehingga paru-parunyapenuh dengan udara.
8.
 
Laba-laba
Kebanyakan memiliki pengelihatan yang buruk.Membuat jaring untuk menangkap mangsaJaring terbuat dari bahan yang berasal dari organ khusus dalamabdomen (perut) yang disebut
alat antih.
Mengandalkan indra peraba pada kakinya untuk memeriksaapakah terdapat mengsa dalam jaringnya.
9.
 
Jerapah
Memiliki leher yang panjang sehingga memungkinkan untuk memakan tunas dan daun muda.Dapat minum dengan menundukkan kepalanya.Memiliki katup kecil pada bagian dalam pembuluh darah dikepalanya sehingga saat ketinggian kepala jerapah berubah, katuptersebut dapat mencegah tekanan darah yang tinggi naik ke kepala.
10.
 
Tupai
Memakan buah berkulit keras seprti buah kenari, chestnut, hazelnut,dab buah cemara.Memiliki ekor yang panjang berumbai dan hampir sama panjangdengan badannya.Ekor berfungsi sebagai alat keseimbangan dan kemudi, sehinggamemudahkan tupai melompat dari satu pohon ke pohon lain.Dapat melompat dari ujung dahan ke dahan lain sejauh 4 meter.Dapat jatuh bebas dari ketinggian 9 meter dan mendarat dengan mulus di atas keempatkakinya.Memiliki mata yang jeli untuk memperkirakan jarak yang tepat.
11.
 
Ikan Lele dan Serowot
Hidup di air tawarTidak mengandalkan mata untuk mencari makan yang tersembunyidi dasar sungai yang berlumpur dan gelap.Mengandalkan kumis (misai) yang merupakan organ indra khusus.Misai berbentuk embelan panjang pada bibir bawah dan bibir atasikan.Misai memiliki kuncup pengecap.Ketika berenang di air, ikan lele dan serowot menyapu dasar sungai dengan misainya untuk mengenali rasa binatang di dekatnya.
12.
 
Ikan Penyumpit/Pemanah

Activity (54)

You've already reviewed this. Edit your review.
Rehan Diego added this note|
huft bisa kerjain tugas deh
Ge Rhy added this note|
a
1 thousand reads
1 hundred reads
avivaputriwinarno added this note|
akhirnya......bisa ngerjain pr juga...........
Azrial S Ramadhan added this note|
ga ada kucing

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->