Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
20Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Proposal Kegiatan

Proposal Kegiatan

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 3,164 |Likes:
Published by anon-296249

More info:

Published by: anon-296249 on Sep 23, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/21/2012

pdf

text

original

 
PROPOSAL KEGIATAN
Oleh: Sun@ryo SuryaGuru Fisika SMA Negeri 85 JakartaI. PENGERTIAN
Proposal merupakan pedoman kerja, gambaran atau peta perjalanan lengkap yangakan dilalui selama melakukan kegiatan, berarti bahwa ia telah mempunyai gambaranmenyeluruh atau lengkap mengenai lingkup dan urutan kegiatannya, tenggang waktu,saat mulai, serta saat bilamana harus berakhirnya pelaksanaan dari masing-masingkegiatan, pihak-pihak lain yang terkait dan harus dihubungi, sarana yang dibutuhkan danlain sebagainya. Proposal penelitian merupakan suatu rencana tertulis yang akan diikutidengan kegiatan nyata.Bagi sebuah organisasi (kepanitiaan), menyusun proposal kegiatan merupakanlangkah yang sangat penting, karena langkah ini dapat menentukan berhsil tidaknyaseluruh kegiatan.Sebelum seseorang (organisasi, panitia) memulai dengan kegiatannya maka iaharus membuat
 perencanaan tertulis
yang biasa disebut dengan proposal kegiatan. Didalam istilah tersebut terkandung pengertian suatu usulan. Kelihatannya, sebuah kegiatan bukan hanya untuk organisasinya saja, karena kata “mengusulkan” mengandung makna bahwa sesuatu masih menunggu jawaban atau izin dari pihak lain.Penyusunan proposal merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dan sebagailangkah awal untuk melaksanakan kegiatan. Dengan membuat proposal seseorangdituntut untuk merumuskan dengan jelas apa tujuan yang ingin dicapai. Dengan demikiansebuah organisasi dapat mengayunkan langkah dengan pasti dalam melaksanakan peneletiannya karena tanpa adanya keraguan lagi.
II. FORMAT PROPOSAL
Di samping tujuan, di dalam proposal juga disebutkan hal-hal yang berhubungandengan kegiatan, antara lain: latar belakang diadakannya kegiatan, waktu dan tempatkegiatan, susunan kepanitiaan, peserta, rencana anggaran kegiatan, dan jadwal kegiatan.
 
Dalam kegiatannya, OSIS SMA Negeri 85 Jakarta, menggunakan dua jenis proposal, yaitu: Proposal kegiatan khusus dan Proposal kegiatan umum.
Proposal Kegiatan Khusus:
Proposal yang dibuat oleh Ekstrakurikuler, dan kepanitiannya terdiri dari para anggotaekskul tersebut, contoh: Diklat Fotografi oleh Klub Fotografi, Studi Islam Intensif (SII)oleh Rohis, Latihan Dasar Penelitian oleh KIR, Retret oleh Rokris.
 Siapa yang menandatangani proposal ?
Untuk kegiatan yang dilaksanakan oleh Ekstrakurikuler, yang menandatangani adalah:Ketua Ekskul, Pembina Ekskul, Ketua OSIS, Pembina OSIS dan Mengetahui KepalaSekolah, jika diperlukan Menyetujui Ketua Komite Sekolah.
Formasinya adalah sebagai berikut:
Klub Fotografi Siswa,Ketua OSIS, Ketua ____________________________Pembina OSIS,Pembina Ekskul, _____________________________Mengetahui:Menyetujui:Kepala SMA Negeri 85 JakartaKetua Komite Sekolah, ____________________________
 
Proposal Kegiatan Umum:
Proposal yang dibuat oleh pengurus OSIS, dan kepanitiannya terdiri dari seluruh pengursOSIS, Ketua Ekskul dan anggota Ekskul yang aktif dalam setiap kegiatan, contoh: MasaOrientasi Siswa, LDKS, Pentas Seni, Perpisahan, dan lain-lain.
 Siapa yang menandatangani proposal ?
Untuk kegiatan yang dilaksanakan oleh Pengurs OSIS dan ketua Ekstrakurikuler, yangmenandatangani adalah: Sekretaris Panitia, Ketua Panitia, Ketua OSIS, Pembina OSISMengetahui Kepala Sekolah, jika diperlukan Menyetujui Ketua Komite Sekolah.
Formasinya adalah sebagai berikut:
Panitia Proteksi 2006,Ketua Panitia,Sekretaris, ____________________________Pembina OSIS,Ketua OSIS, _____________________________Mengetahui:Menyetujui:Kepala SMA Negeri 85 JakartaKetua Komite Sekolah, ____________________________

Activity (20)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
nenny_kardin7125 liked this
Yoyok Kurniawan liked this
Hotma Siregar liked this
a_mulyana805274 liked this
rqqq30 liked this
septiandini liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->