Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BAB IV - V & Daftar Pustaka

BAB IV - V & Daftar Pustaka

Ratings: (0)|Views: 393|Likes:
Published by alya30

More info:

Published by: alya30 on Aug 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/19/2012

pdf

text

original

 
35
BAB IVHASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASANA. Deskripsi Pelaksanaan Tindakan Penelitian
SDN 016 Loa Kulu terletak jalan Poros Samarinda-Tenggarong kecamatanLoa Kulu Kab.Kukar Ruang belajar sebanyak 11 kelas dengan luas arealkeseluruhan adalah 1.562 m
2
masing-masing kelas berukuran 8 X 8 meter.SDN 016 Loa Kulu memiliki NSS 101150305018 dan NIS 10305018dengan sarana UKS, ruang perpustakaan, ruang Kepala Sekolah, dan ruang guru.Jumlah guru seluruhnya 32 orang. Sementara jumlah siswa pada SDN 016 LoaKulu tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 395 orang.Latar belakang pensisikan di SDN 016 Loa KUlu terdiri atas SarjanaPendidikan (S1) sebanyak 6 orang. Diploma Kependidikan (D.II) sebanyak 1orang, lulusan SMA sebanyak 29 orang.Hal-hal yang dilakukan peneliti dalam pelaksanaan tindakan kelas padasetiap awal kegiatan adalah:1.
 
Mempelajari dan mempersiapkan materi pelajaran yang menjadi objek  penelitian yaitu mata pelajaran IPS kelas III di SDN 016 Loa Kulu pokok  bahasan jenis-jenis pekerjaan dan penggunaan uang menggunakan tahapanmodel CTI (contextual teching and learning) dalam silabus dan buku teks.2.
 
Menginformasikan kepada siswa kelas III pada pertemuan sebelumnya untuk membawa buku teks IPS yang relevan serta alat pelajaran lainnya.
 
36
3.
 
Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan materi pokok  jenis-jenis pekerjaan dan pennggunaan uang.4.
 
Menyiapkan rekan kerja selaku observer dengan format observasi untuk  pengamatan aktivitas belajar.
B. Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I
1. PerencanaanPada tahapan ini guru menyiapkan dan menyusun RPP dengan materi IPStentang jenis-jenis pekerjaan dan penggunaan uang dan mempersiapkan LKS,kemudian guru menyiapkan gambar observasi aktivitas siswa belajar sesuaitahapan penggunaan LKS dan buku pelajaran serta menunjuk teman sejawatselaku observer Guru juga menyiapkan media dan gambar-gambar jenis pekerjaan dan penggunaan uang untuk kegiatan proses pembelajaran. Terakhir disiapkan alatevaluasi berupa tes tertulis pada setaip akhir siklus beserta kunci dan kriteria penilaian.Guru memulai pelajaran dengan melakukan apersepsi dan motivasi tentang jenis-jenis pekerjaan dan penggunaan uang, melalui tanya jawab tentang pekerjaan yang sedang digeluti oleh seseorangdemi mendapatkan uang dan bisadigunakan untuk keperluan sehari-hari.2. PelaksanaanPada kegiatan inti guru mempresentasikan pengetahuan deklaratif tentang jenis-jenis pekerjaan dan penggunaan uang, serta cara memanfaatkannya dengan
 
37
tepat, sesuai kebutuhan. Guru membagi peserta didik secara berpasangan. Gurumenugaskan siswa membaca bahan belajar tentang jenis-jenis pekerjaan dan penggunaan uang serta melakukan tanya jawa, selanjutnya mengerjakan tugasyang ada pada LKS sesuai dengan materi.Guru memeriksa kegiatan peserta didik, apakah sudah dilakukan dengan benar. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat melakukan kegiatan yang benar, guru dapa langsung memberikan bimbingan.3. ObservasiPasca pelaporan hasil kerja kelompok kemudian siswa bersama gurumencatathal-hal terbaik dalam pelaksanaan tindakan siklus antara lain:a.
 
Siswa termotivasi belajar karena melihat kongrit gambar-gambar uangsehingga menjadi pengalaman belajar baru bagi mereka. b.
 
Kemampuan siswa menguasai bahan belajar semakin baik karena berusahamemahami LKS dalam kegiatan kelompok.c.
 
Siswa mampu merasakan adanya perubahan kegiatan belajar denganmenerapkan model CTL (contextual teaching learning), khususnya pada pembelajaran IPS tentang jenis-jenis pekerjaan dan penggunaan uang.Sementara hal-hal yang masih belum tercapai dari pelaksanaan tindakankelas siklus I antara lain:a.
 
Masih terdapat siswa yang membagi peran anggota kelompok kurang tepatsehingga tidak berpartisipasi dalam membahas LKS akibatnya tidak mampumenjelaskan hasil kerja kelompok dalam diskusi kelas.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->