Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
24Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Rks Bab 1 Ars&Strktur

Rks Bab 1 Ars&Strktur

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 1,093 |Likes:
Published by husnee mura

More info:

Published by: husnee mura on Aug 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/28/2013

pdf

text

original

 
 
Rencana Kerja dan Syarat-syarat (RKS)
Desain Perencanaan Gedung PascaSarjana Universitas Pasundan
CV. KATANA
I -
 
1
 
BAB I : SYARAT-SYARAT TEKNIS DAN BAHANPEKERJAAN ARSITEKTUR DAN STRUKTUR
 ASAL 1 : URAIAN 
PE 
RJAAN.
1.1. Pekerjaan yang akan dilaksanakan adalah Pembangunan Gedung Pasca Sarjana UniversitasPasundan, Jl. Sumatra No. 41, Bandung. yang terdiri dari :
-
Pekerjaan Persiapan
-
Pekerjaan Struktur 
-
Pekerjaan Arsitektur 
-
Pekerjaan Mekanikal
-
Pekerjaan Elektrikal
-
Dan Pemeliharaan dari pekerjaan-pekerjaan di atas sesuai waktu yang ditentukan.1.2. Kontraktor harus melaksanakan pula sarana-sarana penunjang, seperti :1.2.1. Pekerjaan Instalasi Listrik untuk Penerangan didalam bangunan dan di luar bangunan,instalasi stop kontak untuk peralatan listrik dari tempat sumber listrik yang telahada termasuk instalasi keamanan dan telepon/telex.1.2.2. Pekerjaan Instalasi / saluran air bersih di dalam bangunan berikut bak penampungdan pompa air seperti gambar rencana.1.2.3. Pekerjaan Instalasi/Saluran air kotor di dalam dan di luar bangunan denganpenyelesaian sampai septic tank dan bidang resapan didalam site seperti gambar rencana.1.2.4. Pekerjaan Instalasi / Saluran air hujan di sekitar bangunan, baik terbuka maupuntertutup seperti gambar rencana, gorong-gorong, bak kontrol.1.2.5. Pekerjaan penyelesaian halaman gedung dengan pengerasan paving block dan batualam.1.2.6. Pekerjaan Instalasi Penangkal Petir, seperti gambar rencana dan pekerjaan-pekerjaan lain yang nyata-nyata ada, dan termasuk dalam pelaksanaanpekerjaan maupun untuk kesempurnaan pekerjaan.1.3. Sarana Kerja.1.3.1. Tenaga Kerja terampil dan tenaga kerja ahli yang sudah cukup memadai dengan jenis dan volume pekerjaan yang akan dilaksanakan.1.3.2. Alat-alat bantu seperti beton molen (mixer beton), vibrator, pompa air, alat-alatpenarik, pengangkat dan pengangkut horizontal dan vertikal, mesin giling/ gilas, alat-alat gali, bor tanah, alat penyipat datar ( theodolit, waterpas dan lain - lain ), alat -alat bongkar, dump Trucks serta peralatan lain yang benar - benar diperlukandan dipakai dalam pelaksanaan.1.3.3. Bahan-bahan bangunan dalam jumlah yang cukup, untuk setiap macam pekerjaanyang akan dilaksanakan, paling lambat sudah tersedia 4 (empat) hari sebelumpelaksanaan pekerjaan yang dimaksud dimulai.
 
 
Rencana Kerja dan Syarat-syarat (RKS)
Desain Perencanaan Gedung PascaSarjana Universitas Pasundan
CV. KATANA
I -
 
2
 
1.4. Cara Pelaksanaan.Semua macam pekerjaan harus dilaksanakan dengan penuh keahlian dan keterampilan,sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam Rencana Kerja dan Syarat-syarat (RKS),gambar bestek, Berita Acara Aanwijzing, petunjuk-petunjuk pelaksanaan dari produsenuntuk pekerjaan-pekerjaan tertentu serta petunjuk dari Ahli/Pengawas.1.5. Jenis dan Mutu Bahan.Jenis dan mutu bahan yang dipakai diutamakan produksi dalam negeri sesuai dengankeputusan Menteri Perdagangan dan Koperasi, Menteri Perindustrian dan MenpanNomor : 64/MENPAN/1980 tanggal 23 Desember 1980.
 ASAL 2 : SITUASI DAN UKURAN 
2.1. S i t u a s i.2.1.1 Pekerjaan tersebut dalam Pasal 1 terletak di komplek Balai Besar PelatihanKesehatan (BBPK) Ciloto di Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.2.1.2. Kontraktor wajib meneliti situasi medan, terutama keadaan tanah bangunan, sifatdan luasnya pekerjaan dan hal-hal lain yang dapat mempengaruhi hargapenawarannya.2.1.3. Kelalaian atau kekurang telitian Kontraktor dalam hal ini tidak dapat dijadikanalasan untuk mengajukan klaim.2.2. U k u r a n2.2.1. Ukuran-ukuran dalam pasal terdahulu, dimaksudkan sebagai garis besar pelaksanaan dan pegangan Kontraktor.2.2.2. Ukuran-ukuran yang digunakan disini semuanya dinyatakan dalam millimeter, kecualiditentukan lain sesuai dengan gambar rencana.2.3. Memasang papan bangunan (Bouwplank)2.3.1. Ketepatan letak bangunan diukur dibawah pengamatan Pengawas dengan piket/patokyang dipancang kuat - kuat, dihubungkan dengan papan kayu yang kuat denganketebalan minimum 2 1/2 cm, diketam rata pada sisi atasnya. Pengukuran dilakukandengan koordinat seperti ditentukan dalam gambar rencana.2.3.2. Pemborong harus menyediakan sedikitnya 4 (empat) orang pembantu yang ahlidalam cara - cara pengukuran dengan alat - alat penyipat datar (theodolit,waterpas dan sebagainya ), prisma silang dan lain-lain peralatan yang diperlukandalam pengukuran menurut situasi dan kondisi tanah bangunan.2.4. Letak dan jumlah patok dasar ditentukan oleh Pengawas.2.4.1. Tugu / patok (Bench Mark) dasar dibuat dari beton berpenampang sekurang-kurangnya 20 x 20 cm, tertancap kuat kedalam tanah sedalam 1 meter denganbagian yang menonjol diatas muka tanah sekurang-kurangnya setinggi 40 cm di atastanah, atau sesuai arahan Konsultan Pengawas.
 
 
Rencana Kerja dan Syarat-syarat (RKS)
Desain Perencanaan Gedung PascaSarjana Universitas Pasundan
CV. KATANA
I -
 
3
 
2.4.2. Tugu / patok dasar dibuat permanen, tidak bisa dirubah, diberi tanda yang jelasdan dijaga keutuhannya sampai ada instruksi tertulis dari Direksi / Pengawasuntuk membongkarnya.2.4.3. Segala pekerjaan pembuatan dan pemasangan tugu / patok dasar termasuktanggungan Kontraktor.2.4.4. Pada waktu pematokan ( penentuan ) peil dan setiap sudut -sudut tapak(perpindahan) Kontraktor wajib membuat shop drawing dahulu sesuai dengankeadaan lapangan.2.4.5. Papan bangunan dipasang pada patok kayu semutu Meranti Merah ukuran 5/7cm, yang tertancap dalam tanah sehingga tidak bisa digerak-gerakkan ataudiubah-ubah, berjarak maksimum 1,5 meter satu sama lain.2.4.6. Papan bangunan/bouwplank dibuat dari kayu Meranti, dengan ukuran minimal 2 1/2cm, lebar 20 cm, lurus dan diserut pada sisi sebelah atasnya.2.4.7. Tinggi sisi atas papan bangunan harus sama satu dengan lainnya (waterpas),kecuali dikehendaki lain dan atas ijin Pengawas.Papan bangunan dipasang sejauh 100 cm dari sisi luar galian tanah pondasi lajur atau sloof.2.4.8. Pada papan dasar pelaksanaan (bouwplank) harus dibuat tanda-tanda yangmenyatakan as-as dan atau level/peil-peil dengan warna yang jelas dan tidak mudahhilang jika terkena air / hujan.2.4.9. Setelah selesai pemasangan papan bangunan, Kontraktor harus melaporkannyakepada Pengawas.2.4.10. Segala pekerjaan pembuatan dan pemasangan papan bangunan termasuktanggungan Kontraktor.
 ASAL 3 :
PE 
RJAAN 
PE 
RSIA
 AN.
3.1. Pembersihan Halaman.Pemborong harus membersihkan/membereskan halaman dari segala sesuatu yang dapatmengganggu kelancaran pekerjaan sesuai petunjuk atau persetujuan Pengawas.3.2. Sebelum dimulai pekerjannyaPemborong harus minta ijin / memberitahu kepada pemakai bangunan sekitarnya secaratertulis terhadap gangguan yang mungkin akan mereka rasakan.Pemberitahuan secara tertulis juga harus disampaikan kepada Pemberi Tugas, Pengawasdan unsur-unsur yang terkait.3.3. Ijin dari Penguasa Daerah setempatPemborong tidak diperkenankan menempatkan papan reklame dalam bentuk apapun didalam lingkungan proyek, kecuali pelat ijin mendirikan bangunan dari Pemda setempat yang justru harus dipasang sebelum pekerjaan pelaksanaan bangunan dimulai. 3.4. Papan Nama Proyek. Atas biaya Pemborong sendiri, apabila diharuskan oleh Pemberi Tugas, Pemborongharus membuat / memasang papan nama proyek dengan ketentuan yang diisyaratkan baikmengenai ukuran papan maupun besarnya huruf.3.5. Ijin Mendirikan Bangunan ( IMB )

Activity (24)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Zuki Ega liked this
Chairil Anwar liked this
Dina Naseha liked this
Fadhilah liked this
Fadhilah liked this
muti_muti liked this
muti_muti liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->