Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
26Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peranan Tiga Sektor Formal (Bumn, Bums, Dan Koperasi)

Peranan Tiga Sektor Formal (Bumn, Bums, Dan Koperasi)

Ratings: (0)|Views: 2,933 |Likes:
Published by PenuhTandaTanya

More info:

Published by: PenuhTandaTanya on Aug 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/01/2013

pdf

text

original

 
 
PERANANTIGA SEKTOR FORMAL (BUMN, BUMS DANKOPERASI)
 
BADAN USAHA MILIK NEGARA(BUMN)
 Negara kita perlu memiliki perusahaan dalam bentuk BUMN agar perusahaan tersebutdapat digunakan untuk menciptakan kesejahteraan rakyat.Ciri-ciri:1.
 
Pemilik modal mayoritas adalah negara (pemerintah pusat/daerah)2.
 
Tujuan usahanya untuk menciptakan kemakmuran masyarakat3.
 
Bidang usahanya adalah sektor-sektor yang vital/strategisTujuan BUMN:1.
 
Agar negara dapat menguasai cabang-cabang produksi yang menguasai hajathidup orang banyak. Dengan demikian, cabang produksi yang sangat penting bagikehidupan masyarakat luas tidak dimonopoli atau disalahgunakan oleh perorangan atau kelompok tertentu.2.
 
Agar negara dapat meningkatkan pendapatannya. Dengan pendapatan yangsemakin meningkat, negara akan lebih mampu membiayai pemmbangunannasional di berbagai bidang. Jika pembangunan berjalan, kemakmura masyarakatakan dapat terwujud.3.
 
Agar negara dapat menangani sektor-sektor usaha yang tidak atau belum menarik  bagi sektor usaha swasta. Untuk proyek pembangunan yang belum sangggupmemberikan keuntungan yang besar, sektor usaha swasta tentu tidak tertarik untuk melakukan investasi di dalamnya.untuk mewujudkan kemakmuranmasyarakat, BUMN melakukan pembangunan jalan di pulau-pulau.4.
 
Agar negara dapat menyediakan lapangan kerja. Supaya dapat beroperasi dengan baik, BUMN tentu memerlukan tenaga kerja yang cukup banyak. lowongan kerjaitu akan menguntungkan baggi para pencari kerja.sesuai dengan Intruksi PresidenIndonnesi No.17 tanggal 28 Desember 1967, BUMN dibedakan menjadi tiga jenis perusahaan yanng berbeda-beda dan fungsi usaha yang berbeda pula.
o
 
Tiga Jenis BUMN:
 
a) Perusahaan Jawatan(Perjan)
Perusahaan Jawatan (Perjan) sebagaisalah satu bentuk BUMN meemilikimodal yang berasal dari negara. Besarnya modal dari Perusahaan Jawatanditetapkan melalui APBN. Perusahaan Jawatan: BUMN yang didirikan untuk melayani kepentingan masyarakat luas dalam bidang jasa.Ciri-ciri Perusahaan Jawatan:
 
 
Melakukan pelayanan kepada masyarakat luas yang juga bersifat pengabdianSemua pimpinan dan karyawan Perjan berstatus pegawai negeriMendapatkansubsidi dan fasilitasdari negaraDulu negara kita memiliki Perusahaan Jawatan, seperti PJKA(PerusahaanJawatan Kereta Api), DAMRI, Jawatan Pegadaian. Namun untuk saat ini bentuk Perusahaan Jawatan sudah tidak sesuai dengan perkembangan jaman. b)
Perusahaan Umum(Perum)
Perum juga bertugas melayani kepentingan masyarakat luas dalam bidang produksi, distribusi dan konsumsi.Ciri-ciri Perum:Memiliki orientasi untuk mencari keuntunganMemiliki status badan hukumDipimpin oleh dewan direksiMemiliki nama dan kekayaan tersendiriBertanggung jawab kepada menteriContoh perusahaan yang dapat dikelompokkan menjadi Perum:
o
 
Perum Pembanguna Perumahan Nasional
o
 
Perumka
o
 
Perum Pagadaian
o
 
Perum Damri
c)
 
Perusahaan Perseroan (Persero)Sesuai dengan namanya Persero lebih mementingkan keuntungan didalam menjalankan usahanya jika dibandingkan dengan BUMN yang berbentuk Perjan maupun Perum.Ciri-ciri Persero:Bertujuan mencari laba yang sebesar-besarnyaBerstatus badan hukum yang berbentuk PTDipimpin oleh direksiTidak memiliki fasilitas negaraPegawai Persero berstatus sebagai karyawan swasta
Contoh perusahaan yang berbentuk Persero Antara Lain
o
 
PT PAL
o
 
PT Telkom
o
 
PT Pelni
o
 
PT BNI
o
 
PT Garuda Indonesia
 
o
 
PT Pos Indonesia
o
 
PT PLN
 
BADAN USAHA MILIK SWASTA(BUMS)
Dalam sistem ekonomi kerakyatan, swasta juga diberi kesempatan untuk tumbuh dan berkembang untuk ikut serta menciptakan kemakmuran masyarakat.Badan Usaha Milik Swasta juga merupakan salah satu pilar ekonomi kita disamping BUMN dan Koperasi. Saat ini, BUMS memasuki banyak sekali sektor kehidupan. Contoh yang mudah dilihat, dulu siaran tellevisi hanya dilakukan olehTVRI. Sekarang ada Indosiar, SCTV, RCTI, TV 7, dll.Tujuan terpenting perusahaan swasta adalah untuk mencari keuntungan yangsebesar-besarnya untuk pemilik. Tugas pemerintah adalah mengarahkan perusahaan swasta supaya juga memberikan manfaat kepada masyarakat luas. Dinegara kita, perusahaan swasta ada yang dimiliki swasta nasional maupun swastaasing. Bahkanada juga yang dimilikiolehgabungan antara swastanasional danswastaasing.Ciri-ciri Badan Usaha Milik Swasta:Pemilikmodal mayoritasadalhindividu/kelompokindividuTujuanusahanyauntukmenciptakankemakmuranbagipemilik modal, berupalaba/keuntunganBidangusahanyatidakmenguasaihajathiduporangbanyak 

Activity (26)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ayesha Bilqis liked this
Genta Martha Arif added this note
ini sangat bagu bagi pelajar indonesia termasuk saya.... Terimakasih :)
Roni Candra liked this
kara_semangat liked this
Yosephine Tan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->