Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Apa Itu Teknik Sipil

Apa Itu Teknik Sipil

Ratings: (0)|Views: 450|Likes:
Published by okagawa

More info:

Published by: okagawa on Aug 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/28/2012

pdf

text

original

 
Apa itu Teknik Sipil ? 
16 March 2009 by Feri Noviantoro ·Labels:Teknik Sipil 
Teknik sipil
adalah salah satu cabang ilmuteknik yang mempelajari tentang bagaimana
merancang, membangun, merenovasi
tidak hanyagedungdaninfrastruktur , tetapi  juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia.
Teknik sipil
mempunyai ruang lingkup yang luas, di dalamnya pengetahuanmatematika,fisika,kimia, biologi,geologi,lingkunganhinggakomputer mempunyai peranannya masing- masing.Teknik sipildikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, hingga bisa dikatakan ilmu ini bisa merubah sebuah hutan menjadi kota besar.
Cabang-cabang IlmuTeknik Sipil:
 1.
 Struktural 
: Cabang yang mempelajari masalah struktural dari materi yang digunakanuntuk pembangunan. Sebuah bentuk bangunan mungkin dibuat dari beberapa pilihan jenismaterial seperti baja, beton, kayu, kaca atau bahan lainnya. Setiap bahan tersebut mempunyaikarakteristik masing-masing. Ilmu bidang struktural mempelajari sifat-sifat material itusehingga pada akhirnya dapat dipilih material mana yang cocok untuk jenis bangunantersebut. Dalam bidang ini dipelajari lebih mendalam hal yang berkaitan dengan perencanaanstruktur  bangunan, jalan, jembatan,terowongandari pembangunan pondasihingga bangunan siap digunakan.2.
Geoteknik 
: Cabang yang mempelajari struktur dan sifat berbagai macamtanahdalammenopang suatu bangunan yang akan berdiri di atasnya. Cakupannya dapat berupa investigasilapangan yang merupakan penyelidikan keadaan-keadaan tanah suatu daerah dan diperkuatdengan penyelidikan laboratorium.3.
 Manajemen Konstruksi 
: Cabang yang mempelajari masalah dalam proyek konstruksi yang berkaitan denganekonomi, penjadwalan pekerjaan, pengembalian modal, biaya proyek,semua hal yang berkaitan dengan hukum dan perizinan bangunan hingga pengorganisasian pekerjaan di lapangan sehingga diharapkan bangunan tersebut selesai tepat waktu.4.
 Hidrologi 
: Cabang yang mempelajariair , distribusi, pengendalian dan permasalahannya.Mencakup bidang ini antara lain cabang ilmu hidrologi air (berkenaan dengan cuaca, curahhujan, debit air sebuah sungai dsb), hidrolika (sifat material air, tekanan air, gaya dorong air dsb) dan bangunan air seperti pelabuhan,dam,irigasi,waduk / bendungan,kanal. 5.
Teknik Lingkungan
: Cabang yang mempelajari permasalahan-permasalahan dan isulingkungan. Mencakup bidang ini antara lain penyediaan sarana dan prasarana air besih, pengelolaan limbah dan air kotor, pencemaran sungai, polusi suara dan udara hingga teknik  penyehatan.6.
Transportasi 
: Cabang yang mempelajari mengenai sistem transportasi dalam perencanaandan pelaksanaannya. Mencakup bidang ini antara lain konstruksi dan pengaturan jalan raya,konstruksi bandar udara,terminal,stasiundan manajemennya. 7.
 Informatika Teknik Sipil 
: Cabang baru yang mempelajari penerapan Komputer untuk  perhitungan/pemodelan sebuah sistem dalam proyek Pembangunan atau Penelitian.Mencakup bidang ini antara lain dicontohkan berupa pemodelan Struktur Bangunan(Struktural dari Materi atau CAD), pemodelan pergerakanair tanah atau limbah, pemodelanlingkungan dengan Teknologi GIS (Geographic information system).

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->