Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
18Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Jenis-jenis Jangka Sorong

Jenis-jenis Jangka Sorong

Ratings: (0)|Views: 757 |Likes:
Published by Yakobus Abun

More info:

Published by: Yakobus Abun on Aug 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/16/2013

pdf

text

original

 
JENIS, FUNGSI DAN KALIBRASI ALAT UKUR DI LAB. KONVERSI ENERGI TEKNIK MESINUNS 
Artikel ini merupakan penelitian dan identifikasi peralatan Laboratorium di salah satu LabJurusan Teknik Mesin. Alat ukur merupakan alat Mengukur pada hakekatnyamembandingkan sesuatu besaran yang belum diketahui besarannya dengan besaran lain yangdiketahui besarnya. Untuk keperluan tersebut diperlukan alat ukur. Pemilihan alat ukur yang baik diperlukan dalam kegiatan pengukuran. Dalam proses pengukuran dapat terjadikekeliruan-kekeliruan. Ada 2 kelompok kekeliruan, yaitu kekeliruan sistematik (berkaitandengan alat ukur, metode pengukuran, dan faktor manusia) dan kekeliruan acak (berkaitandengan faktor non teknis/sistematik). Istilah pengukuran biasanya disebut metrologigeometrik atau metrologi industri idefinisikan sebagai : ilmu dan teknologi untuk melakukan pengukuran karakteristik geometrik dari suatu produk (komponen mesin/peralatan) denganalat dan cara yang cocok sedemikian rupa sehingga hasil pengukurannya dianggap sebagaiyang paling dekat dengan geometri sesungguhnya dari komponen mesin yang bersangkutan. (Tim FakuLtas Teknik UNY, 2003)Jurusan Teknik Mesin merupakan jurusan yang bergerak di bidang keteknikan permesiananyang berhubungan erat dengan kemajuan dan pengembangan teknologi keilmuan mesin baik secara penelitian ilmiah maupun rekayasa keteknikan lainnya. Penelitain-penelitian terkait,erat hubungannya dengan ketepatan pengukuran setiap elemen yang ada. Tulisan inimemaparkan penjelasan khusus alat ukur yang ada di Laboratorium Konversi Energi jurusanTeknik Mesin, sebagai penelitian tugas kuLiah Mata Kuliah ALAT BANTU dan ALATUKUR .
TERMOMETER AIR RAKSA
 
Fungsi Termometer Air Raksa
 Termometer adalah alat untuk mengukur suhu. Thermometer analog bisa juga disebutsebagai thermometer manual, karena cara pembacaannya masih manual. Penggunaan air raksa sebagai bahan utama thermometer karena koefisien muai air raksa terbilang konstansehingga perubahan volume akibat kenaikan atau penurunan suhu hampir selalu sama. Namun ada juga beberapa termometer keluarga mengandung alkohol dengan tambahan pewarna merah. Termometer ini lebih aman dan mudah untuk dibaca.] Jenis khusustermometer air raksa, disebut termometer maksimun, bekerja dengan adanya katup pada leher tabung dekat bohlam. Saat suhu naik, air raksa didorong ke atas melalui katup oleh gaya pemuaian. Saat suhu turun air raksa tertahan pada katup dan tidak dapat kembali ke bohlam
 
membuat air raksa tetap di dalam tabung. Pembaca kemudian dapat membaca temperatur maksimun selama waktu yang telah ditentukan. Untuk mengembalikan fungsinya,termometer harus diayunkan dengan keras. Termometer ini mirip desain termometer medis.Air raksa akan membeku pada suhu -38.83 °C (-37.89 °F) dan hanya dapat digunakan padasuhu diatasnya. Air raksa, tidak seperti air, tidak mengembang saat membeku sehingga tidak memecahkan tabung kaca, membuatnya sulit diamati ketika membeku. Jika termometer mengandung nitrogen, gas mungkin mengalir turun ke dalam kolom dan terjebak disanaketika temperatur naik. Jika ini terjadi termometer tidak dapat digunakan hingga kembali kekondisi awal. Untuk menghindarinya, termometer air raksa sebaiknya dimasukkan ke dalamtempat yang hangat saat temperatur di bawah -37 °C (-34.6 °F). Pada area di mana suhumaksimum tidak diharapkan naik di atas - 38.83 ° C (-37.89 °F) termometer yang memakaicampuran air raksa dan thallium mungkin bisa dipakai. Termometer ini mempunyai titik bekuof -61.1 °C (-78 °F).
P
engukuran Termometer Air Raksa
 Termometer air raksa umumnya menggunakan skala suhu Celsius dan Fahrenhait. Celsiusmemakai dua titik penting pada skalanya: suhu saat es mencair dan suhu penguapan air. Esmencair pada tanda kalibrasi yang sama pada thermometer yaitu pada uap air yang mendidih.Saat dikeluarkan termometer dari uap air, ketinggian air raksa turun perlahan. Ini berhubungan dengan kecepatan pendinginan (dan pemuaian kaca tabung). Jadi pegukuransuhu celsius menggunakan suhu pencairan dan bukan suhu pembekuan. Titik didih Celciusyaitu 0 °C (212 °F) dan titik beku pada 100 °C (32 °F). Tetapi peneliti lain -Frenchman JeanPierre Cristin± mengusulkan versi kebalikan skala celsius dengan titik beku pada 0 °C (32 °F)dan titik didih pada 100 °C (212 °F). Dia menamakannya Centrigade.
Cara kerja Termometer Air Raksa
 Alat ini terdiri dari pipa kapiler yang menggunakan material kaca dengan kandungan air raksa di ujung bawah. Untuk tujuan pengukuran, pipa ini dibuat sedemikian rupa sehinggahampa udara. Jika temperatur meningkat, Merkuri akan mengembang naik ke arah atas pipadan memberikan petunjuk tentang suhu di sekitar alat ukur sesuai dengan skala yang telahditentukan. Adapun cara kerja secara umum adalah sbb :1.
 
Sebelum terjadi perubahan suhu, volume air raksa berada pada kondisi awal.2.
 
Perubahan suhu lingkungan di sekitar termometer direspon air raksa dengan perubahan volume.3.
 
Volume merkuri akan mengembang jika suhu meningkat dan akan menyusut jikasuhu menurun.4.
 
Skala pada termometer akan menunjukkan nilai suhu sesuai keadaan lingkungan.
Kalibrasi Termometer Air Raksa
 Kalibrasi merupakan proses verifikasi bahwa suatu akurasi alat ukur sesuai denganrancangannya. Kalibrasi biasa dilakukan dengan membandingkan suatu standar yangterhubung dengan standar nasional maupun internasional dan bahan-bahan acuantersertifikasi.
 
 Proses kalibrasi thermometer antara lain :1.
 
Letakkan silinder termometer di air yang sedang mencair dan tandai poin termometer disaat seluruh air tersebut berwujud cair seluruhnya. Poin ini adalah poin titik bekuair.2.
 
Dengan cara yang sama, tandai poin termometer disaat seluruh air tersebut mendidihseluruhnya saat dipanaskan.3.
 
Bagi panjang dari dua poin diatas menjadi seratus bagian yang sama.
TERMOMETER DIGITAL
 
Fungsi Termometer Digital
 Termometer merupakan salah satu alat ukur yang berfungsi untuk mengetahui suhu objek (benda/tubuh).
P
rinsip kerja Termometer Digital
 Termometer digital, biasanya menggunakan termokopel sebagai sensornya untuk membaca perubahan nilai tahanan. Secara sederhana termokopel berupa dua buah kabel dari jenislogam yg berbeda yang ujungnya, hanya ujungnya saja, disatukan (dilas). Titik penyatuan inidisebut hot junction. Prinsip kerjanya memanfaatkan karakteristik hubungan antara tegangan(volt) dengan temperatur. Setiap jenis logam, pada temperatur tertentu memiliki tegangantertentu pula. Pada temperatur yang sama, logam A memiliki tegangan yang berbeda denganlogam B, terjadilah beda tegangan (kecil sekali, miliVolt) yang dapat dideteksi. Jadi dariinput temperatur lingkungan setelah melalui termokopel terdeteksi sebagai perbedaantegangan (volt). Beda tegangan ini kemudian dikonversikan kembali nilai arusnya melalui pengkomparasian dengan nilai acuan dan nilai offset di bagian komparator, fungsinya untuk menerjemahkan setiap satuan amper ke dalam satuan volt kemudian dijadikan besarantemperatur yang ditampilkan melalui layar/monitor berupa seven segmen yang menunjukkantemperatur yang dideteksi oleh termokopel.Termokopel ini macam-macam, tergantung jenis logam yang digunakan. Jenis logam akanmenentukan rentang temperatur yang bisa diukur (termokopel suhu badan (temperatur rendah) berbeda dengan termokopel untuk mengukur temperatur tungku bakar (temperatur tinggi)), juga sensitivitasnya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->