Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
11Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sejarah Agama Hindu

Sejarah Agama Hindu

Ratings: (0)|Views: 1,163 |Likes:
Published by ifrahike

More info:

Published by: ifrahike on Aug 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/19/2012

pdf

text

original

 
Sejarah Agama Hindu
Agama Hindu
Sanātana Dharma 
 
सनातन 
 
धमर
 
"Kebenaran Abadi" ), dan
Vaidika-Dharma 
("Pengetahuan Kebenaran") adalah sebuahagamayang berasal darianak benua India. Agama ini merupakan lanjutan dari agama Weda (Brahmanisme
 
) yang merupakankepercayaan bangsa Indo-Iran (Arya). Agama ini diperkirakan muncul antara tahun 3102 SMsampai 1300 SM dan merupakan agama tertua di dunia yang masih bertahan hingga kini. Agamaini merupakan agama ketiga terbesar di dunia setelah agamaKristen dan Islamdengan jumlah umat sebanyak hampirmiliarjiwa.Penganut agama Hindu sebagian besar terdapat dianak benua India. Di sini terdapat sekitar90% penganut agama ini. Agama ini pernah tersebar diAsia Tenggara sampai kira-kiraabad ke-15, lebih tepatnya pada masa keruntuhanMajapahit.Mulai saat itu agama ini digantikan oleh agama Islam dan juga Kristen. Pada masa sekarang, mayoritas pemeluk agama Hindu diIndonesia adalah masyarakat Bali,selain itu juga yang tersebar di pulauJawa,Lombok, Kalimantan (Suku Dayak Kaharingan), Sulawesi (Toraja dan Bugis - Sidrap).
Etimologi
Dalambahasa Persia,kata Hindu berakar dari kata
(Bahasa Sanskerta). DalamReg Weda,bangsa Aryamenyebut wilayah mereka sebagai
Sapta Sindhu 
(wilayah dengan tujuhsungai di barat dayaanak benua India, yang salah satu sungai tersebut bernamasungai Indus
 
).Hal ini mendekati dengan kata
Hapta-Hendu 
yang termuat dalamZend Avesta(
Vendidad: Fargard 
.18) — sastra suci dari kaumZoroasterdiIran. Pada awalnya kata Hindu merujuk pada masyarakat yang hidup di wilayah sungai Sindhu. Hindu sendiri sebenarnya baru terbentuk setelah Masehi ketika beberapa kitab dari Weda digenapi oleh para brahmana. Pada zamanmunculnya agama Buddha, agama Hindu sama sekali belum muncul semuanya masih mengenalsebagai ajaran Weda.
Keyakinan dalam Hindu
Hindu seringkali dianggap sebagaiagamayang beraliran politeismekarena memuja banyak Dewa, namun tidaklah sepenuhnya demikian. Dalam agama Hindu, Dewabukanlah Tuhan  tersendiri. Menurut umat Hindu, Tuhan itu Maha Esa tiada duanya. Dalam salah satu ajaranfilsafat Hindu, Adwaita Wedantamenegaskan bahwa hanya ada satu kekuatan dan menjadi sumber dari segala yang ada (Brahman
 
), yang memanifestasikan diri-Nya kepada manusia dalamberagam bentuk.Dalam Agama Hindu ada lima keyakinan dan kepercayaan yang disebut denganPancasradha.Pancasradha merupakan keyakinan dasar umat Hindu. Kelima keyakinan tersebut, yakni:
 
1.
- percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa dan segala aspeknya
2.
- percaya dengan adanya jiwa dalam setiap makhluk
3.
- percaya dengan adanya hukum sebab-akibat dalam setiapperbuatan
4.
- percaya dengan adanya proses kelahiran kembali (reinkarnasi)
5.
- percaya bahwa kebahagiaan tertinggi merupakan tujuan akhir manusia
Widhi Tattwa
Omkara
. Aksara suci bagi umat Hindu yang melambangkan"Brahman" atau "Tuhan Sang Pencipta".Widhi Tattwa merupakan konsep kepercayaan terdapatTuhan  yang Maha Esa dalam pandangan Hinduisme. Agama Hindu yangberlandaskanDharmamenekankan ajarannya kepada umatnyaagar meyakini dan mengakui keberadaan Tuhan yang Maha Esa.Dalam filsafatAdwaita Wedanta dan dalam kitabWeda, Tuhan diyakini hanya satu namun orang bijaksana menyebutnya dengan berbagai nama. Dalam agama Hindu, Tuhan disebutBrahman.Filsafat tersebut tidak mengakui bahwadewa-dewimerupakan Tuhan tersendiri atau makhluk yang menyaingi derajat Tuhan.
Atma Tattwa
Atma tattwa merupakan kepercayaan bahwa terdapat jiwadalam setiap makhluk hidup. Dalamajaran Hinduisme, jiwa yang terdapat dalam makhluk hidup merupakan percikan yang berasaldari Tuhan dan disebutAtman. Jivatma bersifat abadi, namun karena terpengaruh oleh badanmanusia yang bersifat maya, maka Jiwatma tidak mengetahui asalnya yang sesungguhnya.Keadaan itu disebut
Awidya 
. Hal tersebut mengakibatkan Jiwatma mengalami prosesreinkarnasiberulang-ulang. Namun proses reinkarnasi tersebut dapat diakhiri apabila Jivatmamencapaimoksa.
 
Karmaphala
Karma phala
atau karma pala adalah konsep dasar dalam ajaran-ajaranagama Dharma. Berakardari dua kata yaitu karma dan phala.Karma berarti perbuatan/aksi, dan phala berarti buah/hasil. Karma phala berarti buah dari perbuatan yang telah dilakukan atau yang akandilakukan.Karma phala memberi optimisme kepada setiap manusia, bahkan semua makhluk hidup. Dalamajaran ini, semua perbuatan akan mendatangkan hasil bagi yang berbuat. Apapun yang kitaperbuat, seperti itulah hasil yang akan kita terima. Yang menerima adalah yang berbuat, bukanorang lain. Karma Phala adalah sebuah Hukum Universal bahwa setiap perbuatan akanmendatangkan hasil. Dalam konsep Hindu, berbuat itu terdiri atas:
 perbuatan melalui pikiran, perbuatan melalui perkataan, dan perbuatan melalui tingkah laku,
 
Ketiganya lah yang akanmendatangkan hasil bagi yang berbuat.Kalau perbuatannya baik, hasilnya pasti baik, demikianpula sebaliknya.Karma Phala terbagi atas tiga, yaitu:1.Sancita Karma Phala (Phala/Hasil yang diterima pada kehidupan sekarang atasperbuatannya di kehidupan sebelumnya)2.Prarabdha Karma Phala (Karma/Perbuatan yang dilakukan pada kehikupan saat ini danPhalanya akan diterima pada kehidupan saat ini juga)3.Kryamana Karma Phala (Karma/Perbuatan yang dilakukan pada kehidupan saat ini,namun Phalanya akan dinikmati pada kehidupan yang akan datang)

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Mohamad Ismail liked this
Bayu Sriarsa liked this
Dewi Nareswari liked this
Siti Khadijah liked this
Dewa Holic liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->