Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
66Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Contoh Naskah Akademik

Contoh Naskah Akademik

Ratings:

3.0

(1)
|Views: 14,178|Likes:

More info:

Published by: anak baru belajar hukum on Aug 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

08/13/2013

pdf

text

original

 
Naskah akademik 
1.Pendahuluan
Latar belakangGEPENG (gelandangan-pengemis) yaitu orang yang tidak memiliki tempattinggal di suatu tempat dan berprofesi sebagai pengemis atau peminta-minta, termasuk ANJAL (anak jalanan).
Gelandangan
adalah orang-orang yang hidup dalam keadaantidaksesuai dengan norma kehidupan yang layak dalammasyarakat setempat serta tidak mempunyai tempat tinggal danpekerjaan yang tetap di wilayah tertentu dan hidup mengembaraditempat-tempat umum
Pengemis
adalah orang-orang yang mendapatkan penghasilandengan meminta-minta dimuka umum dengan berbagai cara danalasan untuk mengharapkan belas kasihan dari orang lain.
1
Gepeng (gelandangan-pengemis) saat ini merupakan suatu profesi yangtelah menjadi budaya bangsa Indonesia. Budaya ini terkait dengankeberadaan kota-kota metropolitan yang mengiurkan untuk menjadi lahanadu nasip dari masyarakat yang ada di desa untuk pergi ke kota(urbanisasi).Sebagai bangsa yang merdeka haruslah menciptakan kehidupanberbangsa yang satu, cerdas, adil dan makmur, sehingga dapatmenghapuskan mental pengemis yang telah tercipta secara turun-menurun dan atau proses urbanisasi pada bangsa ini.
1
Rancangan Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Utara Tahun 2007 tentangPenanggulangan Gelandangan dan Pengemis
1
 
Gepeng dan atau pengemis pada masyarakat adapun yang terorganisirdan merupakan praktek penipuan yaitu profesi pengemis musiman.Pengemis musiman acap kali terorganisir dan beroprasi hanya padaperayaan-perayaan hari besar tertentu.Salah satu cara pokok untuk meminimalkan jumlah GEPENG secara efektif adalah rehabilitasi. Rehabilitasi yang diharapkan akan menciptakanpembekalan keterampilan yang produktif sehingga para GEPENG dapatmencari nafkah secara baik.
2
 
2.Dasar Penyusunan RAPERDA
a.Dasar Filosofis
Gelandangan pengemis pada ddasarnya mempunyai hak yangsama dengan manusia yang lainnya, yang pada dasarnya setiapmanusia memiliki hak untuk mendapatkan tempat tinggal, pendidikan,dan penghidupan yang layak. Banyak orang yang menganggapGEPENG adalah sampah masyarakat, bahkan tak jarang keberadaanmerekapun dikucilkan oleh masyarakat.Sesungguhnya tugas dari masyarakat yakini membantu merekadanmengarahkan mereka agar dapat menjadi manusia yang lebihberguna bagi masyarakat, bangsa, dan Negara terutama bagi dirimereka sendiri. Dengan adanya raperda ini diharapkan agarkeberadaan dari GEPENG tersebut dapat diminimalisir sehinggatercapailah tujuan dari cita-cita Negara yakini meningkatkan harkatdan martabat kaum gelandangan keposisi yang layak sebagai manusiaseutuhnya dan memiliki peran didalam kehidupan socialkemasyarakatan.Pada hakikatnya yang diharapkan berupa pemberdayaan danpenangulangan GEPENG yang ada di sekitar daerah Yogyakarta :
1.Pemberdayaan kelompok gelandangan dan pengemis.
Pemberdayaan dalam hal kemampuan dalam berkarya untukmampu mencari mata pencaharian yang lebih baik dan membawakesejahteraan secara baik.Pemberdayaan ini akan dibatu oleh pemerintah dalammelakukan pelatihan-pelatihan sesuai bakat dan kemampuan dari tiapindividu yang tergolong dalam kriteria GEPENG.
3

Activity (66)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Dedek Latif liked this
Azri Rasul liked this
Bahar Qter liked this
Haris Abdul liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->