Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
laporan PTK

laporan PTK

Ratings: (0)|Views: 373 |Likes:
Published by FataHillah Aeny

More info:

Published by: FataHillah Aeny on Aug 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/25/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar BelakangKualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Peran pendidikan sangatpenting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas, damai terbuka dan demokratis . Untuk dapatmenciptakan sumber daya manusia yang terampil dan berkualitas, ditentukan proses yang panjangdan berkesinambungan berbagai jenjang pendidikan.Sebagai institusional pendidikan SD/MI merupakan pondasi utama dalam menyiapkan pesertadidik untuk dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya, dengan demikian seorang guru yangbersinggungan langsung dalam proses belajar mengajar harus dapat menjalankan tugas utamanyaantara lain mendidik, mengajar dan melatih para siswanya.Agar dapat melaksanakan tugas tersebut dengan baik guru harus menguasai berbagaikemampuan, salah satu kemampuan yang harus dikuasai adalah mengembangkan diri secaraprofesional.Dalam tahap pelaksanaan pembelajaran guru sering dihadapkan pada permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan rendahnya hasil belajar siswa. Ini berarti guru tidak hanyadituntut mampu melihat/menilai kinerjanya sendiri, kemampuan ini berkaitan dengan penelitianyang dalam hal ini guru sudah pada tahapan melakukan kegiatan penelitian tindakan kelas.Setelah teridentifikasi faktor penyebab secara otomatis guru harus merumuskan, menganalisadan mencari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Padahal sebagai seorang gurukelas harus mampu menguasai pembelajaran ilmu-ilmu non eksakta dan ilmu-ilmu eksak seperti IPAdan IPS dimana karakteristik masing-masing bidang ilmu berbeda. Sudah barang tentu berbeda pulacara penyajiannya.
 
Penggunaan media sederhana mampu merangsang motivasi anak dan memberikan kesan yangdalam. Jika dibuat dan digunakan secara seimbang dan sesuai dengan materi pelajaran. Oleh karenaitu, media sebagai bagian atau komponen proses komunikasi diyakini oleh banyak ahli sebagai jawaban terhadap sejumlah masalah yang dihadapi dalam proses belajar mengajar. Pengembanganmedia sederhana merupakan salah satu solusi bagi usaha pengembangan dan peningkatan hasilpembelajaran yang lebih baik.Menurut Sanjaya (2005) ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam pengembanganproses pembelajaran agar berlangsung secara efektif :1.
 
Proses pembelajaran harus memberi peluang kepada siswa agar mereka dapat berpartisipasisecara langsung dalam proses pembelajaran.2.
 
Guru perlu memberikan kesempatan pada siswa untuk merefleksikan apa yang telahdilakukannya3.
 
Proses pembelajaran harus mempertimbangkan perbedaan individual. Hal ini diasumsikanbahwa tidak ada manusia yang sama baik minat, bakat, maupun kemampuannya (hal 31)sehingga apa yang diharapkan tercapai.Pada awal semester II tahun ajaran 2010/2011 hasil tes formatif IPA kelas 3 materi pokokgerak benda diperoleh data 12 dari 30 siswa belum mencapai tingkat penguasaanmateri.Dari hasil temuan ulangan formatif tersebut di atas asumsi yang muncul adalah masihrendahnya tingkat penguasaan materi pelajaran oleh siswa.Berawal dari asumsi di atas penulis melakukan penelitian tindakan kelas untuk melakukanperbaikan pembelajaran tersebut dengan menerapkan rencana perbaikan pembelajaran siklus Idan menerapkan rencana perbaikan pembelajaran pada siklus II dan III.B.
 
Rumusan Masalah1.
 
Mata Pelajaran IPA
 
Untuk pembelajaran IPA dengan materi pokok gerak benda diperoleh temuan darihasil ulangan baru 18 siswa dari 30 siswa di kelas III yang mencapai tingkat pengusaanmateri.Berdasarkan terdebut penulis meminta bantuan teman sejawat dan supervisoruntuk mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang dilaksanakan. Dari hasil diskusidengan teman sejawat dan supervisor terungkap beberapa masalah yang terjadi dalampembelajaran :a.
 
Penjelasan guru terlalu cepat, sehingga siswa kurang memahami materi yangdisampaikanb.
 
Penggunaan alat peraga belum berfungsi secara optimal, guru kurang memfungsikanalat peraga untuk memperjalas pemecahan terhadap materi pelajaran.c.
 
Pemberian contoh masih sedikit, pemberian contoh suatu konsep cakupannya belumsecara luas jadi persepsi siswa tentang konsep yang dipelajari masih sempit.d.
 
Penjelasan tentang konsep pecahan belum dipahami, siswa masih merasa bingung kalausudah sampai pada tahapan membandingkan pecahan.C.
 
Tujuan PenelitianTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap materipembelajaran sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat dengan menggunakan mediapembelajaran dan metode yang bervariasi.D.
 
Manfaat PenelitianManfaat hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) cukup besar sumbangannya bagi gurusebagai peneliti, siswa dan sekolah pendidikan secara umum.1.
 
Manfaat PTK bagi Gurua.
 
PTK dapat dimanfaatkan oleh guru untuk memperbaiki pembeljaran yangdikelolanya karena sasaran akhir PTK adalah perbaikan pembelajaran. Pembelajaran

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Dini Rusardani liked this
Nur Kholiq liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->