Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Drama

Drama

Ratings: (0)|Views: 330 |Likes:
Published by Chairul

More info:

Published by: Chairul on Aug 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/12/2011

pdf

text

original

 
Membaca dan Menentukan Unsur Drama
Standar Kompetensi :
Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama
Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi berbagai unsur drama ( tokoh, sifat, latar, jalan cerita, amanat) teksdrama anak 
Indikator :
Mampu menjelaskan cara mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar,tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak.
Mampu mengidentifikasi unsur-unsur cerita drama anak 
Materi
Drama berisi dialog antar berapa tokoh disertai akting yang sesuai dengan petunjuk  pemeranan. Oleh karena itu, dalam membaca drama kamu hendaknya dapat berlakusebagai tokoh yang kamu perankan. Misalnya, jika mendapat tugas memerankan tokohorang gila, kamu harus bisa bertingkah laku seolah-olah sebagai orang gila (baik dialogyang diucapkan maupun gerak-gerik tubuhnya). Jika mendapat tugas memerankan tokohdokter, kamu harus bisa bertingkah laku seolah-olah sebagai dokter.Seperti halnya prosa, drama juga mempunyai unsur-unsur. Unsur-unsur dalam dramameliputi tokoh dan sifatnya, latar, tema, alur/jalan cerita, dan amanat.1. Tokoh dan sifatnyaTokoh adalah pelaku dalam drama. Sifat atau watak tokoh dapat diketahui dari perkataandan perbuatannya. Misalnya tokoh yang suka memfitnah teman, memiliki sifat jahat.2. LataLatar adalah tempat, waktu dan suasana terjadinya peristiwa. Latar dibedakan atas latar waktu, tempat, dan suasana.a. Latar waktu, misalnya, pagi hari, siang hari, malam hari. b. Latar tempat, misalnya, di rumah, di jalan, di sekolah, di pasar, dan sebagainya.c. Latar suasana, misalnya suasana gembira, sedih, cemas, dan sebagainya.3. TemaTema adalah gagasan pokok atau ide yang mendasari pembuatan naskah drama. Temaharus dirumuskan sendiri oleh pembaca melalui keseluruhan peristiwa dalam cerita(drama).4. Alur atau jalan cerita
 
Alur adalah rangkaian peristiwa dalam cerita (drama) yang saling berhubungan. Alur terdiri atas sebagai berikut.
Eksposisi atau pemaparan, yaitu ppengarang mulai mengenalkan tokohtokohnya.
Pertikaian, yaitu tahap alur yang menggambarkan mulai adanya pertikaian, baik antar tokoh maupun pada diri seorang tokoh.
Klimaks, yaitu tahap alur yang menggambarkan bahwa persoalan yang dihadapitokoh mencapai puncaknya.
Leraian, yaitu tahap alur yang menggambarkan bahwa persoalan mulai menurun.
Penyelesaian, yaitu tahap yang menggambarkan bahwa persoalan selesai.Apabila tahap-tahap di atas disajikan oleh pengarang secara urut dari tahap pemaparanhingga penyelesaian, dinamakan alur maju. Apabila tahap-tahap alur di atas disajikansecara mundur, disebut alur mundur. Apabila disajikan secara gabungan antara majudengan mundur, dinamakan alur gabungan.5. AmanatAmanat adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang dalam drama. Amanat berhubungan erat dengan tema. Amanat dapat dirumuskan setelah tema berhasildirumuskan.
 
Dari contoh drama di atas dapat ditentukan unsur-unsurnya :1.Tokoh dan sifatnya : Deri bersifat jorok ( Deri membuka sepatu dan kaus kakinya.Ia meletakkannya begitu saja di belakang pintu rumahnya, Deri membuka bungkus kacang yang ia beli tadi. Ia membuka satu per satu dan melemparkan begitu saja kulit-kulit kacang ke bawah tempat tidurnya, Kamu jorok sekali, pantas banyak tikus di kamarmu) .dan Ibu Deri bersifat pemarah ( Deri,sepatumu jangan diletakkan sembarangan. Kan, sudah ibu sediakan rak khususuntuk menyimpan sepatu).

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->