Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Deskripsi Diri Dosen Unila

Deskripsi Diri Dosen Unila

Ratings: (0)|Views: 485 |Likes:

More info:

Published by: Arumita Puspa Hapsari on Aug 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/21/2013

pdf

text

original

 
1
DESKRIPSI DIRI DOSEN
Deskripsikan dengan jelas apa saja yang telah Saudara lakukan yang dapatdianggap sebagai
prestasi
dan/atau
kontribusi
bagi pelaksanaan danpengembangan Tridharma Perguruan Tinggi yang berkenaan dengan hal-halberikut. Deskripsi ini perlu dilengkapi dengan contoh nyata yang Saudaraalami/lakukan dalam kehidupan profesional sebagai dosen.
A.
P
engembangan
K
ualitas
P
embelajaran
(
usaha
d
an
d
ampak
 
perubahan)
 
1. Berikan contoh nyata semua
usaha
 
kreatif 
yang telah atau sedangSaudara lakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran; dan jelaskan
d
ampaknya!
 
D
eskripsi:
 U
saha
 
kreatif 
 
yang
 
saya
 
lakukan:
 
Dalam kegiatan pembelajaran di Program Studi Pendidikan Ekonomi,saya dipercaya untuk memberikan materi perkuliahaan AkuntansiBiaya, Akuntansi Manajemen, Komputer Akuntansi, AkuntansiPemerintahan, Akuntansi Syariah, Sistem Akuntansi, Pemeriksaan Akuntansi. Selain memberikan kuliah saya juga mendapatkan tugasuntuk melakukan pembimbingan dalam KKL mahasiswa danpembimbingan tugas akhir yang berupa skripsi mahasiswa.
 
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan selama prosespembelajaran berlangsung dapat dikemukakan bahwa sebagian besar mahasiswa dalam mengikuti perkuliahaan ada kecenderungan untuksekedar lulus dan atau hanya berbuat untuk mendapatkan nilai yangbaik. Jadi dalam konteks ini mahasiswa hanya belajar untuk sekedar lulus dan bukan belajar untuk tahu. Kenyataan demikianmenunjukkan bahwa mahasiswa tidak memahami materi yang telahdiberikan secara baik dan bila diberikan tugas pun kurang mampu
 
2
mengembangkan pengetahuan sesuai dengan fenomena yang terjadidi sekelilingnya. Sebagai contoh dalam menyelesaikan tugas matakuliah akuntansi manajemen, mahasiswa kurang mampu melihatberbagai kemungkinan yang akan terjadi akibat dari suatu keputusanyang ditetapkan.
 
Materi-materi perkuliahan yang telah diberikan dalam waktu satusemester dengan mudah terlupakan begitu saja. Kenyataan demikianterlihat nyata pada semester berikutnya yaitu pada saat mahasiswamengambil mata kuliah yang memiliki prasyarat atau masih terkaitdengan materi kuliah sebelumnya, terlihat mahasiswa kurang mampumenjelaskan hubungan antara teori yang lalu dengan matakuliah yangsedang diikuti.Fenomena lain yang terjadi pada saat perkuliahan yaitu mahasiswacenderung mencari materi-materi atau tugas-tugas yang telahdiberikan pada semester-semester lalu untuk angkatan sebelumnya,sehingga apabila materi yang diberikan sama, maka tugas-tugasdiselesaikan dengan cara menjiplak tugas yang telah dikerjakan olehkakak tingkat sebelumnya. Hal ini membuat mahasiswa menjadimalas dan cenderung mengambil jalan pintas. Kebiasaan jalan pintasyang tidak menumbuhkan perilaku positif demikian harus dihilangkandari diri mahasiswa.
 
Sejalan dengan fenomena tersebut, maka setiap awal perkuliahansaya selalu menjelaskan mata kuliah yang mendasarinya sertamemaparkan apa manfaat dan pentingnya mata kuliah yang sedangdiikuti. Dengan demikian diharapkan mahasiswa dapat memahamikaitan antara mata kuliah sebelumnya dengan mata kuliah yangsedang diikuti.
 
Hal yang lebih utama saya lakukan sebelum melaksanakanperkuliahan, saya lakukan kontrak perkuliahan secara bersama antaradosen (saya) dan mahasiswa untuk mencari jalan terbaik dantermudah dalam mencapai tujuan. Dalam kontrak perkuliahan,
 
3
sebelumnya saya mempersiapkan kontrak yang harus disepakatibersama oleh seluruh mahasiswa dengan saya sebagai aturan resmiuntuk membuat pelaksanaan perkuliahan menjadi kondusif yangdiketahui oleh masing-masing yang terkait. Dengan adanyakesepahaman aturan pelaksanaan perkuliahan maka kondisiperkuliahan menjadi lebih kondusif dan partisipasi yang diberikan tidaksemu.
 
U
paya lain yang saya lakukan untuk menghindari kebiasaanmahasiswa meniru tuga-tugas atau pekerjaan kakak tingkatsebelumnya, saya lakukan dengan mengarsipkan soal-soal dan tugas-tugas yang pernah diberikan. Kepada mahaiswa untuk angkatan yangberbeda selalu diberi dengan soal dan tugas-tugas yang berbedasehingga mahasiswa tidak menggantungkan diri pada tugas danpekerjaan yang telah dilakukan sebelumnya. Dengan pemberiantugas yang berbeda dengan sebelumnya, sebagai mana yang sayarancang, membuat mahasiswa lebih aktif untuk mengerjakan tugas-tugas yang saya berikan dan tidak dapat meniru (menjiplak) tugas danpekerjaan sebelumnya. Cara demikian mendorong mahasiswa akanmengerjakan dengan tenaga dan pikiran masing-masing yang padagilirannya akan mengkikis kebiasaan meniru (menjiplak) sehinggamahasiswa akan memiliki kemampuan yang lebih tinggi dalammemecahkan masalah yang dihadapi.
 
Langkah-langkah yang saya lakukan dalam proses pembelajaranadalah mengubah model/metode pembelajaran yang tadinya sayalebih banyak menggunakan waktu untuk penyajian dengan metodeceramah dan pemberian tugas, kemudian saya melakukan kombinasimetode pembelajaran dengan lebih banyak memberikan ruang gerakpada mahasiswa untuk menyampaikan atau mempresentasikanmateri yang terkait dengan perkuliahan yang sedang diikuti denganmenggunakan model/mentode diskusi, Tanya jawab, praktik langsung,serta pemberian tugas. Kepada setiap mahasiswa diberi kesempatanuntuk mempresentasikan tugas-tugas yang telah saya berikan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->