Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tim IV Sistem Manajemen Sdm Aparatur Ok

Tim IV Sistem Manajemen Sdm Aparatur Ok

Ratings: (0)|Views: 1,416|Likes:
Published by rbpkalbar

More info:

Published by: rbpkalbar on Aug 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/29/2012

pdf

text

original

 
 
4. Program dan Kegiatan Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatura. Pelaksanaan Kegiatan
Program dan kegiatan RBP gelombang II yang sedang dan akandilaksanakan di bidang penataan sistem manajemen SDM Aparaturmeliputi :
1.
 
Penataan sistem rekruitment pegawai
 Kegiatan sistem rekruitment pegawai adalah penyusunan/revisimengenai Peraturan Kapolri, Keputusan Kapolri dan pembuatanSOP (Standar Operasional Prosedur) yang meliputi :a) Membangun sistem rekruitment Brigadir yang bersih,transparan, akuntabel, humanis dan berbasiskompetensi.b) Membangun sistem rekruitment SIPSS yang bersih,transparan, akuntabel, humanis dan berbasiskompetensi.c) Membangun sistem rekruitment Akpol yang bersih,transparan, akuntabel, humanis dan berbasiskompetensi.d) Membangun sistem rekruitment PNS yang bersih,transparan, akuntabel, humanis dan berbasiskompetensi.
2. Analisis jabatan
Kegiatan analisis jabatan yang dilaksanakan yaitu meneliti,mengolah data informasi jabatan, perumusan, penyusunan danmelaksanakan sosialisasi uraian jabatan dalam bentukKeputusan Kapolri yang meliputi:a) Penyediaan uraian jabatan tingkat Mabes Polri.b) Penyediaan uraian jabatan tingkat satwil yang dibagiberdasarkan tipologi (Polda tipe A dan Polda tipe B).
 
132
 
3. Evaluasi jabatan
Kegiatan evaluasi jabatan yang sedang dan akan dilaksanakanmeliputi kegiatan mengevaluasi uraian jabatan untukpenyediaan peringkat jabatan dengan menggunakan metodeFES (
Factor Evalution System 
) untuk menilai faktor-faktor jabatan yang ada dalam struktur organisasi Polri melaluikegiatan pengolahan uraian jabatan, menyusun kelas/ 
grading 
  jabatan, melaksanakan validasi dan penyelarasan kelas/ 
grading 
, membuat berita acara, menetapkan kelas/ 
grading 
  jabatan dan melaksanakan sosialisasi dalam bentuk KeputusanKapolri yang meliputi :a) Penyediaan peringkat jabatan pada Peraturan KapolriNomor 21 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi danTata Kerja tingkat Mabes Polri.b) Penyediaan peringkat jabatan pada Peraturan KapolriNomor 22 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi danTata Kerja tingkat Kepolisian Daerah.c) Penyediaan peringkat jabatan pada Peraturan KapolriNomor 23 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi danTata Kerja tingkat Polres dan Polsek.
4. Penyusunan standar kompetensi jabatan
Kegiatan penyusunan standar kompetensi jabatan dalam bentukKeputusan Kapolri meliputi :a) Penyusunan dokumen standar kompetensi jabatan DirIntelkam, dengan alasan di fungsi Intelkam diperlukanpersonel yang mempunyai ketajaman deteksi dini sertamembaca situasi.b) Penyusunan dokumen standar kompetensi jabatanKadensus 88 AT dengan alasan Kadensus 88 ATmerupakan bagian yang baru dalam struktur OTKsehingga diperlukan personel yang handal dalammengatasi terorisme dan mendukung program revitalisasiPolri.
 
133
 
5. Assesment individu berdasarkan kompetensi
Kegiatan assesment individu berdasar kompetensi dalambentuk Keputusan Kapolri meliputi:a) Pemetaan profil kompetensi individu untuk jabatan DirIntelkam.b) Pemetaan profil kompetensi individu untuk jabatanKadensus 88 AT.
6. Penerapan sistem penilaian kinerja individu
Kegiatan penerapan sistem penilaian kinerja individu inidilaksanakan dengan penyusunan Peraturan Kapolri dalambentuk Keputusan Kapolri meliputi :a) Penyediaan indikator kinerja yang terukur bagi pegawaiNegeri pada Polri.b) Pembuatan buku penilaian kinerja.c) Penyusunan pedoman penilaian kinerja.
7. Pembangunan/pengembangan database pegawai
Kegiatan pembangunan/ pengembangan database pegawaiakan disusun dalam bentuk Peraturan Kapolri meliputipenyediaan data pegawai secara mutakhir dan akurat pegawainegeri pada Polri.
8. Pengembangan pendidikan dan pelatihan pegawai berbasiskompetensi
Kegiatan pengembangan pendidikan dan pelatihan pegawaiberbasis kompetensi dalam bentuk Keputusan Kapolri meliputi :a) Membangun sistem melalui penyusunan kurikulum Diktukyang terdiri dari : Brigadir, SIP, SIPSS dan Akpol.b) Membangun sistem melalui penyusunan kurikulumDikbangum yang terdiri dari Personel Polri (Sespimma,STIK, Sespimmen, Sespimti) dan PNS Polri (Diklatpim TkIII dan Tk II).

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->