Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Macam-macam 'Ashabah

Macam-macam 'Ashabah

Ratings: (0)|Views: 826|Likes:
Published by Rexter Rex koleksi

More info:

Published by: Rexter Rex koleksi on Aug 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/16/2011

pdf

text

original

 
B. Macam-macam 'Ashabah
'Ashabah terbagi dua yaitu: 'ashabahnasabiyah (karena nasab) dan 'ashabahsababiyah (karena sebab). Jenis 'ashabahyang kedua ini disebabkan memerdekakan budak. Oleh sebab itu, seorang tuan (pemilik  budak) dapat menjadi ahli waris bekas budak yang dimerdekakannya apabila budak tersebut tidak mempunyai keturunan.Sedangkan 'ashabah nasabiyah terbagi tigayaitu: (1) 'ashabah bin nafs (nasabnya tidak tercampur unsur wanita), (2) 'ashabah bilghair (menjadi 'ashabah karena yang lain),dan (3) 'ashabah ma'al ghair (menjadi'ashabah bersama-sama dengan yang lain).
Catatan
Dalam dunia faraid, apabila lafazh 'ashabahdisebutkan tanpa diikuti kata lainnya (tanpadibarengi bil ghair atau ma'al ghair), makayang dimaksud adalah 'ashabah bin nafs.
 
'Ashabah bin nafs
'Ashabah bin nafs, yaitu laki-laki yangnasabnya kepada pewaris tidak tercampurikaum wanita, mempunyai empat arah, yaitu:
Arah anak 
, mencakup seluruh laki-lakiketurunan anak laki-laki mulai cucu,cicit, dan seterusnya.
Arah bapak 
, mencakup ayah, kakek, danseterusnya, yang pasti hanya dari pihak laki-laki, misalnya ayah dari bapak, ayahdari kakak, dan seterusnya.
Arah saudara laki-laki
, mencakupsaudara kandung laki-laki, saudara laki-laki seayah, anak laki-laki keturunansaudara kandung laki-laki, anak laki-lakiketurunan saudara laki-laki seayah, danseterusnya. Arah ini hanya terbatas padasaudara kandung laki-laki dan yangseayah, termasuk keturunan mereka,namun hanya yang laki-laki. Adapunsaudara laki-laki yang seibu tidak termasuk 'ashabah disebabkan mereka
 
termasuk ashhabul furudh.
Arah bapa saudara
, mencakup bapasaudara (saudara laki-laki ayah) kandungmaupun yang seayah, termasuk keturunan mereka, dan seterusnya.Keempat arah 'ashabah bin nafs tersebutkekuatannya sesuai urutan di atas. Arahanak lebih didahulukan (lebih kuat) daripadaarah ayah, dan arah ayah lebih kuat daripadaarah saudara.
Hukum 'Ashabah bin nafs
Telah saya jelaskan bahwa 'ashabah binafsihi mempunyai empat arah, dan derajatkekuatan hak warisnya sesuai urutannya.Bila salah satunya secara tunggal (sendirian)menjadi ahli waris seorang yang meninggaldunia, maka ia berhak mengambil seluruhwarisan yang ada. Namun bila ternyata pewaris mempunyai ahli waris dari ashhabulfurudh, maka sebagai 'ashabah mendapatsisa harta setelah dibagikan kepada ashhabulfurudh. Dan bila setelah dibagikan kepada

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->