Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
23Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Zikir Menurut Islam Dan Kesehatan (dr Liza Pasca Sarjana STAIN CIREBON)

Zikir Menurut Islam Dan Kesehatan (dr Liza Pasca Sarjana STAIN CIREBON)

Ratings:

4.67

(9)
|Views: 2,756 |Likes:

More info:

Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/13/2012

pdf

text

original

 
ZIKIR MENURUT ISLAM DAN KESEHATANBY: dr Liza (140.366.660)Dinkes Kabupaten Cirebon
Al-Quran adalah penawar kekedihan dan kecemasan. Dengan membaca Al-Qurandan tahu artinya maka kecemasan dan ketakutan kita terhadap segala hal akan hilang,misalnya ketika kita sedang sakit dan kita membaca Al-Quran, surat Asy-Syu’araa: 80-81, Allah berfirman “
 Dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkan aku , dan yang akan mematikan aku, kemudian akan menghidupkan aku (kembali)”.
Zikir dan membaca Al-Quran adalah bagian dalam mengingat Allah, bersyukur kepada-Nya disetiap waktu, dengan sebanyak-banyaknya. Dengan mengingat Allah, kitaakan merasakan penjagaan dan pengawasan Allah terhadap kita, hingga makin besarlahtertanam dalam hatinya keridhaan, keiklasan kelapangan hati dan ketenangan.Ketenangan menjaga kita dari penyakit hati dan fisik.Dalam Al-Quran Surat Al-Ahzab 41, Allah berfirman:“Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yangsebanyak-banyaknya.”Mengingat Allah dalam kondisi apapun baik sedang duduk, berbaring. Dalam Al-Quran surat Ali-Imram 3:191, Allah berfirman
 
 
”(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk ataudalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi(seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia,Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.”
Allah Taala mencela orang yang tidak mau mengambil pelajaran dari mahluk-mahluk-Nya yang menunjukan kepada zat, sifat, syariat, takdir, dan tanda-tandakebesarannya. Allah Ta’ala berfirman,” dan betapa banyaknya tanda-tanda kebesaran- Nya yang terdapat di langit dan bumi..sedang mereka menyekutukan Allah,”Allahmemuji hamba-hambanya yang beriman,”yang mengingat Allah ketika duduk, berdiri berbaring. Mereka merenungkan penciptaan langit dan bumi” sambil berkata.,” Ya Tuhankami, tidaklah engkau ciptakan ini dengan sia-sia”Yakni , tidaklah engkau ciptakanmahluk ini dengan main-main , namun secara hak agar engkau membalas orang-orangyang beramal buruk sesuai dengan apa yang telah mereka lakukan serta membalas orangyang berbuat baik dengan balasan kebaikan. (Tafsir Ibnu Katsir Jilid I: 635)Dengan banyak berzikir kita akan selalu mengingat Allah, kita berharap hanyakepada Allah yang selalu dekat kepada kita, yang akan mengabulkan permohonanhambanya yang iklash dan taat kepada perintah Allah dan selalu berada dalam kebenaran.
 
Qs. Al-Baqarah :186.
 Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang  Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonanorang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itumemenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.
Dalam dunia sufi seorang syek menerangkan kepada muridnya bagaimana cara berbicara kepada Allah,”Seorang syek bertanya kepada darwisnya, apakah ia ingin berbicara dengan Tuhan, ketika sang darwis mengiyakannya, sang Syek mengajarkansang darwis, bahwa setiap kali ia berada dalam kesendirian, ia harus mengucapkan doa berikut.
 
.Ya ALLAH Tampa-Mu wahai kekasih, aku tidak bisa tentram, aku tidak dapatmenghitung anugerah yang kau limpahkan kepadaku, Bahkan jika setiap helai rambutdari tubuh ku menjadi lidah, aku tidak mampu mengucapkan beribu-ribu terimakasihkepadaMu”( Frager R :307)Seorang muhaddist terkenal Hafizh Ibnu Qayyim rah.a telah menulis sebuahkitab berbahasa Arab Al-wabilush-Shayyib yang banyak membicarakan manfaat zikir dibawah ini akan disebutkan secara ringkas dan berurutan faedah zikir yaitu: (Al-Kandahlawi Rah.a, 2003 :409) Antara lain disebutkan:1.Zikir menimbulkan kecintaan kepada Allah swt. Dan cinta adalah ruhIslam pusat agama, juga sumber kebahagiaan dan keselamatan, Barangsiapa ingin mencapai kecintaan sejati kepada Allah, perbanyaklah zikir.Sebagaimana bermudzakarah, adalah pintu ilmu maka zikir adalah pintucinta kepada Allah SWT.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->