Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
71Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Resume-Kotler Jilid 2

Resume-Kotler Jilid 2

Ratings: (0)|Views: 5,040 |Likes:
Published by Pitri Rahayu

More info:

Published by: Pitri Rahayu on Aug 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/26/2013

pdf

text

original

 
qwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdf ghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdf ghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxc
 
 
Resume
Manajemen PemasaranPhilip Kotler & Kevin Lane Kelleredisi 13 buku 2
01/01/2009Penerbit Erlangga
 
BAGIAN 5BAB 12 MENENTUKAN STRATEGI PRODUK
o
 
Produk adalah elemen pertama dan terpenting dalam bauran pemasaran. Strategi produkmembutuhkan pengambilan keputusan yang terkoordinasi dalam bauran produk, lini produk,merek, serta pengemasan dan pelabelan.
o
 
D
alam merencanakan penawaran pasarnya, pemasar harus berpikir melalui lima tingkat produk:manfaat inti, produk dasar, produk yang diharapkan, produk tambahan, dan produk potensial, yangmencakup semua tambahan dan transformasi yang mungkin dialami pada akhirnya.
o
 
Produk dapat digolongkan dalam beberapa cara. Berdasarkan ketahanan dan keandalannya, produkbisa bisa berupa barang tidak tahan lama, barang tahan lama, atau jasa.
D
alam kategori barangkonsumen, produk terdiri dari barang sehari-hari (barang kebutuhan pokok/staple, barang impuls,barang darurat), barang belanja (homogeny dan heterogen), barang khusus, atau barang yang takdicari.
D
alam kategori barang industry, produk digolongkan dalam satu dari tiga kategori: bahan dansuku cadang (bahan mentah serta bahan dan suku cadang manufaktur), barang modal (instalasi danperalatan), atau jasa pasokan dan bisnis (pasokan operasi, iten pemeliharaan dan perbaikan, jasapemeliharaan dan perbaikan, serta jasa nasihat bisnis).
o
 
M
erek dapat dideferensiasikan berdasarkan sejumlah dimensi produk atau jasa yang berbeda:bentuk produk, fitur, kinerja, kesesuaian, ketahanan, keandalan, kemudahan perbaikan, gaya, dandesain, serta dimensi jasa seperti kemudahan pemesanan, pengiriman, instalasi, pelatihanpelanggan, konsultasi pelanggan, serta pemeliharaan dan perbaikan.
o
 
Sebagian besar perusahaan menjual lebih dari satu produk. Bauran produk dapat diklasifikasikanmenurut lebar, panjang, dalam, dan konsistensi. Empat dimensi ini merupakan alat untukmengembangkan strategi pemasaran perusahaan dan memutuskan lini produk mana yang akanditumbuhkan, dipertahankan, dipanen, dan didivestasikan. Untuk menganalisis lini produk danmemutuskan berapa banyak sumber daya yang harus diinvestasikan dalam lini itu, manajer liniproduk harus melihat penjualan dan laba serta profil pasar.
o
 
Perusahaan dapat mengubah komponen produk dari bauran pemasarannya denganmemperpanjang produknya melalui perpanjangan lini (ke bawah pasar, ke atas pasar, ataukeduanya) atau pengisian lini, dengan memodernisasi produknya, dengan menampilkan produktertentu, dan dengan mengurangi produknya guna menghilangkan produk yang paling tidakmenguntungkan.
o
 
M
erek sering dijual atau dipasarkan secara bersama dengan merek lain.
M
erek bahan baku danmerek bersama dapat menambah nilai, dengan mengasumsikan merek-merek tersebut mempunyaiekuitas dan dianggap benar-benar sesuai.
o
 
Produk fisik harus dikemas dan diberi label. Kemasan yang dirancang dengan baik dapatmenciptakan nilai kenyamanan bagi pelanggan dan nilai promosi bagi produsen. Akibatnya, kemasandapat bertindak sebagai iklan lima detik bagi produk. Jaminan dan garansi dapat menawarkankepastian lebih lanjut bagi konsumen.
 
BAB 13 MERANCANG DAN MENGELOLA JASA
 
o
 
Jasa/layanan adalah setiap tindakan atau kinerja yang dapat ditawarkan satu pihak kepada pihaklain yang pada intinya tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan apapun. Jasa dapatdikaitkan dengan produk fisik, tetapi bisa juga tidak dikaitkan.
o
 
Jasa bersifat tidak berwujud, tak terpisahkan, bervariasi, dan dapat musnah. Setiap karakteristikmempunyai tantangan dan memerlukan strategi tertentu. Pemasar harus menemukan carauntuk memberikan wujud pada hal yang tak berwujud; meningkatkan produktivitas penyedia jasa; meningkatkan dan menstandardisasikan kualitas jasa yang disediakan; dan menyesuaikanpasokan jasa dengan permintaan pasar.
o
 
Pada masa lalu, industry jasa tertinggal di belakang perusahaan manufaktur dalam menerapkandan menggunakan konsep dan alat pemasaran, tetapi situasi itu kini sudah berubah. Pemasaran jasa harus dilakukan secara holistic: Pemasaran jasa tidak hanya memerlukan pemasaraneksternal tetapi juga pemasaran internal untuk memotivasi karyawan, dan pemasaran interaktif untuk menekankan arti penting teknologi tinggi dan sentuhan tinggi.
o
 
H
arapan pelanggan memainkan peran penting dalam pengalaman dan penilaian jasa mereka.Perusahaan harus mengelola kualitas jasa dengan memahami dampak dari setiap pertemuan jasa.
o
 
Perusahaan jasa terkemuka sangat ahli dalam praktik-praktik berkut: konsep strategis, sejarahkomitmen manajemen puncak terhadap kualitas, standar yang tinggi, teknologi swalayan, sistempengamatan kinerja jasa dan keluhan pelanggan, dan penekanan pada kepuasan karyawan.
o
 
Untuk menetapkan merek organisasi jasa secara efektif, perusahaan harus mendiferensiasikanmereknya melalui fitur jasa primer dan sekunder serta mengembangkan strategi merek yangtepat. Program penetapan merek yang efektif untuk jasa sering menerapkan berbagai elemenmerek.
M
ereka juga mengembangkan hierarki merek dan portofolio serta menerapkan dimensicitra untuk memperkuat atau melengkapi penawaran jasa.
o
 
Bahkan perusahaan berbasis produk harus menyediakan layanan purnajual. Untuk memberikandukungan terbaik, produsen harus mengidentifikasi jasa yang paling dihargai pelanggan dan artipenting relative jasa tersebut. Bauran jasa meliputi layanan prajual (memfasilitasi dan layananpenambahan nilai) dan layanan purnajual (departemen layanan pelanggan, layanan perbaikandan permeliharaan).

Activity (71)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Achmad Zubairi liked this
gunzboy liked this
Sjifa Aulia liked this
ri_zhaku4190 liked this
ri_zhaku4190 liked this
ri_zhaku4190 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->