Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Competitive Advantage NitaSafitri 22 8D

Competitive Advantage NitaSafitri 22 8D

Ratings: (0)|Views: 45|Likes:
Published by Nita Safitri

More info:

Published by: Nita Safitri on Aug 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/18/2011

pdf

text

original

 
Jurnal Manajemen Strategi
Kepemimpinan dan Negosiasi
 
1
 
FINDING COMPETITIVE ADVANTAGE IN MANAGING WORKPLACE ETHICSJ. Michael AlfordSchool of Business AdministrationThe CitadelCharleston, SC 29401E-mail: alfordm@citadel.eduTelephone: 843-953-5170Fax: 843-953-6764Abstract.Banyaknya pelanggaran etika dan hukum yang melibatkan eksekutif dengan posisi tinggibeberapa tahun ini telah menarik perhatian tentang bagaimana perusahaan mengelola etikabisnis dan nilai-nilai perusahaan. Makalah ini menjelaskan beberapa keuntungan dasar dankeuntungan tambahan dari mengelola proses etika bisnis dan menyarankan pendekatanpraktis pada pengembangan program untuk pengelolanya. Sangat penting untuk perusahaankecil dan menegah untuk aktif di area ini. Manajemen etika bisnis dan nilai-nilai perusahaantelah mendapat tekanan dari insiden perilaku tidak beretika dan melanggar hukum olehperusahaan besar belakangan ini. banyak perusahaan telah mengubah program mereka untukmemastikan kepatuhan administrasi. Sarbanes-Oxley Act of 2002 mengsyaratkan masing-masing perusahaan publik mengungkapkan kode etik untuk CEO dan pejabat finanasial seniormereka. Kepatuhan adalah hal yang penting, tetapi terdapat aspek lain yang lebih praktis danmenguntungkan pada proses mengelola etika di tempat kerja. Inilah keuntungan dasarperusahaan karena praktek etika bisnis yang benar memuat perusahaan diminati untukmenjalin hubungan bisnis dan citra perusahaan meningkat. Makalah ini membahas beberapakeuntungan dan mengajukan metode dimana masing-masing perusahaan dapat secara aktif terlibat dalam pengelolaan nilai-nilai perusahaan.PendahuluanBeberapa waktu terakhir terjadi banyak kasus pelanggaran etika dan hukum yang justrudilakukan oleh perusahaan besar yang terkenal. Karena kasus-ksus tersebut, para pelaku bisnisserupa mulai memberi perhatian kepada bagaimana perusahaan dapat mengelola etikaperusahaan. Survei informal baru-baru ini sekitar lima puluh mahasiswa MBA, yangbekerja penuh waktu di usaha kecil dan menengah, tentang peran kode formaletika dalam organisasi mereka mengungkapkan sebagai berikut: 1.
 
Kode etik dipandang sebagai perangkat yang menempatkan harapan perilaku yang samapada semua tingkat organisasi.
 
Jurnal Manajemen Strategi
Kepemimpinan dan Negosiasi
 
2
 
2.
 
Kode etik memungkinkan karyawan untuk memahami apa yang diharapkan dari merekadalam yang workplace.3.
 
Kode etik menyediakan perangkat untuk memungkinkan karyawan untuk berkomunikasidengan pelanggan dan pemasok tentang harapan perusahaan mereka dalam bisnistransaksi.4.
 
Kode etik menyediakan mekanisme untuk menangani tekanan teman sebaya.5.
 
Kode etik memberikan formal "di luar rantai komando" cara untuk berkomunikasi naikdalam organisasi tanpa takut pembalasan.Temuan ini memberikan dasar untuk menjelajahi beberapa manfaat secara aktif mengelolaetika di tempat kerja. Perlu dicatat bahwa beberapa perusahaan sekarang menggunakan frase"Mengelola nilai-nilai perusahaan" untuk menunjukkan proses pengelolaan etika bisnis. Yangberarti telah dapat dikategorikan sebagai langkah strategik perusahaan untuk menungkatkan
competitive advantage
mereka.
Et
ika Bisnis
 Menempatkan ke dalam konsep bisnis, etika bisnis adalah disiplin mengembangkan danmempraktekkan hubungan bisnis yang sesuai dengan moral dan prinsip-prinsip.
Premis u
t
ama dari makalah ini adalah bahwa semua anggo
t
a perusahaan memiliki peransignifikan un
t
uk bermain di manajemen e
t
ika secara ak
t
if dan efek
t
if di
t
empa
t
kerja yangakan menambah manfaa
t
bagi perusahaan dan s
t
akeholder.
 Motivasi untuk melakukan bisnis secara etis dan hasil positif akan dibahas di bawah.
Kode
Et
ik
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa beberapa perusahaan besar telah mengembangkankode etik formal dan menunjuk Wakil Presiden untuk Etika untuk menghindari hukuman yangdijatuhkan bagi pelanggaran etika. Alasannya adalah bahwa perusahaan mungkin akanmenerima hukuman lebih ringan untuk pelanggaran etika jika memiliki kode yang kuat danprogram pendidikan etika di tempat daripada jika tidak. Pendekatan ini hanyalah sebuahtradeoff antara biaya pengembangan program etika dan biaya proyeksi kemungkinanpelanggaran. Hal ini menghasilkan beberapa insentif yang sangat positif dan kuat untuk secaraaktif mengelola etika di tempat kerja.Beberapa pendapat peneliti:
 
y
 
Newberg,(2004) mengatakan hasil tak terduga dari syarat pengungkapan kode etik dilaporan keuangan adalah, memberikan sinyal ke investor potensial, karyawan, danpelanggan, bahwa perusahaan tersebut adalah perusahaan yang baik untuk melakukanbisnis.
 
Jurnal Manajemen Strategi
Kepemimpinan dan Negosiasi
 
3
 
y
 
(McNamara, 1999) Mengelola proses etika Etika bisnis sekarang dianggap sebagaidisiplin manajemen
y
 
Amie Devero (2003) mengutip laporan tentang bagaimana perusahaan menggunakannilai-nilai manajemen perusahaan tidak hanya untuk menghindari hukuman, denda,tuntutan hukum, dan hukuman pidana. Mereka juga menemukan bahwa program etika:1.
 
Membangun loyalitas karyawan, mengurangi biaya pelatihan dan mempekerjakan2.
 
Mengurangi pencurian dan kegiatan anti-perusahaan lainnya3.
 
Mengendalikan penjualan dan membangun loyalitas pelanggan4.
 
Menciptakan community good will yang akan dapat memberikan dukungan untukkeuntungan pajak dan strategi aliansi5.
 
Menarik pelamar berkualitas dengan investasi minimum dalam perekrutan6.
 
Menjaga hubungan vendor setia, mengurangi hilangnya pemasok dan peningkatanbiaya tak terduga(1999) penelitian Carter McNamara memberikan wawasan ke dalam beberapa manfaatyang lebih luas memperluas atau berdasarkan daripada Devero.Manfaat McNamara termasuk:
y
 
Perhatian terhadap etika bisnis secara substansial telah meningkat di masyarakat.
y
 
etika bisnis membantu mempertahankan moral dalam masa pergolakan.
y
 
etika bisnis merupakan polis asuransi - mereka membantu memastikan bahwakebijakan adalah legal.
y
 
etika bisnis membantu menghindari pidana "tindakan kelalaian" dan dapatmenurunkan denda.
y
 
etika bisnis membantu mengelola nilai-nilai yang terkait dengan manajemen mutu,perencanaan strategis dan manajemen keanekaragaman.
T
opik yang
t
ercakup dalam Sebuah Kode
Et
ik
Topik dalam kode akan, tentu saja, tergantung pada tingkat tertentu pada industri di manaperusahaan beroperasi mayoritas. The Sarbanes-Oxley Law merupakan garis besar yangdisarankan. Lalu kode etik tidak boleh Lockheed Martin (http://www.lockheedmartin.com)telah lama diakui sebagai memiliki kode etika yang menyeluruh dan efektif. Kode merekaberkembang dari perilaku yang dipandu oleh enam kebajikan:1.
 
Kejujuran: untuk jujur dalam semua usaha kita, untuk bersikap jujur dan terus terangdengan satu lain dan dengan pelanggan kami, komunitas, pemasok, dan pemegangsaham.2.
 
Integritas: untuk mengatakan apa yang kita maksud, untuk memberikan apa yang kita janji, dan berdiri untuk apa benar

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->