Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
14Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Referat Syncope

Referat Syncope

Ratings: (0)|Views: 440 |Likes:

More info:

Published by: Umat Nabi Muhammad SAW on Aug 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/23/2013

pdf

text

original

 
Fakultas Kedokteran UPNVeteranJakarta Page 1
BAB IPENDAHULUANLatar Belakang
Sinkop merupakan salah satu penyebab penurunan kesadaran yang banyak ditemukan di Unit Gawat Darurat (UGD). Sinkop adalah kehilangan kesadaransementara dengan awitan akut yang diikuti dengan jatuh, dan dengan pemulihanspontan dan sempurna tanpa intervensi. Sinkop merupakan gejala dari suatu penyakitsehingga harus dicari etiologinya.
1
Di Amerika diperkirakan 3% dari kunjungan pasien digawat darurat disebabkanoleh sinkop dan merupakan 6% alasan seseorang datang kerumah sakit. Angkarekurensi dalam 3 tahun diperkirakan 34%. Sinkop sering terjadi pada orang dewasa,insiden sinkop meningkat dengan meningkatnya umur. Hamilton mendapatkan sinkopsering pada umur 15-19 tahun, lebih sering pada wanita dari pada laki-laki, sedangkan pada penelitian Framingham mendapatkan kejadian sinkop 3% pada laki-laki dan 3,5% pada wanita, tidak ada perbedaan antara laki-laki dan wanita. Penelitian Framingham diAmerika Serikat tentang kejadian sinkop dari tahun 1971 sampai 1998 (selama 17tahun) pada 7814 individu, bahwa insiden sinkop pertama kali terjadi 6,2/1000orang/tahun. Sinkop yang paling sering terjadi adalah sinkop vasovagal (21,1%), sinkopcardiac (9,5%) dan 36,6% sinkop yang tidak diketahui penyebabnya. Sedangkan biayayang dikeluarkan untuk melakukan evaluasi dan pengobatan pasien dengan sinkoptersebut dapat mencapai 800 juta dolar Amerika. Sedangkan di Eropa dan Jepangkejadian sinkop adalah 1-3,5%. Sinkop vascular merupakan penyebab sinkop yangterbanyak, kemudian diikuti oleh sinkop cardiac.
2,3
Penatalaksanaan sinkop tergantung etiologinya. Untuk itulah tinjauankepustakaan ini ditulis agar dapat mendiagnosis sinkop berdasarkan etiologinya supayasinkop dapat dicegah ataupun diterapi.
 
 
Fakultas Kedokteran UPNVeteranJakarta Page 2
BAB IITINJAUAN PUSTAKAII.1 Definisi
Sinkop berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari kata
 syn
dan
koptein
yang artinya memutuskan. Sehingga definisi sinkop (menurut
 European Societyof Cardiology:ESC 
), adalah suatu gejala dengan karakteristik klinik kehilangankesadaran yang tiba-tiba dan bersifat sementara, dan biasanya menyebabkan jatuh. Onsetnya relatif cepat dan terjadi pemulihan spontan. Kehilangankesadaran tersebut terjadi akibat hipoperfusi serebral.
3,4
II.2 Etiologi
Kegiatan sebelum sinkop dapat memberikan petunjuk mengenai penyebabgejala. Sinkop dapat terjadi pada saat istirahat, dengan perubahan postur, padatenaga, setelah latihan, atau dengan situasi tertentu seperti batuk, atau berdirilama. Sinkop terjadi dalam waktu 2 menit berdiri menunjukkan hipotensiortostatik.
3
Secara garis besar, penyebab sinkop dibagi menjadi dua. Akibat kelainan jantung (cardiac sinkop) dan penyebab bukan kelainan jantung. Pembagian inisangat penting, karena berhubungan dengan tingkat risiko kematian. Penyebabsinkop dapat diklasifikasikan dalam lima kelompok yaitu vascular-cardiac,neurologi, sinkop refleks, sinkop metabolik dan sinkop lain-lain.
4
A.
 
Jantung dan sirkulasi1.
 
Sinkop Vasodepressor.Merupakan penyebab yang paling lazim cenerung bersifat familial.Sinkop vasodepressor terjadi jika individu yang rentan berhadapan dengansituasi yang membuat stress. Gejala prodromal: kegelisahan, pucat,kelemahan, mendesah, menguap, diaphoresis, dan nausea. Gejala-gejala inimungkin diikuti dengan kepala terasa ringan, penglihatan kabur, kolaps,dan LOC (
loss of consciousness
). Kadang-kadang tejadi kejang klonik ringan, tetapi tidak diindikasikan penanganan kejang, kecuali terdapat
 
Fakultas Kedokteran UPNVeteranJakarta Page 3
tanda-tanda lain yang menunjuk kea rah ini. Serangan berlangsung singkatdan cepat pulih jika berbaring. Episode ini dapat berulang.Sinkop Vasodepressor dapat terjadi pada:
 
Seseorang dengan kondisi normal yang dipengaruhi oleh emosiyang tinggi
 
Pada seseorang yang merasakan nyeri hebat setelah luka,khususnya pada daerah abdomen dan genitalia.
 
Selama latihan fisik yang keras pada orang-orang yang sensitive.
4
 2.
 
Penyebab Hipotensi Orthostatik Definisi Hipotensi Orthostatik adalah apabila terjadi penurunantekanan darah sistolik 20mmHg atau tekanan darah diastolik 10 mmHg pada posisi berdiri selama 3 menit. Pada saat seseorang dalam posisi berdiri sejumlah darah 500-800 ml darah akan berpindah ke abdomendan eksremitas bawah sehingga terjadi penurunan besar volume darah balik vena secara tiba-tiba ke jantung. Penurunan ini mencetuskan peningkatan refleks simpatis. Kondisi ini dapat asimptomatik tetapidapat pula menimbulkan gejala seperti kepala terasa ringan, pusing,gangguan penglihatan, lemah, berbedebar-debar, hingga sinkop. Sinkopyang terjadi setelah makan terutama pada usia lanjut disebabkan olehretribusi darah ke usus.Hipotensi ortostatik merupakan penurunan tekanan darahseseorang sedang dalam posisi tegak. Keadaan ini terjadi berbagaikeadaaan:a.
 
Hipovolemia (perdarahan, muntah, diare,diuretik). b.
 
Gangguan pada reflex normal (nitrat, vasodilator, penghambatkanal kalium, neuroleptik).c.
 
Kegagalan autonom. Primer atau sekunder. Diabetes paling seringmenyebabkan neuropati otonom sekunder, sedangkan usia lanjutmerupakan penyebab lazim kegagalan otonom primer. Paling tidak telah dicerminkan oleh tiga sindroma
 
Disautonomia akut atau subakutPada penyakit ini, seorang dewasa atau anak yang tampak sehatmengalami palisis parsial atau total pada system saraf 

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
nelia_alexandra liked this
stephaniedian liked this
yadimul28 liked this
Zahid Nain liked this
caccaaaa liked this
maya_liem liked this
herlinda liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->