Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LAPORAN Audiogram

LAPORAN Audiogram

Ratings:
(0)
|Views: 314|Likes:
Published by Yoga Pradipta

More info:

Published by: Yoga Pradipta on Aug 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/10/2014

pdf

text

original

 
LAPORAN HYPERKES
PENGUKURAN TINGKAT KELELAHAN DAN PENDENGARAN
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah HyperkesDisusun Oleh :1. M. Dwi Putra (PO7133109081)2. Wahyu Handoyo Putro (PO7133109095)3. Yoga Pradipta (PO7133109096)
KEMENTRIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIAPOLITEKNIK KESEHATAN YOGYAKARTA
JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN2011
 
LAPORAN PRAKTIKUM KELELAHAN KERJA AUDIOMETER
Waktu Pelaksanaan : Jum¶at, 27 Mei 2011Pukul 09.00 WIBTempat Pelaksanaan : Laboratorium Hyperkes POLTEKES Yogyakarta
A. Tujuan
1. Mahasiswa mengetahui cara pengukuran kelelahan kerja denganmenggunakan audiometri untuk tingkat sesitivitas terhadap suara.2. Mahasiswa mengetahui tingkat sensitivitas indera pendengaran masing-masing.
B. Dasar Teori
Menurut Sumakmur (1988) untuk mengurangi kelelahan kerja dapatdilaksanakan dengan berbagai cara, yaitu dengan memperbaiki keadaan umumdan keadaan fisik di tempat kerja. Misalnya dengan pengaturan jam kerja,memberikan kesempatan istirahat yang memadai, pemberian cuti, rekreasi,pengurangan kebisingan, tekanan panas, penerangan serta penyelenggaraanventilasi yang cukup dan berfungsi dengan baik.Pengendalian kelelahan kerja ini dapat dilaksanakan dalam jangka pendekdan jangka panjang melalui promosi kesehatan kerja, preventif, kuratif, danrehabilitasi kelelahan kerja. Penanggulangan jangka pendek meliputi latihansingkat bagi para pengawas atau tenaga personalia perusahaan tentang tatacara pendeteksian kelelahan kerja di perusahaan. Sedangkan penanggulangan
 
 jangka panjang bersifat promosi kesehatan kerja dalam bentuk pemberianceramah, diskusi dan peninjauan peraturan kerja serta sikap tenaga kerja.Dalam praktikum pengukuran kelelahan kerja seseorang dapat dilakukandengan menggunakan alat audiometer untuk mengetahui tingkat sensitifitasindera pendengar. Tingkat intensitas suara minimum yang dapat didengar olehtelinga manusia adalah 20 mikropaskal, hal ini dikenal sebagai sebagai tingkatambang akustik 0 dB. Pada audiometric digunakan tingka referensi lain yangdikenal sebagai tingkat ambang dengar 0 dB. Pada frekuensi 3000 Hz, tingkatambang dengar lebih tinggi 10 Db diatas tingkat akustik. Hasil pemeriksaannormala berada dalam kisaran kurang dari 25 dB terutama pada frekuensi 500atau 1000 Hz, kemungkinan terdapat latar belakang kebisingan yang tinggi padaruang pemeriksaan. Bila terdapat perbedaan > 40 Db antara telinga kanan dankiri, maka dilakukan prosedur masking untuk menentukan tingkat ambang dengar sebenarnya. Audiogram orang yang mendengar tuli akibat bising awal menunjukkantingkat ambang dengar normal pada frekuensi 500-2000 Hz (frekuensi rendah)dan penurunan tingkat ambang dengar pada frekuensi 3000-6000 Hz (frekuensitinggi) dengan puncaknya pada frekuensi 4000 Hz, kemudian kembali membaikpada frekuensi 8000 Hz. Frekuensi rendah menunjukkkan kuatnya pembicaraandan frekuensi tinggi memberikan kejelasan pembicaraan. Pada tuli akibat bisingmereka tidak bermasalah dengan kerasnya suara tapi mereka tidak mendengar kejelasan pembicaraan khususnya konsonn t, k, dan p.

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
dedyfit liked this
Ave Fie'dhanz liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->