Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Klasifikasi materi

Klasifikasi materi

Ratings: (0)|Views: 119 |Likes:
Published by annisa1498

More info:

Published by: annisa1498 on Aug 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/29/2012

pdf

text

original

 
Klasifikasi materiZat-zat yang kita temukan di alam semesta ini hanya ada duakemungkinan, yaitu adalah zat tunggal dan campuran (Gambar 1.10).
y
 
Zat tunggalZat tunggal adalah materi yang memiliki susunan partikel yang tidakmudah dirubah dan memilik komposisi yang tetap. Zat tunggal dapatdiklasifikasikan sebagai unsur dan senyawa. Zat tunggal berupaunsur didefinisikan sebagai zat yang tidak dapat diuraikan menjadi zat lain yang lebih sederhana. Unsur besi tidak bisa diuraikanmenjadi zat lain, jika ukuran besi ini diperkecil, maka suatu saat akandidapatkan bagian terkecil yang tidak dapat dibagi lagi dan disebutdengan atom besi.Unsur di alam dapat dibagi menjadi dua bagian besar yaitu unsurlogam dan bukan logam (bukan logam).Unsur logam umumnya berbentuk padat kecuali unsur air raksa ataumercury (Hg), menghantarkan arus listrik dan panas. Logampermukaannya mengkilat dapat ditempa menjadi plat ataupun kawat.
 
S
aat ini kita lebih mengenal dengan nama aliasnya, seperti unsur Ferum dengan lambang Fe yang kita kenal dengan Besi. Aurumdengan lambang Au adalah unsur Emas, dan Argentum (Ag) untukunsur Perak.Unsur bukan logam memilki sifat yang berbeda seperti; tidak dapatmenghantarkan arus listrik, panas dan bersifat sebagai isolator. Permukaan atau penampang unsurnya tidak mengkilat kecuali unsurKarbon. Wujud unsur ini berupa gas, sehingga tidak dapat ditempa.
S
ecara umum unsur bukan logam juga sudah kita kenal, sepertiOksigen dengan lambang O, Nitrogen dengan lambang N, dan unsur
S
ulfur dengan lambng 
S
, dalam istilah kita adalah Belerang.Zat tunggal berupa senyawa didefinisikan sebagai zat yang dibentukdari berbagai jenis unsur yang saling terikat secara kimia danmemiliki komposisi yang tetap.
S
enyawa terdiri dari beberapa unsur,maka senyawa dapat diuraikan menjadi unsur-unsurnya denganproses tertentu. Contoh senyawa yang paling mudah kita kenaladalah air.
S
enyawa air diberi lambang H2O.
S
enyawa air terbentukoleh dua jenis unsur yaitu unsur Hidrogen (H) dan unsur Oksigen(O), dengan komposisi 2 unsur H dan satu unsur O. Gambar 1.11menjelaskan perbedaan unsur dan senyawa.
 
 Di alam senyawa dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yaitusenyawa Organik dan senyawa Anorganik, pengelompokkan didasaripada unsur-unsur pembentuknya, lihat Gambar 1.12.
S
enyawa Organik didefinisikan sebagai senyawa yang dibangun olehunsur karbon sebagai kerangka utamanya.
S
enyawa-senyawa iniumumnya berasal dari makhluk hidup atau yang terbentuk olehmakhluk hidup (organisme).
S
enyawa ini mudah kita jumpai seperti ureum atau ure terdapatpada air seni (urin). Gula pasir atau sakarosa yang banyak terdapat

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->