Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Modul-PLPG_Kimia

Modul-PLPG_Kimia

Ratings: (0)|Views: 12 |Likes:
Published by Taufik Agus Tanto
Modul PLPG Kimia
Modul PLPG Kimia

More info:

Published by: Taufik Agus Tanto on Sep 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/02/2011

pdf

text

original

 
 
1
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 
Satu Untuk UNM
KIMIA A. PENDAHULUAN1. Deskripsi Singkat
Modul ini disusun dalam rangka pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru(PLPG) bidang studi Kimia. Penggunaan modul ini diharapkan dapat meningkatakanpemahaman guru-guru Kimia peserta PLPG tentang materi kimia Sekolah Menengah Umum.Waktu yang dialokasikan untuk pendalaman materi kimia melalui modul ini adalah 20 jamtatap muka.Modul ini terdiri dari 12 Kegiatan Pembelajaran dengan rincian sebagai berikut:Kegiatan belajar 1: Struktur atom, sistem periodik unsur, ikatan kimia, struktur molekul, dansifat senyawa; Kegiatan belajar 2: Hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalamperhitungan kimia (Stokiometri); Kegiatan belajar 3: Perubahan energi dalam reaksi kimiadan cara pengukurannya; Kegiatan belajar 4: Kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, danfaktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari danindustri; Kegiatan belajar 5: Sifat-sifat larutan asam, basa, metode pengukuran, danterapannya; Kegiatan belajar 6: Kesetimbangan kelarutan; Kegiatan belajar 7: Sifat-sifatkoligatif larutan non elektrolit dan elektrolit; Kegiatan belajar 8: Konsep reaksi oksidasi-reduksi dan penerapannya dalam sel elektrokimia serta dalam teknologi dan kehidupansehari-hari; Kegiatan belajar 9: Senyawa organik dan makromolekul dalam struktur, gugusfungsi, penamaan, reaksi, dan sifat-sifatnya; Kegiatan belajar 10: Cara pemisahan dananalisis kimia; Kegiatan belajar 11: Struktur inti atom, reaksi inti, dan peluruhan radioaktif;Kegiatan belajar 12: Pengelolaan laboratorium kimia dan pelaksanaan kegiatan laboratorium.Setiap judul kegiatan belajar terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut: (1)indikator, (2) waktu, (3) model/strategi pembelajaran, (4) uraian materi dan contoh, (5)rangkuman, dan (6) latihan. Indikator yang dituliskan dalam modul ini adalah indikatordimana pembahasan materinya perlu penkajian secara kritis dan mendalam.
2. Standar Kompetensi dan Sub Kompetensi
Standar Kompetensi lulusan PLPG adalah sebagai berkut:1.
 
Memahami karakteristik peserta didik dan mampu merancang, melaksanakan, danmengevaluasi pembelajaran dan mendidik 2.
 
Memiliki kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, berwibawa, dan berahlak mulia
 
 
2
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 
Satu Untuk UNM
3.
 
Menguasai keilmuan dan kajian kritis pendalaman isi bidang pengembangan pesertadidik (keimanan, ketakwaan dan ahlak mulia, sosial dan kepribadian, pengetahuandan teknologi, estetika, jasmani, olahraga, dan kesehatan).4.
 
Mampu berkomunikasi dan bergaul dengan peserta didik, kolega, dan masyarakat.Sub kompetensi bidang studi kimia adalah sebagai berikut:1.
 
Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran bidang studikimia2.
 
Menguasai materi dan pengayaan bidang studi kimia sesuai dengan materi yangtertera dalam kurikulum sekolah
 
 
3
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 
Satu Untuk UNM
MODUL ISTRUKTUR ATOM, SISTEM PERIODIK UNSUR, IKATAN KIMIA, STRUKTUR MOLEKUL, DAN SIFAT-SIFAT SENYAWA1. Indikator
1.
 
Mengkaji keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, dankeelektronegatifan unsur-unsur seperiode atau segolongan berdasarkan data ataugrafik dan nomor atom2.
 
Menyelidiki kepolaran beberapa senyawa dan hubungannya dengankeelektronegatifan melalui percobaan3.
 
Menentukan bentuk molekul berdasarkan teori pasangan elektron dan teori hibridisasi4.
 
Menjelaskan perbedaan sifat fisik (titik didih, titik beku) berdasarkan perbedaan gayaantar molekul (gaya Van Der Waals, gaya London, dan Ikatan Hidrogen)
2. Waktu :
2 jam tatap muka
 3.
 
Model/Strategi Pembelajaran
a.
 
Model pembelajaran kooperatif tipe STADb.
 
Strategi pembelajaran: Ceramah, diskusi
4. Uraian Materi dan ContohSTRUKTUR ATOM A. Perkembangan Teori Atom
Perkembangan teori atom dimulai dengan penemuan Leucippus, ahli filsafat Yunani sekitar2,5 abad yang lalu mengemukakan bahwa materi tersusun atas butiran-butiran kecil.=,kemudian dikembangkan oleh Demokritos yang berpendapat bahwa materi teridiri daripartikel kecil yang tidak dapat dibagi lagi. Partikel kecil ini disebut atom, yang berasal daribahasa Yunani: a = tidak, tomos = terpecahkan.
 
Pada abad ke-18 John Dalton mengemukakan teori atom pertama yang biasa disebutteori atom Dalton, yaitu: (1) materi tersusun atas partikel-partikel yang tidak dapat dibagilagi dan disebut atom, (2) atom-atom suatu unsur mempunyai sifat sama seperti ukuran,bentuk dan massa, (3) atom-atom suatu unsur berbeda dengan atom-atom unsur yang lain,(4) senyawa adalah materi yang tersusun atas setidaknya dua jenis atom dari unsur-unsurberbeda, dengan perbandingan tetap dan tertentu, dan (4) reaksi kimia tidak lain merupakanpembentukan kombinasi atom-atom baru dari kombinasi atom-atom sebelumnya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->