Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
12Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Modul-PLPG_Paud

Modul-PLPG_Paud

Ratings: (0)|Views: 2,804|Likes:
Published by Taufik Agus Tanto
Modul PLPG PAUD
Modul PLPG PAUD

More info:

Published by: Taufik Agus Tanto on Sep 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/11/2013

pdf

text

original

 
 
1
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 
Satu Untuk UNM
PENDAHULUAN
Modul ini berisi pemahaman tentang anak Taman Kanak Kanak (TK). Anak TamanKanak-kanak merupakan anak yang berada dalam proses perkembangan, baik perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional maupun bahasa. Setiap anak memilikikarakteristik tersendiri. Perkembangan setiap anak berbeda beda baik dalam kualitasmaupun tempo perkembangannya. Perkembangan anak bersifat progresif, sistematis danberkesinambungan. Setiap aspek perkembangan saling berkaitan satu sama lain,terhambatnya satu aspek perkembangan tertentu akan mempengaruhi aspek perkembanganyang lainnya.Seorang guru hendaknya juga memahami tugas-tugas perkembangan anak usia TK,kebutuhan dan minat serta permasalahan yang sering dihadapi anak. Sehingga dalammengajar anda dapat memilih strategi yang tepat sesuai tugas dan karakteristik perkembangan anak. Keberhasilan seorang guru sangat erat kaitannya dalam pemilihanstrategi dalam pembelajaran. Anda akan kesulitan untuk memilih strategi jika tidak mengenalanak didik anda. Anak didik hadir dengan berbagai tipe dan gaya belajar. Oleh sebab itumodul ini juga akan mengantar anda untuk mengenal tipe-tipe dan gaya belajar anak.Sebagai guru TK anda pasti telah tahu bahwa bagi seorang anak, bermain adalahkegiatan yang mereka lakukan sepanjang hari, karena bagi anak bermain adalah hidupmereka. Anak TK tidak membedakan antara bermain, belajar dan bekerja.Berhubungan dengan pembelajaran, Vygotsky (Naughton, 2003:52) berpendapatbahwa bermain dapat menciptakan suatu zona perkembangan proximal pada anak, dalambermain, anak selalu berperilaku di atas usia rata-ratanya, di atas perilakunya sehari-hari,
dalam bermain anak dianggap „lebih‟ dari dirinya sendiri.
 Prinsip pembelajaran merupakan hal yang penting yang harus diperhatikan olehguru dalam setiap kegiatan pembelajaran agar penyampaian materi pembelajaran sesuaidengan karakteristik perkembangan anak. Kegiatan pembelajaran hendaknya tidak menimbulkan kecemasan (stress) bagi anak.Sebagai seorang guru, anda seharusnya memahami kurikulum anak TK danbagaimana pengembangannya. Secara umum kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini dapatdimaknai sebagai seperangkat kegiatan belajar sambil bermain yang sengaja direncanakanuntuk dapat dilaksanakan dalam rangka menyiapkan dan meletakkan dasar-dasar bagipengembangan diri anak usia dini lebih lanjut.
 
 
2
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 
Satu Untuk UNM
Kurikulum bagi anak TK dikembangkan berdasarkan sejumlah pendekatan yangsesuai dengan perkembangan dan kebutuhan anak TK. Landasan konseptual yang digunakandalam kurikulum adalah berdasarkan teori perkembangan anak, pendekatan berpusat padaanak, pendekatan konstruktivisme dan pendekatan bermain kreatif.
Kompetensi yang Akan Dicapai
Setelah anda mempelajari modul ini maka diharapkan anda memiliki kompetensi sebagaiberikut;1.
 
Menguasai karakteristik peserta didik dan mampu merancang, melaksanakan danmengevaluasi pembelajaran di Taman Kanak-kanak, yang meliputi: 1) mendeteksipertumbuhan dan perekembangan peserta didik, 2) Menganalisis minat, kebutuhan danpermasalahan anak TK, 3) Menganalisis potensi anak TK, 4) Menganalisis ciri-cirikepribadian anak, 5) Menganalsisi gaya belajar anak, 6) menganalisis manfaat danpengaruh lingkungan terhadap perkembangan anak TK. 7) menganalisis teori pendidikandan pembelajaran di TK, 8) memilih Strategi dan media pengembangan, bidangpengembangan sesuai dengan tema, karakteristik anak dan kemampuan yang ingindicapai2.
 
Kompetensi professional Yang meliputi: 1) Menganalisis konsep dasar pengembangankurikulum TK, 2) menganalisis substansi bidang pengembangan anak TK, 3) menelaahkonsep dasar bidang studi sebagai metode pengembangan bidang perkembangan anak TK.
 
 
3
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 
Satu Untuk UNM
KEGIATAN BELAJAR 1. Kegiatan Belajar Ia. Memahami Peserta Didik 
 Anak Taman Kanak-kanak merupakan anak yang berada dalam prosesperkembangan, baik perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional maupun bahasa.Setiap anak memiliki karakteristik tersendiri. Perkembangan setiap anak berbeda beda baik dalam kualitas maupun tempo perkembangannya. Perkembangan anak bersifat progresif,sistematis dan berkesinambungan. Setiap aspek perkembangan saling berkaitan satu samalain, terhambatnya satu aspek perkembangan tertentu akan mempengaruhi aspek perkembangan yang lainnya.
1. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Taman Kanak-kanak 
Istilah pertumbuhan dan perkembangan seringkali dipergunakan seolah-olahkeduanya mempunyai pengertian yang sama, karena menunjukan adanya suatu prosesperubahan tertentu yang mengarah kepada kemajuan. Padahal sesungguhnya istilahpertumbuhan dan perkembangan ini mempunyai pengertian yang berbeda.Pertumbuhan dapat diartikan sebagai perubahan yang bersifat kuantitatif, sebagaiakibat dari adanya pengaruh luar atau lingkungan. Pertumbuhan mengandung arti adanyaperubahan dalam ukuran dan struktur tubuh sehingga lebih banyak menyangkut perubahanfisik.Selain dari pengertian di atas, pertumbuhan dapat didefinisikan pula sebagaiperubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik yangberlangsung secara normal pada diri individu yang sehat dalam fase-fase tertentu. Hasil daripertumbuhan ini berupa bertambah panjang tulang-tulang terutama lengan dan tungkai,bertambah tinggi dan berat badan serta makin bertambah sempurnanya susunan tulang dan jaringan syaraf. Pertumbuhan ini akan terhenti setelah adanya maturasi atau kematanganpada diri individu.Berbeda dengan pertumbuhan, perkembangan adalah suatu perubahan fungsionalyang bersifat kualitatif, baik dari fungsi-fungsi fisik maupun mental sebagai hasilketerkaitannya dengan pengaruh lingkungan.Perkembangan dapat juga dikatakan sebagai suatu urutan-urutan perubahan yangbersifat sistematis, dalam arti saling kebergantungan atau saling mempengaruhi antaraaspek-aspek fisik dan psikis dan merupakan satu kesatuan yang harmonis. Contoh,. anak diperkenalkan bagaimana cara memegang pensil, membuat huruf-huruf dan diberi latihanoleh orangtuanya. Kemampuan belajar menulis akan mudah dan cepat dikuasai anak apabila

Activity (12)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
azkhaz liked this
kakroro liked this
masawang81 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->