Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Modul-PLPG_TIK

Modul-PLPG_TIK

Ratings: (0)|Views: 168 |Likes:
Published by Taufik Agus Tanto
Modul PLPG TIK
Modul PLPG TIK

More info:

Published by: Taufik Agus Tanto on Sep 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/04/2012

pdf

text

original

 
 
1
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 
Satu Untuk UNM
KEGIATAN BELAJAR 1Judul
:
Perangkat ICT
 
Indikator
:a)
 
Menentukan dan memasang perangkat ICT pada posisi yangbenar dan tepatb)
 
Menentukan perangkat keras yang tepat untuk menanganimasalah pada komputer dan maupun jaringan komputer.c)
 
Menentukan perangkat jaringan yang tepat pada suatuinstalasi jaringan komputer.
Uraian dan contoh1)
 
Uraian
Perangkat ICT pada umumnya dapat dibagi menjadi 2 (dua) bagian yaitu perangkatkeras dan perangkat lunak. Pada umumnya perangkat keras tidak dapat digunakan jika padaperangkat keras tersebut tidak di tanamkan di dalamnya perangkat lunak. Sehinggaberbicara perangkat ICT berarti kita berbicara perangkat keras dan lunak.Pada kegiatan belajar 1 ini, akan di uraikan secara singkat perangkat keras dan padabagian selanjutnya akan di uraikan perangkat lunak baik sebagai nsistem operasi maupunsebagai perangkat lunak aplikasi.Pada modul ini akan diperkenalkan perangkat keras komputer baik sebagai input devicemaupun output device, serta perangkat keras jaringan. A. Perangkat Keras KomputerSecara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatusistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatukesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategorielemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputerdibagi menjadi :
 
Input divice (unit masukan)
 
Process device (unit Pemrosesan)
 
Output device (unit keluaran)
 
Backing Storage ( unit penyimpanan)
 
Periferal ( unit tambahan)
 
 
2
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 
Satu Untuk UNM
Komponen dasar komputer yang terdiri dari input, process, output dan storage. Input deviceterdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU, InternalCommunication, Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor danprinter, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape.Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Devicemerupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak adasebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
Unit Masukan (Input Device).
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah gunamenghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnyadigunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalahunit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games ataupermainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambardigital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jariuser dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalamkomputer.Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem kedalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yangdiperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal inputdan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistemkomputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkandata dapat pula digunakan untuk memasukkan program.Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
 
Peralatan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alatpemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphicstablet, scanner.
 
Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatuinput diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard.
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahandata dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakterkhusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintahlainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard
 
 
3
Pendidikan & Latihan Profesi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar 
Satu Untuk UNM
komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh ChristopherLatham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahanRemington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International StandarOrganization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarangyang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.Gambar keyboardJenis-Jenis Keyboard :
 
QWERTY 
 
DVORAK 
 
KLOCKENBERGKeyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini miripseperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
 
typewriter key
 
 
numeric key
 
 
function key
 
 
special function key.
 Typewriter Key.
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini samadengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya.
Numeric Key
. Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angkadan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagaiangka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
Function Key
. Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.
Special Function Key
. Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akanmempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursormenekan bersamaan ctrl dan arrow key.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->