Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
28Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengaruh Tingkat Suku Bunga Deposito Berdasarkan Jangka Waktu Terhadap Dana Deposito Berjangka Pada PT

Pengaruh Tingkat Suku Bunga Deposito Berdasarkan Jangka Waktu Terhadap Dana Deposito Berjangka Pada PT

Ratings:

4.75

(4)
|Views: 6,222 |Likes:
Published by 14n

More info:

Published by: 14n on Oct 05, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/21/2012

pdf

text

original

 
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa faktor tingkat bunga deposito berjangkasangat berpengaruh terhadap jumlah dana deposito berjangka pada PT. Bank Jatim Cabang Kediri. Sehubungan dengan itu, maka perusahaan (PT. Bank Jatim Cabang Kediri) harus membuat suatu kebijakan mengenai faktor-faktor tersebut, agar para calon debitur atau nasabah lebih tertarik didalammendepositokan uangnya ke PT. Bank Jatim Cabang Kediri.Adapun tujuan daripada penelitian ini adalah : untuk menganalisis apakahfaktor tingkat bunga deposito berjangka berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah dana deposito berjangka pada PT. Bank Jatim Cabang Kediri.Dalam penelitian ini penulis memberikan hipotesis yang akan digunakan dalamanalisis selanjutnya, yaitu : “ diduga bahwa tingkat bunga deposito, berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah dana deposito berjangka padaPT. Bank Jatim Cabang Kediri “Adapun metode dan teknik pengumpulan data, yaitu studi lapangan yang terdiridari observasi, interview, dokumenter dan studi kepustakaan. Untuk mendapatkan datanya dari dua sumber data, yaitu : data primer dan datasekunder.Sedangkan teknik analisis data yang penulis gunakan dalam peneltian iniadalah : analisis kualitatif dan analisis kuantitatif (dengan menggunakan analsiskorelasi dan analisis regresi) dengan soft wear SPSS for Windows 10.5.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis korelasi bahwahubungan antara tingkat bunga deposito jangka waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan dan 24 bulan kesemuanya berhubungan secara signifikanterhadap jumlah dana deposito berjangka.Sedangkan berdasarkan analisis regresi menunjukkan, bahwa semua tingkat bunga deposito mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap jumlah danadeposito berjangka. Dari hasil analisis tersebut yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap jumlah dana deposito adalah tingkat bunga deposito jangka waktu 12 bulan. Sedangkan yang mempunyai pengaruh paling keciladalah tingkat bunga deposito jangka waktu 6 bulan.Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa dengan menggunakan analisissecara kuantitatif, tingkat bunga deposito berdasarkan jangka waktu secara bersama-sama maupun secara parsial mempunyai pengaruh secara siknifikanterhadap dana deposito berjangka pada PT. Bank Jatim Cabang Kediri.
 
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis pengaruh faktor yang menjadi pertimbangan nasabah dalam pengambilan keputusan menempatkan deposito pada Bank Mandiri cabang Probolinggo. 2) Menganalisis pengaruh di antara faktor yang menjadi prioritas utama di dalam pengambilan keputusan menempatkan deposito pada Bank Mandiri cabang Probolinggo.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksplanatoris (explanatory research)yaitu jenis penelitian yang berupaya menjelaskan pengaruh antara variabel-variabelmelalui pengujian hipotesis. Variabel bebas adalah X1:Suku Bunga; X2 :Keamanan; X3:Keunggulan Deposito; X4: Kenyamanan; X5 : Pelayanan; X6: Promosi; X7: Jarak danvariabel terikat adalah Keputusan mendepositokan uangnya (Y). teknik pengumpulandata dilakukan melalui teknik Kuesioner dan Dokumenter, yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif, yaitu denganmenggunakan model statistik dalam program komputer ( SPSS 10.0 ), dengan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dari hasil analisis pengaruh, ternyata factor tingkat suku bunga, factor pelayanan yang terdiri dari keramahan customer service,kecepatan pelayanan oleh petugas, frekuensi antrian yang relatif kecil, dan sikap professional dari petugas Bank Mandiri, factor keamanan, yang terdiri dari likuiditassuatu perbankan, deposito yang dijamin oleh pemerintah, satuan pengamanan kantor yanghandal dan berwibawa serta keamanan di sekitar kantor Bank, promosi, factor keunggulan deposito, kenyamanan dan factor jarak memberi pengaruh sangat kuatterhadap keputusan deposan untuk mendepositokan uangnya di Bank Mandiri. Hal inidibuktikan dengan analisis R multiple: 69.40 %. Sehingga keputusan deposan untuk mendepositokan uangnya di Bank Mandiri dapat dijelaskan oleh factor-faktor tersebut diatas; 2) Memperhatikan koefisien faktor dari masing-masing sub variabel, maka secara berturut-turut koefisien faktor yang berimplikasi positif sangat baik terhadap keputusandeposan untuk mendepositokan uangnya di Bank Mandiri adalah tingkat suku bungayang menarik, kompetitif dan tinggi, Peningkatan pelayanan yang terdiri dari keramahancustomer service, kecepatan pelayanan oleh petugas, frekuensi antrian yang relatif kecil,dan sikap professional dari petugas Bank Mandiri, factor keamanan, yang terdiri darilikuiditas suatu perbankan, deposito yang dijamin oleh pemerintah, satuan pengamanankantor yang handal dan berwibawa serta keamanan di sekitar kantor Bank. Sedangkanyang terakhir factor promosi, ada pengaruh signifikan negatif.
 
KREDIT
1.Pengertian Kredit
Kata kredit berasal dari bahasa latin Credere berarti kepercayaan. Jadi kredityaitu memberikan benda, jasa, uang, sekarang dengan pembayaran atau balas jasa di kemudian hari. Rollin G. Thomas mendefinisikan bahwa kredit adalahkepercayaan atas kemampuan si peminjam untuk membayar sejumlah uang padamasa yang akan datang.Jadi dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa kredit mencakup dua pihakyaitu pihak yang memberi dan pihak yang menerima. Apa yang diserahkansekarang merupakan prestasi, sedang pembayaran, pengembalian maupun balas jasa di masa yang akan datang merupakan kontra prestasi.
2. Syarat Kredit
Sesuai dengan asal kata kredit yang berarti kepercayaan maka kredit dapatberlangsung bila ada kepercayaan terhadap penerima kredit. Kepercayaantersebut banyak tergantung kepada kelayakan seseorang atau badan usaha.Kelayakan seseorang atau badan usaha penerima kredit dipengaruhi oleh 5Cyaitu:a.
Character 
atau tabiat serta kemauan pemohon untuk memenuhi kewajiban.Perlu diteliti tentang kebiasaan kepribadian, cara hidup dan keadaan keluargaserta moral.b.
Capacity 
yaitu kemampuan, kepandaian dan ketrampilan menggunakan kredityang diterima sehingga memperoleh kemajuan, keuntungan serta mampumelunasi kewajiban atau utangnya.c.
Capital 
yaitu modal seseorang atau badan usaha penerima kredit. Tidaksemua modal harus bersumber dari kredit.d.
Collateral,
yaitu kepastian berupa jaminan yang dapat diberikan olehpenerima kredit. Anggunan atau jaminan sebagai alat pengaman dariketidakpastian pada waktu yang akan datang pada saat kredit harus dilunasi.e.
Condition of economies
yaitu dalam rencana pelepasan kredit harus mampumelihat ke depan, yaitu bagaimana keadaan perekonomian masa yang akandatang.
3.Peranan Kredit Dalam Perekonomian
Dalam kehidupan perekonomian, fungsi kredit makin lama makin memegangperanan yang sangat penting karena dengan adanya kredit dapata.meningkatkan daya guna uang;b. meningkatkan peredaran dan lalu-lintas uang;c. meningkatkan daya guna dan peredaran barang;d. menjadi salah satu alat stabilitas ekonomi;e. meningkatkan kegairahan berusaha;f. meningkatkan pemerataan pendapatan; dang. menjadi alat untuk meningkatkan hubungan internasional.
4. Kebaikan dan Keburukan Kredit

Activity (28)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Umammah Aris liked this
Tia Mu liked this
Feby Polymorpa liked this
Ning Thata Arbie liked this
Yash Astute liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->