Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
5Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Asal mula kehidupan

Asal mula kehidupan

Ratings: (0)|Views: 1,235|Likes:
Published by Eni Ihwani

More info:

Published by: Eni Ihwani on Sep 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/31/2013

pdf

text

original

 
Forum Sains Indonesia
Ilmu Alam => Biologi => Topik dimulai oleh: rebornpada Pebruari 28, 2007, 01:24:35
Judul:
[ASK] Asal Mula Kehidupan
Ditulis oleh:
reborn
pada
Pebruari 28, 2007, 01:24:35
Salah satu misteri yang gw pengen banget cari tahu nih :
gimana sih awalnyasampe bisa ada kehidupan di planet ini?
Udah ada topik ini di Konsep Hidupdan Kehidupan (http://www.forumsains.com/index.php?topic=215.0) dan TeoriEvolusi dan Asal Usul Manusia (http://www.forumsains.com/index.php?topic=230.0), tapi karena itu buat SMU lebih baik berkembang sesuai kurikulumaja ;D Terus ada juga tentang kontroversi evolusi(http://www.forumsains.com/index.php?topic=23.0), itu juga biar berkembangdari berbagai pendekatan :P Nah, di sini kita coba sharing (nanya sih lebih tepatnya :P) tentang asal mulakehidupan dari sudut pandang biologi tentunya.Gw kagum sekaligus juga penasaran dengan beragam makhluk hidup yang berbeda satu sama lainnya, kita bisa temuin kehidupan hampir di setiap tempat.Klasifikasi makhluk hidup ini juga macem2. Paling gampang bedainnya hewandan tumbuhan. Tapi karena ini tidak mencakup fungi, protista, dan bakter,akhirnya dipake Lima Kerajaan. Tetapi kemudian diganti lagi jadi Three Domain bacteria, Archaea dan eukaryota.Gimana sebenernya awalnya sampe bisa berkembang kehidupan seperti sekarang?apa kehidupan awalnya terjadi begitu aja secara kebetulan? Apa kita bisamenciptakan satu sel yang bener2 hidup satu saat?Baru baca wiki doang :http://en.wikipedia.org/wiki/Origin_of_life#Current_modelshttp://en.wikipedia.org/wiki/Graham_Cairns-Smith#Clay_theoryMungkin yang dari biologi bisa kasih pencerahan ;DJudul:
Re: [ASK] Asal Mula Kehidupan
Ditulis oleh:
dopamine
pada
April 11, 2008, 02:07:27
tahun 1953 seorang ilmuwan Amerika berhasil menciptakan Protein hasil cipratanlistrik, sebuah substansi kehidupan. percayakah Anda bahwa genome kitamenyimpan catatan sejarah mulai saat munculnya fajar kehidupan pertamadimuka bumi?
 
2,2 milyar tahun silam cipratan listrik tersebut menciptakan eksperimen alam,menciptakan awal-mula kehidupan meskipun tidak sekompleks sekarang,kemudian Prokaryotik berevolusi menjadi Eukaryotik, lalu berevolusi hinggasekarang.
 Nomenclature binomial 
adalah salah satu cara mencari akar evolusi, spesies kita(manusia) termasuk didalamnya.namun ada teori yang mengatakan bahwa kehidupan dibumi berasal dari planetlain yang menghantam bumi, disana terdapat organisme kecil sederhana yang beradaptasi dalam kondisi bumi. tapi saya (pribadi) meragukan teori ini.Judul:
Re: [ASK] Asal Mula Kehidupan
Ditulis oleh:
twa
pada
Juni 10, 2008, 01:36:59
Kutip dari: dopamine pada April 11, 2008, 02:07:27tahun 1953 seorang ilmuwan Amerika berhasil menciptakan Protein hasil cipratanlistrik, sebuah substansi kehidupan. percayakah Anda bahwa genome kitamenyimpan catatan sejarah mulai saat munculnya fajar kehidupan pertamadimuka bumi?2,2 milyar tahun silam cipratan listrik tersebut menciptakan eksperimen alam,menciptakan awal-mula kehidupan meskipun tidak sekompleks sekarang,kemudian Prokaryotik berevolusi menjadi Eukaryotik, lalu berevolusi hinggasekarang.
 Nomenclature binomial 
adalah salah satu cara mencari akar evolusi, spesies kita(manusia) termasuk didalamnya.namun ada teori yang mengatakan bahwa kehidupan dibumi berasal dari planetlain yang menghantam bumi, disana terdapat organisme kecil sederhana yang beradaptasi dalam kondisi bumi. tapi saya (pribadi) meragukan teori ini.maksud anda percobaan Urey - Miller kan ? dimana asam amino terbentuk dr cipratan listrik. Yang menjadi masalah Miller tdk memiliki bukti yg nyata bahwaatmosfer bumi pada masa awalnya terdiri dr amonia, metana, hidrogen, seperti ygdigunakannya dlm eksperimennya. Mereka mendasarkan toerinya kimia fisik.Mereka ingin mendapatkan reaksi kimia yg mendukung pendapat mereka, dan krnitu mrk berasumsi bumi penuh dgn gas2 itu. A. Oparin (pakar biokimia rusia)cukup cerdik utk menyadari bahwa kalau anda memulai dgn gas2 yg lamban sptnitrogen dan CO2, gas2 itu tdk akan bereaksi.Faktanya semua latar belakang sudah diatur sedemikian rupa spy mendapatkanhasil yg mrk inginkan. Sejak thn 1980-an s/d skrg, para ilmuwan NASA telahmenunjukkan bahwa bumi yg primitif pd masa awalnya tdk pernah memiliki gasmetana, amonia, atau hidrogen utk dpt menimbulkan reaksi apapun. Sebaliknya,
 
atmosfer bumi zaman itu dipenuhi oleh air, CO2 dan nitrogen yg tentunya tdk akan pernah memperoleh hasil eksperimen yg sama dgn campuran kimiawi sptitu. Tdk akan pernah berhasil. Eksperimen2 yg lebih baru telah mengonfirmasikanhal tsb. Judul:
Re: [ASK] Asal Mula Kehidupan
Ditulis oleh:
milmi
pada
Juni 17, 2008, 04:38:54
Yang namanya eksperimen itu memang didesign sedemikian rupa supaya dapatmenjawab hipotesis yang diajukan. Nah, Urey dan Miller menduga, mendugalooh, bahwa dahulu atmosfer purba penuh dengan gas metana. Jadieksperimennya valid. Masalahnya, benarkah dugaan mereka? Nah, hal itu kan belum terpatahkan sampai saat ini, atau setidaknya belum ada teori tandingan.Sampai ada teori tandingan, teori evolusi biokimia Urey-Miller masih dipakai.Judul:
Re: [ASK] Asal Mula Kehidupan
Ditulis oleh:
peregrin
pada
Juni 18, 2008, 03:40:37
Kutip dari: milmi pada Juni 17, 2008, 04:38:54Yang namanya eksperimen itu memang didesign sedemikian rupa supaya dapatmenjawab hipotesis yang diajukan.ini benar2 mengena deh ;)Judul:
Re: [ASK] Asal Mula Kehidupan
Ditulis oleh:
dopamine
pada
Juli 07, 2008, 06:20:03
coba cari literaturnya di internet, keadaan bumi baik struktur kimianya dangeografisnya sangat berbeda dengan sekarang. percobaan boleh gagal atau tidak menyampaikan apa yang terjadi sebenarnya di alam, tapi setidaknya percobaandireplikasi untuk menunjukkan apa yang terjadi di alam.Judul:
Re: [ASK] Asal Mula Kehidupan
Ditulis oleh:
ENTALFI
pada
Juli 09, 2008, 09:07:46
Dalam setiap teori penciptaan, bagaimana asal mula kehidupan, selalu sajaterdapat suatu materi awal yang tercipta tanpa ada nya bahan dan muncul secaratiba-tiba. Sehingga semua teori tersebut tidak dapat menjelaskan secara lengkapdan akurat tentang bagaimana asal mula kehidupan secara utuh.Evolusi yang menjadi teori yang cukup terkenal tentang bagaimana berbagaimacam makhluk hidup tercipta sungguh suatu teori yang tak lebih dari teoringigau jika dipandang dari kacamata ilmu pengetahuan saat ini. Struktur DNAyang demikian rumit yang memiliki kemampuan menyimpan seluruh informasidalam perpustakaan terbesar didunia, atau mungkin server google, tak dapat

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->