Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
HIPERTENSI

HIPERTENSI

Ratings: (0)|Views: 1,268|Likes:
Published by NoNO

More info:

Published by: NoNO on Sep 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/15/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IP E N D A H U L U A N
 Keberadaan masalah kesehatan akan berubah dari waktu ke waktu sesuai denganperkembangan dunia. Transisi kesehatan yang terjadi berkaitan erat dengan transisidemografi. Keberhasilan keluarga berencana telah merubah pola fertilitas dan polademografi, lebih lanjut transisi kesehatan ditandai dengan timbulnya transisi epidemiologiyaitu terjadinya penyakit kronik tidak menular / penyakit degeneratif.Pola perubahan struktur masyarakat agraris ke masyarakat industri banyak memberiandil terhadap fertilitas, gaya hidup, sosial ekonomi, yang pada gilirannya dapat memacusemakin meningkatnya penyakit tidak menular.Kelompok penyakit kardiovaskuler yang paling banyak menarik perhatian dewasa iniadalah penyakit jantung koroner dan hipertensi. Hipertensi merupakan penyebab utamakematian dan gangguan kardiovaskuler, sehingga hipertensi sering disebut “
Silent Killer 
”,karena menimbulkan komplikasi pada jantumg, otak, dan ginjal, namun sayangnya sekitar50% penderita hipertensi tidak menyadari adanya hipertensi tersebut.Sampai saat ini belum ada definisi yang tepat mengenai hipertensi oleh karena ituada batasan jelas yang membedakan antara hipertensi dan normal, yang telah dibuktikanadalah bahwa peningkatan tekanan darah akan menaikkan mortalitas dan morbiditas tetapidalam perkembangan selanjutnya WHO (Word Health Organization) tahun 1999memberikan batasan bahwa tekanan darah yang masih dianggap normal adalah 140/90mmHg dan tekanan darah sama atau diatas 160/95 mmHg dinyatakan sebagai hipertensi,bila dihubungkan dengan perbedaan usia dikatakan hipertensi bila tekanan darah diatas atausama 130/90 mmHg pada golongan usia 45 tahun.Pada penyelidikan prospektif terdapat bukti nyata bahwa komplikasi yang timbulselama tindakan anestesia dan pembedahan jauh lebih sedikit pada penderita hipertensi yangdiberi pengobatan anti hipertensi terlebih dulu dari pada yang tidak. Hal ini memaksa kitauntuk melakukan evaluasi praanestesia lebih teliti, untuk menilai sejauh mana pengaruhhipertensi terhadap organ-organ target seperti jantung, otak, ginjal, mata, dan lain-lain.
 
2
Banyak penderita hipertensi diperkirakan sebesar 15 juta bangsa Indonesia tetapidengan hanya 4% yang
controlled hypertension
. Hipertensi terkontrol berarti mereka yangmenderita hipertensi dan tahu bahwa mereka menderita hipertensi dan sedang berobat untuk itu.Di Amerika data statistik pada tahun 1980 menunjukkan bahwa sekitar 20%penduduk menderita hipertensi. Di Indonesia belum ada penelitian nasional yangmenyeluruh, namun diperkirakan angka statistik di Indonesia tidak berbeda jauh denganAmerika.Bila ditinjau perbandingan antara perempuan dan laki-laki, ternyata perempuan lebihbanyak menderita hipertensi, misalnya penelitian yang dilakukan oleh sugiri (1997) di jawatengah di dapatkan angka prevalensi 6,0% laki-laki dan 11,6% untuk perempuan.
 
3
BAB IIP E M B A H A S A N
A.
 
Definisi HipertensiHipertensi atau tekanan darah tinggi adalah keadaan peningkatan tekanan darahyang memberi gejala yang akan berlanjut untuk suatu target organ seperti stroke (untuk otak), penyakit jantung koroner (untuk pembulu darah jantung), dan left venticleHypertropy (untuk otot jantung). Dengan target organ di otak yang berupa stroke,hipertensi adalah penyebab utama stroke yang membawa kematian tinggi.Hipertensi adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami peningkatantekanan darah di atas normal yang mengakibatkan peningkatan angka kesakitan(morbiditas) dan angka kematian (mortalitas).Pemeriksaan tekanan darah akan didapat dua angka misalnya 120/70 mmHg.Nilai 120 mmHg menunjukkan tekanan darah tertinggi saat jantung memompa,sedangkan nilai 70 menunjukkan tekanan darah terendah saat jantung selesai memompa.Tekanan darah digolongkan normal jika tekanan darah sistolik tidak melampaui 140mmHg dan tekanan darah diastolik tidak melampaui 90 mmHg dalam keadaan istirahat.Tekanan darah dipengaruhi oleh kegiatan harian, waktu tidur malam hari tekanan darahberada dalam kondisi paling rendah dan dapat mencapai 80-90 mmHg sistolik dan 40-60mmHg diastolik.B.
 
Penyebab HipertensiPenyebab hipertensi masih tetap merupakan suatu misteri, tetapi kemungkinanakibat dari kelainan ginjal, sebagai akibat infeksi dan lama, dapat menyebabkan naiknyatekanan darah, dengan mempengaruhi kontrol normal dari sistem syaraf, dan jugamelalui pengaruh hormonal yang di produksi oleh ginjal.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->