Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
45Activity
×
P. 1
modultikkelas11

modultikkelas11

Ratings: (0)|Views: 23,237|Likes:
Published by seven_eyes

More info:

Published by: seven_eyes on Sep 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/13/2013

pdf

text

original

 
Didiksulaksono.wordpress.com
1
J A R I N G A NK O M P U T E R
Dunia komputer kaya akan informasi dan sering dibutuhkan pemindahan informasi darisatu tempat ke tempat lain, sehingga dikenal sistem komunikasi data. Data akanditransmisikan dari satu tempat ke tempat lain yang membutuhkan. Dalam sistem transmisidata terdapat 2 kategori yaitu
Off-line
dan
On-line
.
Sistem TransmisiOff-line
, merupakan transmisi data tidak langsung ke komputermelainkan ditulis dulu malalui peralatan penyimpanan. Hal ini disebabkan tidak adanyakomputer yang dihubungkan langsung pada lokasi dimana data dikirimkan.Contohnya : transmisi dengan cara penyimpanan data melalui disket, CD, flashdisk, dll.
Sistem TransmisiOn-line
, merupakan transmisi data yang mengarah langsung kekomputer dengan diatur oleh komputer. Hal ini disebabkan oleh adanya komputer yangdihubungkan langsung pada lokasi dimana data dikirimkan.Contohnya : komunikasi data melalui jaringan (LAN dan Internet)Kecepatan pengiriman data ditentukan oleh beberapa faktor, terutama faktor mediapengirimannya seperti kabel, udara, serat optik, dll.Seiringdengan berkembangnya dunia informasi dan komunikasi, pemakaian komputerperorangan banyak mempunyai kelemahan, terutama pada penggabungan informasi.Karena itu, dikembangkan sebuah sistem jaringan komputer yang memungkinkanterciptanya interkoneksi komputer.
1. PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER Jaringan Komputer
adalah sebuah kumpulan komputer dan peralatan lainnya yangterhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atautanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukardata dan informasi, mencetak pada printer yang sama, dan bersama-sama menggunakanhardware/software yang terhubung dengan jaringan.Suatu sistem jaringan komputer agar dapat berfungsi minimal dibutuhkan 3 (tiga)komponen dasar, yaitu :a.
Host
atau
Node
(simpul)Node merupakan sistem komputer utama jaringan, berupa komputer yang dapatdiakses oleh pemakai. Agar komputer dapat terhubung dalam jaringan, maka padaCPU harus terpasang peralatan tambahan berupa Network Interface Card (NIC) atauLAN Card, dan secara umum disebut
Ethernet
.b.
Link
(Saluran)Link merupakan media penghubung antar komputer yang satu dengan yang lain.Media saluran yang biasanya dipakai pada jaringan dalam skala kecil adalah kabel.c.
Software
(Perangkat Lunak / Program)Program komputer merupakan komponen paling penting pada jaringan yangberfungsi mengelola antar node sehingga dapat saling berhubungan.
 
Didiksulaksono.wordpress.com
2
Hubungan dalam jaringan komputer dapat diterapkan pada 2 buah komputer atau lebih.Bentuk struktur jaringan disesuaikan dengan jumlah komputer dan jenis topologi yangdigunakan.
Topologi jaringan
adalah struktur jaringan untuk mengidentifikasi carabagaimana node di dalam jaringan saling berhubungan.Terdapat beberapa jenis topologi jaringan yang digunakan dalam menghubungkan antarkomputer, tetapi yang umumnya dipakai antara lain :
TopologiPoint to Point
 Jaringan dengan topologi point to point biasanya dipakai untuk menghubungkan2 komputer (Gambar 58).Gambar 58. Jaringan dengan Topologi Point to PointContoh penggunaan topologi point to point adalah di dalam rumah yang mempunyai2 komputer, atau antar komputer yang berdekatan.
TopologiStar
Topologi Star merupakan jaringan yang menghubungkan tiap komputer denganmenggunakan alat penghubung terpusat atau Switch Hub (Gambar 59).Gambar 59. Jaringan dengan Topologi Star Jaringan dengan topologi star biasanya dipakai untuk menghubungkan 3 komputeratau lebih yang biasanya digunakan di perkantoran ataupun laboratorium komputersekolah.
2. JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER
Beberapa jenis jaringan komputer antara lain :
A. Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuahgedung, sekolah atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LANdigunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstationuntuk memakai bersama sumberdaya (misalnya printer) dan saling bertukarinformasi.KomputerKomputer
nodenodekabel
KomputerKomputer
nodenode
KomputerKomputer
nodenodekabel
KomputerKomputer
nodenodekabel
Switch Hub
 
Didiksulaksono.wordpress.com
3
B. Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas,seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulanmesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi)pemakai. Misalnya jaringan Perbankan.
C. Jaringan Tanpa Kabel
 Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisadilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang inginmendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada di atasmobil atau pesawat terbang. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakandengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yanglebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya HP.
D. Internet
Sebenarnya terdapat banyak jaringan di dunia yang menggunakan perangkat kerasdan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan seringberharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringanlainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkalitidak kompatibel dan berbeda. Untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesinyang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahanyang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.
3.MEDIA TRANSMISI DATA
Transmisi data merupakan proses pengiriman data dari satu sumber ke penerima data.Beberapa media yang dapat digunakan sebagai
channel
(jalur transmisi) antara lain :
Kabel
Kabel digunakan bila sumber data dan penerima tidak terlalu jauh dan dalam areatidak terlalu luas. Contoh : jaringan komputer di rumah, kantor, sekolah, dll.
Serat Optik
Serat optik terbuat dari serabut-serabut kaca sebesar diameter rambut danmempunyai kecepatan pengiriman data hingga 10 kali lebih besar dari kabel.
Microwave
Microwave merupakan gelombang radio frekuensi tinggi yang dipancarkan daristasiun ke stasiun yang lain dengan sifat tidak boleh terhalang. Biasanya digunakanuntuk jarak yang tidak terlalu jauh (30 – 50 km) dan diperlukan stasiun relay untukmemperkuat signal. Contoh : informasi melalui radio
Satelit
Satelit digunakan untuk transmisi data jarak jauh. Satelit akan menerima signal yangdikirim dari stasiun microwave di bumi dan mengirimkannya kembali ke stasiunbumi lainnya. Satelit berfungsi sebagai stasiun relay di luar angkasa yang dapatmenjangkau 40% permukaan bumi. Untuk menjangkau seluruh permukaan bumidiperlukan 3 satelit. Contoh : informasi melalui televisi

Activity (45)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Even Sayuti liked this
Lea Syah liked this
Ramdani P W liked this
Ramdani P W liked this
Ramdani P W liked this
Ramdani P W liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->