Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Lembaga Intelektual Tanah Papua Kronologi Penangkapan Warga Sipil Papua Barat Pasca Ktt Ilwp

Lembaga Intelektual Tanah Papua Kronologi Penangkapan Warga Sipil Papua Barat Pasca Ktt Ilwp

Ratings: (0)|Views: 1,097|Likes:

More info:

Published by: Papua Intelectualfondation on Sep 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/16/2014

pdf

text

original

 
PERSEKUTUAN GEREJA-GEREJA BAPTIS PAPUA
The Fellowship of Baptist Churches of Papua 
Terdaftar Ulang: Dep. Agama RI No. DJ III/Kep/HK.005/152/4543/2003Anggota: Baptist World Aliance (BWA), Asian Baptist Federation (ABF)Persekutuan Injili Indonesia (PII), Persekutuan Baptis Indonesia (PBI)Jl. Jeruk Nipis Kotaraja, No. 106 PO Box 1212 Jayapura, Papua;Telp.0967-583462,
 ______________________________________________________________________ 
LAPORAN TENTANGSALAH TANGKAP DAN PENYIKSAAN TERHADAP 15 ORANG WARGA SIPILDI BUKIT WAHNO - VURIA KOTARAJA, KOTA JAYAPURAPROVINSI PAPUARABU, 31 AGUSTUS 2011PENANGGUNGJAWAB:
Pdt.Dumma Socratez Sofyan Yoman, MA(Ketua Umum Badan Pelayan Pusat Persekutuan Gereja-Gereja Baptis Papua)Pdt.dr.Benny Giay (Ketua Umum Gereja Kingmi Papua)Pdt.Lipiyus Biniluk, S.Th (Ketua Umum Gereja Injil di Indonesia)Septer Manufandu (Direktur Executive Foker LSM Papua)
TIM INVESTIGASI
Matius Murip (Wakil Ketua Komnas Ham Papua): Ketua TimMoury Kogoya (Sekretaris Umum BPP-PGBP): Sekretaris TimFunny Kogoya (Pemudi Baptis Papua): BendaharaGustaf Kawer (Advocad): AnggotaKaibu Yigibalom (Ketua I BPP-PGBP): AnggotaWillius Kogoya (Uncen Jayapura): AnggotaIche Morip (Pemudi Baptis Papua): AnggotaPares L.Wenda (Staf BPP-PGBP): AnggotaMarthen Goo (Pemuda Katolik): AnggotaDominggus Pigay (Ketua Biro Perdamaian dan Keadilan Kingmi Papua) : AnggotaNatan Tebay (Pemuda Katolik): AnggotaJayapura, September 2011
 
Laporan Tim Investigasi Kasus Salah Tangkap dan Kekerasan Aparat di Kotaraja Jayapura
1
LAPORAN AWALKASUS (TENTANG)SALAH PENANGKAPAN DAN PENYIKSAAN OLEH PASUKAN GABUNGAN TNIKODAM CENDERAWASIH DAN POLDA PAPUA TERHADAP 15 ORANG WARGASIPIL DI BUKIT WAHNO - VURIA KOTARAJA, KOTA JAYAPURAPROVINSI PAPUARABU, 31 AGUSTUS 2011I. PENGANTAR
Laporan ini ditulis berdasarkan hasil investigasi Persekutuan Gereja-GerejaBaptis Papua.Keterangan dan kronologi dalam laporan ini merupakan kesaksian korban dankeluarganya, dalam rangka upaya mengungkap fakta di lapangan.Kekurangan dari laporan ini, dapat dan bisa diperbaiki kemudian.
II. SITUASI PRA-PERISTIWA DI PAPUA
1. Pada bulan Juli Benny Wenda di Oxford, UK mempublikasikan rencana KTT2 Agustus 2011 melalui media
 dan face book:freewestpapua campaign.2. 05 - 07 Juli 2011 Jaringan Damai Papua (JDP) menyelenggarakan
„Konferensi Perdamaian Papua‟ (KPP) di Auditorium UNCEN Jayapura, yang
dihadiri oleh 500 peserta dari seluruh kab./Kota di Provinsi Papua dan PapuaBarat dan jumlah ini belum termasuk Panitia dan pengamat.3. 06 Juli 2011 terjadi dua insiden pada jam yang sama yaitu pelemparan botolyang berisi bensin di depan Gapura Uncen Lama, Abepura, tempat KPPberlangsung, kejadian itu terjadi pada pukul 08.00 pm. Pada jam yang samapembakaran mobil dan pembunuhan sopir yang dilakukan oleh OTK (orangtak dikenal) di Skyline Jayapura. Polisi waktu itu memprediksikan OTK yangmembunuh dan membakar mobil itu berjumlah 7 orang.4. 20 Juli 2011 Gereja Kingmi Papua menyuarakan suara kenabian tentangproyek stigmatisasi Pangdam XVII Cenderawasih Papua Mayjend.TNI ErfiTriassunu.5. 30-31 Juli 2011 terjadi konflik kekerasan di Puncak Papua dalam sengketaCalon Bupati dan Wakil Bupati antara Kubu Elvis Tabuni vs Simon Alom.
 
Laporan Tim Investigasi Kasus Salah Tangkap dan Kekerasan Aparat di Kotaraja Jayapura
2
Pada saat itu 20 orang menjadi korban dan meninggal dunia. Beberapabangunan rusak total.6. 01 Agustus 2011 di Nafri, Distrik Abepura, telah terjadi penyergapan,penembakan dan pembacokan yang menyebabkan empat orang yang tidakbersalah menjadi korban tewas, diantaranya: tiga warga sipil bernamaWisman (30), Titin (32), Sardi (30) dan seorang prajurit TNI Yonif 756/WMSPratu Dominikus Daton Keraf. Dan delapan warga sipil lainnya mengalamiluka-luka (Siti Aminah, Sarmuji, Beno Bonay, Budiono, Jamaludin, AhmadSalun, Mustam, Suyono dan Yulianto). Di tempat peristiwa tersebutditemukan senjata api jenis laras panjang, senjata tajam seperti tombak kayu,anak panah, parang, tulang Kasuari, dan Bendera Bintang Kejora, Linggis,dan tujuh selongsongan senjata api (Harian Cenderawasih Pos, 2 Agustus2011). Dijelaskan, pada hari yang sama, Senin (1/8/11), sekitar pkl. 04.15WIT terjadi dua peristiwa di tempat yang berbeda yaitu: di wilayahAngkasapura, Kota Jayapura, terjadi pembacokan terhadap warga sipilbernama Sugiantoro (37) bersama anaknya dan juga ada upayapembakaran Gedung Universitas Negeri Cenderawasih sekitar pkl. 04.00 WITtapi upaya itu berhasil digagalkan pihak Kepolisian.7. 02 Agustus 2011, bersamaan hari Demonstrasi Rakyat Bangsa Papua yangdiorganisir oleh Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dalam rangkamendukung Konferensi KTT ILWP di Oxford, Inggris, terjadi penikamanterhadap seorang mahasiswa dari Universitas Sains dan Teknologi Jayapura(USTJ). Pada media massa dilaporkan bahwa penikaman itu dilakukan olehmassa KNPB, tetapi akhirnya dibantah oleh Mako Tabuni sebagaiKoordinator Demo. Kemudian tidak jelas karena KNPB ketika mau melihatkorban (seorang mahasiswa yang ditikam), aparat tidak mengijinkan.Demonstrasi damai terjadi di Wamena, Jayapura, Biak, Manokwari, Sorong,Timika, Nabire, Paniai dan Merauke. Kemudian demonstrasi yang samaterjadi di Jakarta, semua itu bertujuan untuk mendukung KTT ILWP diOxford,UK.8. 11 Agustus 2011, mobil yang dikendarai oleh Jhon Yoku dan Ety Suebuditembak oleh Orang Tak Dikenal. Tembakan peluru mengenai bagian depanmobil dan lubang tembakan sebanyak delapan titik di Abe Pantai.
 
9. 12 Agustus 2011 di Kabupaten Tolikara terjadi penembakan yang dilakukanoleh BRIMOB terhadap warga sipil yang bernama Theo Yikwa (23) yangmenyebabkan korban mengalami luka serius di bagian betis kaki bagian kiridan hancur dan tembus ke tulang kering kaki kanan. Peristiwa penembakanini terjadi pada saat masyarakat Tolikara melakukan demonstrasi untukmenuntut supaya Pemerintah secepatnya melaksanakan PemilukadaKabupaten Tolikara.

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Miftah Fauzan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->