Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ruang Lingkup Biologi dan Klasifikasi

Ruang Lingkup Biologi dan Klasifikasi

Ratings: (0)|Views: 302 |Likes:
Published by cecilliacute

More info:

Published by: cecilliacute on Sep 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/21/2013

pdf

text

original

 
BAB 1
Ruang Lingkup Biologi.
Pengertian Biologi : Ilmu yang mempelajari makhluk hidup serta masalah-masalah yangmenyangkut hidupnya.Pentingnya Biologi : Kita dapat mengenali dan memahami diri sendiri maupun makhluk hiduplain, mempelajari tentang tumbuhan, hewan, manusia, dan sistem-sistem yang menjalankanproses kehidupan.Ciri-ciri Biologi sebagai Ilmu Pengetahuan :1.
 
Ilmu Pengetahuan memiliki Objek kajianBiologi mengkaji semua makluk hidup yang ada atau pernah ada di dunia ini.2.
 
Ilmu Pengetahuan Memiliki MetodeBiologi menggunakan metode ilmiah untuk menemukan kebenaran.3.
 
Ilmu Pengetahuan Bersifat SistematisBiologi memiliki keterangan ataupun data yang menyusun sebuah pengetahuan harusmemiliki hubungan ketergantungan dan teratur, contoh : se
l→jaringan→organ→sistemorgan→individu.
 4.
 
Ilmu Pengetahuan Bersifat UniversalHukum-hukum atau kaidah yang ada dalam Biologi berlaku secara umum. Contoh ;Reproduksi secara seksual selalu didahului oleh adanya pertemuan antara ovum dansperma. Hal ini berlaku untuk semua jenis makhluk hidup.5.
 
Ilmu Pengetahuan bersifat Objektif Biologi dinyatakan secara jujur, apa adanya , dan mengandung data yang sebenarnya,tanpa adanya rekayasa/prasangka/kepentingan pribadi.6.
 
Ilmu Pengetahuan bersifat analitisBiologi terbagi kebeberapa bagian yang lebih rinci untuk memahami berbagai sifat,peranan, pada bagian-bagian tsb. Biologi terbagi menjadi banyak cabang ilmu.7.
 
Ilmu pengetahuan bersifat Verifikatif (Dapat dikaji ulang)Kebenaran Ilmu biologi bersifat Kebenaran Ilmiah, artinya sesuatu yg dianggap benarsaat ini bisa saja suatu saat nanti ternyata menjadi keliru setelah ditemukannya bukti-bukti baru.Penelitian untuk menemukan Konsep biologi dapat dilakukan dengan dua metode, yaitu metodeeksperimen dan metode observasi.Penelitian dengan Metode EksperimenLangkah-langkah :
 
Merumuskan masalahMasalah adalah peristiwa atau keadaan yang tidak kita inginkan sehingga kita berusahauntuk mengatasinya. Masalah yang ada, selanjutnya kita buat rumusan sehingga disebut
rumusan masalah.
Rumusan masalah merupakan suatu pernyataan rinci , lengkap, dan jelas mengenai ruang lingkup permasalahan yang akan diteliti. Rumusan masalah yangbaik, harus memenuhi beberapa persyaratan sbb :1.
 
Dinyatakan dalam bentuk kalimat tanya2.
 
Mengisyaratkan peubah (variabel) yang akan diteliti
 
Variabel bebas adalah hal atau faktor yang mempengaruhi
 
Variabel terikat adalah faktor yang dipengaruhi
 
Variabel yang dinyatakan dalam rumusan masalah harus dapat diukur.
 
3.
 
Dinyatakan secara Eksplisit (Gamblang) , Singkat , dan Jelas
 
Membuat Hipotesis (Dugaan sementara)
1.
 
Hipotesis nol (Hº)Hipotesis yang menyatakan tidak ada pengaruh antara satu variabel dan variabel yanglain.
2.
 
Hipotesis Alternatif (H¹)Hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh antara variabel yang satu dan variabelyang lainnya.
 
Mengumpulkan DataData adalah informasi atau keterangan , baik kuantitatif maupun kualitatif, yangmenunjukkan fakta. Data diperoleh melalui pengamatan , pengamatan dapat dilakukanmenggunakan alat indra dan alat ukut. Hasil pengamatan dengan menggunakan alat indramenghasilkan data berupa warna, bau/aroma, rasa, dan tekstur objek. Semua itumerupakan data yang tidak dapat dinyatakan dengan angka (data kualitatif) . Data yangdiperoleh menggunakan alat ukur merupakan data yang dapat dinyatakan dengan angka(data kuantitatif)Data juga dbedakan menjadi data primer dan data sekunder. Data primer adalah datayang diperoleh secara langsung oleh penelitinya. Data sekunder adalah data yangdiperoleh secara tidak langsung dari objeknya.Dalam suatu eksperimen, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diketahui, yaitu :a.
 
Lokasi Penelitianb.
 
Alat dan Bahan yang akan digunakanc.
 
Metode KerjaMetude kerja adalah langkah-langkah/ cara kerja. Meliputi persiapan bahan/alat,pelaksanaan percobaan, cara pengamatan.d.
 
Unit PercobaanTempat dilaksanakan nya suatu perlakuan terhadap objek e.
 
PerlakuanSesuatu yg ingin dilihat pengaruhnyaf.
 
Varibel (peubah)Suatu kondisi yang dikenakan dan dikontrol atau diamati perubahannya padasekelompok objek penelitian. Macam variabel dalam metode ilmiah antara lain ;
 
Variabel bebas ( variabel penyebab ) adalah suatu kondisi yang dikenakan ataudikontrol sehingga menimbulkan efek pada sekelompok objek penelitian.
 
Variabel terikat ( variabel tergayut ) adalah kondisi / fenomena yg muncul sbgrespon objek penelitian terhadap kondisi yang dikenakan atau dikontrol peneliti.Variabel ini jg disebut variabel akibat/respon.
 
Variabel antara ( variabel kendali ) adalah variabel lain yg ikut berpengaruhterhadap hasil penelitian, tetapi dianggap tidak memiliki pengaruh utama.g.
 
UlanganBanyaknya objek atau ulangan yang harus diambil untuk sebuah peneitian sangatbergantung pada sifat populasi dan tingkat akurasi yang diinginkan.h.
 
PengamatanKegiatan untuk mengumpulkan data yang digunakan untuk menguji hipotesis.
 
Mengolah DataData adalah nilai-nilai hasil pengamatan atau pengukuran. Data yg belum diolah adalahdata mentah. Data yang akan diolah harus disusun sesuai bagian-bagian nya, agar lebihmudah dibaca. Setelah itu, data itu harus diolah agar dapat ditafsirkan atau diartikandalam mengambil kesimpulan.
 
Membuat simpulanPeneliti harus memerhatikan hipotesis dan data-data yang sudah diperoleh dari hasilpenelitian. Kemudian pengujian terhadap hipotesis , dan menarik kesimpulan denganbenar.
 
 
Membuat Laporan PenelitianLaporan penelitan merupakan karya tulis ilmiah sehingga harus ditulis dengan aturantertentu serta menggunakan bahasa dan kosakata ilmiah yang baku. Lporan penelitianberisi al-hal sbb :
 
Pendahuluan-latar belakang, tujuan, manfaat penelitian
 
Tinjauan Pustaka-dasar teori yg dapat digunakan sbg landasan penelitian
 
Hipotesis ( Jika ada )
 
Metode penelitian-tempat, waktu, alat/bahan,desain penelitian/cara kerja.
 
Hasil dan Pembahasan
 
Simpulan dan Saran
 
Daftar pustaka
 
Lampiran-data mentah, analisis data, data pendukung, data kuesioner, dan peta lokasi.Penelitan dengan Metode Observasi.
 
Metode Observasi dengan variabel Bebas (baca hal 14)
 
Metode Observasi tanpa Variabel Bebas (tidak ada pengaruh terhadap objek yg diamati)Sikap Ilmiah dalam Kerja Ilmiah
 
Rasa ingin tahu
 
Kerja keras
 
Ketekunan
 
Kejujuran
 
Tidak mudah putus asa
 
Teliti
 
Disiplin
 
Mau bekerja sama (cooperative)
 
TerbukaPenemuan Spektakuler dalam Biologi
o
 
Penemuan struktur DNA (
James Watson dan Francis Crick
)
o
 
Teknik Rekayasa Genetik 
o
 
Human Genome ProjectProyek pengurutan basa nitrogen penyusun genom manusia. Genom adalah seluruh genyang ada pada kromosom. Dapat ditemukan peta gen manusia. Manfaat nya, dapatmengetahui letak-letak gen yang menyebabkan penyakit keturunan, sehingga dapat dicaricara pencegahannya.
o
 
KloningObjek dan Tingkat Organisasi dalam Biologi1)
 
Tingkat MolekulMeliputi kajian mengenai berbagai jenis biomolekul yang menyusun tubuh makhluk hidup, diantaranya adalah protein, karbohidrat, lemak, asam mukleat, dan vit. D. Manfaat: manusia lebih mudah mengkaji lebih dalam mengenai kehidupan ini. , telah banyak menguak misteri penyakit dan dapat mencegah serta mengobati berbagai maca penyakittsb.2)
 
Tingkat SelSel ditemukan oleh
Robert Hooke ,
Meliputi kajian mengenai morfologi, jenis-jenis sel,macam organela penyusun sel, fungsi organela tsb, fungsi sel, metabolisme , transportasizat, cara sel bereproduksi (membelah diri)3)
 
Tingkat JaringanMeliputi kajian mengenai berbagai macam jaringan, fungsi, komponen2 penyusunnya,pembentukan dan perkembangan, kultur jaringan, kelainan pada jaringan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->