Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
4Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
akreditasi rumah sakit

akreditasi rumah sakit

Ratings: (0)|Views: 381|Likes:
Published by zr_dae

More info:

Published by: zr_dae on Sep 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/26/2012

pdf

text

original

 
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 44 TAHUN 2009 TENTANGRUMAH SAKIT DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : a. bahwa pelayanan kesehatan merupakan hak setiaporang yang dijamin dalam Undang-Undang DasarNegara Republik Indonesia Tahun 1945 yang harusdiwujudkan dengan upaya peningkatan derajatkesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya;b. bahwa Rumah Sakit adalah institusi pelayanankesehatan bagi masyarakat dengan karateristiktersendiri yang dipengaruhi oleh perkembanganilmu pengetahuan kesehatan, kemajuan teknologi,dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat yangharus tetap mampu meningkatkan pelayanan yanglebih bermutu dan terjangkau oleh masyarakat agarterwujud derajat kesehatan yang setinggi-tingginya;c.bahwa dalam rangka peningkatan mutu dan jangkauan pelayanan Rumah Sakit sertapengaturan hak dan kewajiban masyarakat dalammemperoleh pelayanan kesehatan, perlu mengaturRumah Sakit dengan Undang-Undang;d. bahwa pengaturan mengenai rumah sakit belumcukup memadai untuk dijadikan landasan hukumdalam penyelenggaraan rumah sakit sebagaiinstitusi pelayanan kesehatan bagi masyarakat;e. bahwa . . .
 
 
- 2 -e. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimanadimaksud dalam huruf a, huruf b, huruf c, danhuruf d serta untuk memberikan kepastian hukumbagi masyarakat dan Rumah Sakit, perlumembentuk Undang-Undang tentang Rumah Sakit;Mengingat : Pasal 5 ayat (1), Pasal 20, Pasal 28H ayat (1), dan Pasal34 ayat (3) Undang-Undang Dasar Negara RepublikIndonesia Tahun 1945;Dengan Persetujuan BersamaDEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIAdanPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,MEMUTUSKAN:Menetapkan : UNDANG-UNDANG TENTANG RUMAH SAKIT.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:1.
 
Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatanperorangan secara paripurna yang menyediakanpelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawatdarurat.2.
 
Gawat Darurat adalah keadaan klinis pasien yangmembutuhkan tindakan medis segera gunapenyelamatan nyawa dan pencegahan kecacatanlebih lanjut. 3. Pelayanan . . .
 
 
- 3 -3.
 
Pelayanan Kesehatan Paripurna adalah pelayanankesehatan yang meliputi promotif, preventif, kuratif,dan rehabilitatif.4.
 
Pasien adalah setiap orang yang melakukankonsultasi masalah kesehatannya untukmemperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan,baik secara langsung maupun tidak langsung diRumah Sakit.5.
 
Pemerintah Pusat yang selanjutnya disebutPemerintah, adalah Presiden Republik Indonesia yang memegang kekuasaan pemerintahan RepublikIndonesia sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945.6.
 
Pemerintah Daerah adalah Gubernur, Bupati, atauWalikota dan perangkat daerah sebagai unsurpenyelenggara pemerintahan daerah.7.
 
Menteri adalah menteri yang menyelenggarakanurusan pemerintahan di bidang kesehatan.BAB IIASAS DAN TUJUANPasal 2Rumah Sakit diselenggarakan berasaskan Pancasila dandidasarkan kepada nilai kemanusiaan, etika danprofesionalitas, manfaat, keadilan, persamaan hak dananti diskriminasi, pemerataan, perlindungan dankeselamatan pasien, serta mempunyai fungsi sosial.Pasal 3 . . .

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->