P. 1
Sistem pencernaan

Sistem pencernaan

Ratings: (0)|Views: 1,848 |Likes:
Kalo udah copas, bilang apa anak''???? Makasih ^_^
Kalo udah copas, bilang apa anak''???? Makasih ^_^

More info:

Published by: Sonna Cahyadi Nugraha on Sep 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/14/2013

pdf

text

original

 
1
SISTEM PENCERNAAN MANUSIASistem pencernaan
digestive system
) adalah sistemorgandalamhewanmultisel yang menerimamakanan,mencernanya menjadienergidan nutrien, serta mengeluarkan sisa proses tersebut melalui dubur. Sistem pencernaan antara satuhewan dengan yang lainnya bisa sangat jauh berbeda.Pada dasarnya sistem pencernaan makanan dalam tubuh manusia terjadi disepanjangsaluran pencernaan(bahasa Inggris: 
 gastrointestinal tract 
) dan dibagimenjadi 3 bagian, yaitu proses penghancuran makanan yang terjadi dalam mulut hinggalambung.Selanjutnya adalah proses penyerapan sari - sari makanan yang terjadi didalam usus. Kemudian proses pengeluaran sisa - sisa makanan melalui anus.
Diagram sistem pencernaan
 
2
Kelenjar liur
Kelenjar liur 
 
Kelenjar liur: #1 adalah Kelenjar Parotis, #2adalah Kelenjar Submandibula, #3 adalahKelenjar Sublingua
 glandulae salivariae
 
 
3
Kelenjar liur
atau
kelenjar ludah
pada mamalia adalah kelenjar eksokrin, yaitukelenjar yang mempunyai saluran sendiri, yang memproduksi air liur. Kelenjar ini jugamenyekresi amilase, enzim yang memecah karbohidrat menjadi maltosa. Padaorganisme lain seperti serangga, kelenjar ini sering digunakan untuk memproduksiprotein yang penting secara biologis, seperti sutra atau lem. Kelenjar liur lalat mengandung kromosom politenol yang berguna dalam riset genetik.Kelenjar ini pada manusia terdapat di bawahlidah.Produksiairludah dapat terganggu apabila terjadidehidrasi,panas dalam,atau disebabkan oleh suatupenyakit. 
 AnatomiKelenjar Parotis
Kelenjar parotis adalah kelenjar-liur yang terbesar. Ia dikelilingi oleh ramus mandibuladan menyekresikan air liur melalui Duktus Stensen menuju kavum oral untukmembantu mengunyah dan menelan.
Kelenjar Submandibula
Kelenjar Submandibula adalah sepasang kelenjar yang terletak di rahang bawah, di atasotot digatrik. Produksi sekresinya adalah campuran serous dan mukous dan masuk kemulut melalui duktus Wharton. Walaupun lebih kecil daripada kelenjar parotis, sekitar70% saliva di kavum oral diproduksi oleh kelenjar ini.
Kelenjar Sublingua
Kelenjar Sublingua adalah sepasang kelenjar yang terletak di bawah lidah di dekat kelenjar submandibula. Sekitar 5% air liur yang masuk ke kavum oral keluar darikelenjar ini.
Kelenjar Liur Minor
Terdapat lebih dari 600 kelenjar liur minor yang terletak di kacum oral di dalam laminapropria mukosa oral. Diameternya 1-2mm. Kelenjar ini biasanya merupakan sejumlahasinus yang terhubung dalam lobulus kecil. Kelenjar liur minor mungkin mempunyaisaluran ekskresi bersama dengan kelenjar minor yang lain, atau mungkin jugamempunyai saluran sendiri. Secara alami, sekresi utamanya adalah mukous (kecualiKelenjar Von Ebner) dan mempunyai banyak fungsi, seperti membasahi kavum oraldengan saliva. Masalah gigi biasanya berhubungan dengan kelenjar liur minor.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->