Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
6Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PENGUKURAN

PENGUKURAN

Ratings: (0)|Views: 1,353|Likes:
Published by RolandPnjsorkes

More info:

Published by: RolandPnjsorkes on Sep 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/08/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang
Tes dan pengukuran terhadap olahragawan merupakan tugas yangrumit karena banyak hal yang harus di perhatikan agar data yang diperoleh benar-benar valid. Hal ini butuh keahlian dan ketelitian dalam meneliti.Kondisi fisik dan psikologis olahragawan juga harus diperhatikan karena halitu juga bisa mempengaruhi hasil penelitian.Dalam olahraga kelentukan adalah suatu hal yang penting, semakinseseorang memiliki tingkat kelentukan yang tinggi maka akan cenderung bisameminimalisir cedera. Tinggi rendahnya kelentukan olahragawan tidak ditentukan oleh postur tubuhnya melainkan karena seringnya berlatih. Dalammakalah ini, penulis memusatkan pada model tes dan pengukuran kelentukanolahragawan. Tes dan pengukuran ini memberikan pengetahuan kita akan pentingnya mengetahui seberapa tinggi tingkat kelentukan yang ada pada dirikita, sehingga diharapkan untuk meningkatkan tingkat kelentuntukan agar terhidar atau minimal mengurangi tingkat cedera.
B.Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, maka penulis merumuskanmasalah yaitu:1.Apa arti dari tes dan pengukuran?2.Apa arti dari kelentukan?
3.
Bagaimana cara mengetes dan mengukur kelentukan?4.Apasaja macam tes pengukuran kelentukan?
C.Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penulisan makalah iniadalah:1.Untuk mengetahui pengertian dari tes dan pengukuran.
 
2.Untuk mengetahui pengertian dari kelentukan.3.Untuk mengetahui bagaimana cara mengetes dan mengukur kelentukan.
D.Manfaat Penulisan
1.Membantu olahragawan untuk meningkatkan kelentukan tubuhnya.2.Membantu kesempatan penuh bagi masyarakat untuk belajar mengetesdan mengukur kelentukan.3.Membantu mahasiswa menjadi manusia berintelektual.4.Sebagai wacana masyarakat sebagai sumber yang ingin diketahui.
 
BAB IIPEMBAHASANA.Konsep Tes dan Pengukuran1.Pengertian
Definisi tes adalah sebuah instrumen atau alat yang digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai individu atau objek. Alat tersebut bisa berbentuk sejumlah pertanyaan yang tertulis di atas kertas seperti; UTS,UAS, ujian masuk perguruan tinggi, dan lain sebagainya. Atau juga bisa berbentuk performance tes seperti tes lari 2,4 km, tes keterampilan masuk FIK, dan lain sebagainya.Sasaran tes tidak hanya orang atau individu sebagaimana dikemukakandiatas, melainkan juga objek atau suatu benda. Misalnya, untuk memastikanapakah jenis makanan tahu mengandung formalin atau tidak, maka harusdites laboatorium. Demikian juga untuk memastikan apakah kandungankaporit atau belerang yang ada dalam kolam renang melebihi ambang batasatau tidak, maka harus dites laboratorium. Meskipun demikian perlu dicatatdi sini bahwa dalam konteks olahraga, sasaran tes lebih banyak berupaindividu.Pengukuran dapat diartikan sebagai proses mengumpulkan informasi.Jadi, ketika kita telah memiliki tes dan tes tersebut digunakan untumengetes, maka hakekatnya kita melakukan pengukuran. Dari prosestersebut kita akan mendapatkan informasi berupa angka atau bukan angka.Pengukuran juga dapat diartikan sebagai pemberian angka kepada benda ataukejadian berdasarkan aturan tertentu. Misalnya, kita akan mengukur tinggi badan seseorang maka yang dilakukan adalah menempatkan angka-angka(meteran) pada badan seseorang tersebut. Ketika kita mengukur kecepatan

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
mardisupriyansah liked this
Aji Malik liked this
Mariani Priscila liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->