Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
14Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tes Dan Pengukuran 1

Tes Dan Pengukuran 1

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 1,013 |Likes:
Published by RolandPnjsorkes

More info:

Published by: RolandPnjsorkes on Sep 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/07/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.Latar BelakangDalam pendidikan jasmani evaluasi kemajuan hasil belajar dilaksanakandengan mempergunakan berbagai jenis tes, baik tes kesegaran jasmanimaupun tes-tes keterampilan olahraga. Evaluasi yang dilakukan tersebut berbeda dari mata pelajaran lainnya, yang sebaian besar hanya mengukur ranah pengetahuan (kognitif) saja. Sedangkan evaluasi dalam pendidikan jasmani, disamping ranah kognitif dan ranah afektif, maka ranah psikomotor merupakan sasaran utamanya. Demikian halnya dalam bidang olahraga,apalagi pada berbagai cabang olahraga yang ditingkat kompetisinya tinggi, pengukuran dan evaluasi keterampilan menjadi bagian yang begitu pentingkarena dengan dilakukannya pengukuran tersebut akan diperoleh informasiyang selanjutnya dapat dipergunakan untuk berbagai tujuan, seperti : untuk menyeleksi, menentukan status, klasifikasi, menetukan bahan atau programlatihan, menentukan metode dan alat yang diperlukan untuk latihan,disamping untuk memotivasi serta menetukan alat evaluasi (test) yang tepat.Karena besarnya peranan tes keterampilan olahraga dalam usahamemperbaiki proses pembelajaran ataupun latihan maka dipandang pentinguntuk membahasnya sekarang.
 
B.Rumusan MasalahBerdasarkan latar belakang diatas, dapat kami rumuskan masalah yangakan kami bahas dalam makalah ini adalah :
Sejarah tes dan pengukuran dalam penjas dan olahraga
Pengertian tes dan pengukuran
Kriteria pemilihan tes
Tes dan pengukuran senam iramaC.Tujuan PenulisanBerdasarkan rumusan masalah diatas, tujuan penulisan makalah kami iniadalah :
Sebagai bahan evaluasi keberhasilan pembelajaran pendidikan jasmaniolahraga dan kesehatan khususnya materi senam irama
Sebagai bahan acuan pembelajaran bagi mahasiswa pendidikan jasmaniterhadap mata kuliah test and measurement ( tes dan pengukuran )khususnya materi senam irama.D.Batasan MasalahDalam penyusunan makalah ini kami membahas tes dan pengukuran pendidikan jasmani materi senam irama.
 
BAB IIISI PEMBAHASANA.Sejarah Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan Jasmani dan OlahragaDalam sejarah pengukuran pendidikan jasmani dan olahraga, perkembangannya hampir sepenuhnya mengikuti perkembangan pengukurandalam pendidikan. Perkembangan pendidikan jasmani mengikuti tahapan penting dari pendidikan secara keseluruhan.Kajian pustaka yang berhubungan dengan tesdan pengukuran dalam pendidikan jasmani mengungkapkan bahwa sumbangan-sumbangan berhargadiberikan oleh tokoh-tokoh baik secara perorangan maupun kelompok.Bermacam-macam bentuk instrument telah dikembangkan dan dipergunakan,mulai dari meteran kayu sampai elektronik dalam bidang fisiologis.B.Pengertian Tes dan Pengukuran1.TesTes adalah alat ukur yang dapat digunakan untuk memperoleh datayang objektif tentang hasil belajar siswa.Tes merupakan alat ukur.
Suharsimi
(1995 : 51), menjelaskan tes adalahsesuatu alat atau prosedir yang di gunakan untuk mengetahui ataumengukur suatu dalam suasana dengan cara dan aturan-aturan yang sudahditentukan.

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Farah Putri liked this
Aji Malik liked this
Bhaiiuu Billy liked this
Kaswar Azwar liked this
Rizal Husairi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->