Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
modul-pkn-x-1-hakekat-bangsa-dan-negara By ibnu soim

modul-pkn-x-1-hakekat-bangsa-dan-negara By ibnu soim

Ratings: (0)|Views: 468 |Likes:
Published by Ibnu So'im

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Ibnu So'im on Sep 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/20/2011

pdf

text

original

 
1
HADI ABDUL AZIZ KAMMIS, SHMODUL KEWARGANEGARAAN X - IHAKEKAT BANGSA DAN NEGARAMAN KALABAHI 2008
KATA PENGANTAR
Modul 1 ini merupakan salah satu modul yang harus dipelajari olehsiswa kelas X pada semester satu. Untuk mempermudah siswa dalammenguasai modul ini, maka modul ini dibagi dalam 3 bagian terpisah, selainitu para siswa diharuskan mengkaji dan membaca dengan baik setiappetunjuk modul serta mengerjakan evaluasi-evaluasi yang terdapat padamasing masing bagian dengan sungguh-sungguh.Modul ini disusun sebagai upaya agar siswa dapat memahami hakekatakan bangsa dan negara, sistem hukum dan peradilan nasional sertamemahami tentang perilaku-perilaku yang sesuai dengan HAM. Dengankemampuan yang dimilikinya, siswa diharapkan akan mampumengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupanpribadi, keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara. Modul ini disusunberdasarkan tuntutan kurikulum 2006 yang lebih menitikberatkan padakepekaan terhadap fenomena sosial disekitar siswa serta kemandirian siswadalam belajar.Demikian, semoga modul ini benar-benar dapat memberikan motivasibelajar bagi siswa dan mempersiapkan siswa menjadi warga negara yangcerdas, mandiri, kreatif, inovatif, yang memiliki ketanggapan dan kepekaanterhadap perkembangan budaya politik nasional, menjadi warga negara yangmemiliki kemampuan menghargai persamaan kedudukan warga negaradalam berbagai aspek kehidupan sesuai dengan yang diharapkan.
 
2
HADI ABDUL AZIZ KAMMIS, SHMODUL KEWARGANEGARAAN X - IHAKEKAT BANGSA DAN NEGARAMAN KALABAHI 2008
BAGIAN PERTAMAHAKEKAT BANGSA DANNEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA (NKRI)BAB IPENDAHULUANA. Deskripsi
1. Judul dan Ruang Lingkup Modul 
Pada bagian pertama modul 1 membahas tentang Hakekat BangsaDan Negara Kesatuan RI. Ruang lingkup dan isi pembahasannyaterbagi dalam empat kegiatan belajar, yaitu :1) Kegiatan belajar 1 membahas tentang Hakekat Bangsa danunsur-unsur terbentuknya negara2) Kegiatan belajar 2 membahas tentang Hakekat dan Bentuk-bentuk kenegaraan3) Kegiatan belajar 3 membahas tentang Pengertian, Fungsi danTujuan NKRI4) Kegiatan belajar 4 membahas tentang Semangat Nasionalismedan Patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa,dan bernegara.
2. Hasil yang akan dicapai 
Setelah menguasai modul ini, siswa diharapkan dapat memahamihakekat sebenarnya dari bangsa dan Negara Kesatuan RepublikIndonesia.
B. Petunjuk Penggunaan Modul
Perhatikan petunjuk penggunaan modul di bawah ini :
1. Petunjuk bagi siswa 
a. Pelajari modul ini dengan teliti dan sistematis, mulai dari awalsampai akhir pembahasan, sehingga setiap siswa memperolehpengetahuan dan pemahaman secara lengkap dan benar tentang hakekat bangsa dan NKRIb. Lengkapi dengan sumber-sumber lain yang mendukungc. Setelah menguasai modul ini, maka buatlah :1) Resume tentang hakekat bangsa dan Negara sertapengertian fungsi dan tujuan NKRI2) mendeskripsikan semangat nasionalisme dan patriotismedalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
 
3
HADI ABDUL AZIZ KAMMIS, SHMODUL KEWARGANEGARAAN X - IHAKEKAT BANGSA DAN NEGARAMAN KALABAHI 2008
d. Prosedur sertifikasi : siswa dianggap telah memahami modul inidengan indikator sebagai berikut :1) 90% soal-soal test dapat dijawab dengan benar 2) Dapat mengerjakan soal-soal test dan non test yang adapada modul ini3) Mampu mengaplikasikan semangat nasionalisme danpatriotisme dalam kehidupan sehari-hari.
2. Petunjuk bagi guru 
a. Mengontrol, membantu, dan mengarahkan siswa untukmerencanakan persiapan dalam mempelajari modul tentanghakekat bangsa dan NKRIb. Memeriksa test tertulis dan non test yang diberikan kepadasiswa. Menjawab pertanyaan siswa tentang hal-hal yang belumdipahami pada materi tersebut.c. Mencatat pencapian kemajuan belajar dan memberikanpenilaian kepada siswa yang telah mengerjakan soal-soal testmaupun non test.d. Menjelaskan kembali kepada siswa tentang beberapa hal yangmasih perlu diperbaiki dan memberitahukan untuk rencanapembelajaran selanjutnya.
C. Tujuan Akhir
1. Kinerja yang diharapkan 
a. Siswa dapat mendeskripsikan hakekat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negarab. Siswa dapat mendeskripsikan hakekat negara dan bentuk-betukkenegaraanc. Siswa dapat menunjukan semangat nasionalisme danpatriotisme dalam kehidpan bermasyarakat, berbangsa, danbernegara.
2. Kriteria keberhasilan 
a. Pengetahuan (Kognitif)(1) Pengertian pengertian bangsa dan negara(2) Unsur-unsur terbentuknya bangsa dan bentuk - bentukkenegaraan(3) Pengertian, fungsi dan tujuan NKRI(4) Makna nasionalisme dan patriotismeb. Sikap (Afektif)Memahami perilaku yang sesuai dengan semangatnasionalisme dan patriotisme

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->