Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
5Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
12KodeetikPustakawan

12KodeetikPustakawan

Ratings: (0)|Views: 2,185|Likes:
Published by api-3706297

More info:

Published by: api-3706297 on Oct 14, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/18/2014

pdf

text

original

 
1 
 
1
I.Etika dan Profesi Pustakawan
A. Pengertian
Etika dan etiket nampaknya sama, namun sebenarnya terdapat perbedaanyang nyata
. Etiket
berasal dari kata “etiquette” (bahasa Perancis) yang berartilabel atau tanda pengenal seperti pada etiket buku atau label pada barang.Kemudian pengertian ini berkembang menjadi semacam persetujuan bersamauntuk menilai sopan tidaknya seseorang dalam (satu jenis) pergaulan.Dengan pengertian ini maka dalam pergaulan hidup dapat diketahuibahwa:1.
 
Etiket itu merupakan sikap yang terkandung nilai sopan santun dalampergaulan;2.
 
Etiket itu semacam pakaian terbatas yang hanya dipakai pada keadaan dansituasi tertentu.Oleh karena itu, etiket banyak jenisnya seperti etiket bertamu, etiketmenerima tamu, etiket menelpon, dan lainnya. Disamping itu mengingat etiket itumengandung sopan santun dan sebagai salah satu ajaran, maka etiket menjadibagian dari ajaran etika terutama etika sosial.
Etika
merupakan cabang filsafat yang membicarakan nilai dan norma moralyang menentukan perilaku manusia dalam hidupnya. Nilai adalah standar/ukuranyang telah disepakati masyarakat tertentu tentang suatu perilaku.
Norma
 memberikan pedoman bagaimana seharusnya seseorang bertindak secara baik dantepat sekaligus menjadi dasar penilaian baik buruknya suatu tindakan apakah
 
2sesuai etika yang berlaku atau tidak. Dalam perkembangannnya, norma dapatdibagi menjadi
norma khusus
dan
norma umum
.
Norma khusus
adalah aturan yang berlaku dalam bidang maupun aktivitastertentu misalnya aturan bermain, aturan kunjungan pada pasien di rumah sakit,aturan mengikuti kuliah, dan lainnya.
Norma umum
lebih bersifat umum danuniversal yang dapat dibagi menjadi; norma sopan santun/etiket, norma hukum,dan norma moral.
1.
 
Norma sopan santun,
yakni norma yang mengatur pola perilaku dan sikaplahiriah seperti makan, minum, tata cara bertamu, menerima tamu, memberisambutan, dan lainnya.
2.
 
Norma hukum,
yakni norma yang dituntut masyarakat secara tegas demikeselamatan, ketenteraman, dan kesejahteraan masyarakat. Norma hukumini ada yang tertulis seperti yang tertulis pada KUHP, tetapi ada juga yangtidak tertulis seperti hukum sosial dalam masyarakat. Dalam hal ini apabilaseseorang tidak mengikuti aturan-aturan yang berlaku dalam masyarakat,maka masyarakatlah yang akan memberikan sanksi maupun hukuman.Pelanggaran norma hukum dalam masyarakat itu antara lain tidak pernahta’ziyah, tidak pernah kerja bakti, tidak pernah datang apabila diundangkenduri, dan lainnya.
3.
 
Norma moral,
yakni aturan yang berkaitan dengan sikap dan perilakumanusia sebagai manusia biasa tidak ada hubungannya dengan jabatan dankarir. Dalam hal ini dapat ditentukan baik buruknya seseorang dalamkapasitasnya sebagai manusia.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->