Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
161Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perubahan Sosial

Perubahan Sosial

Ratings:

4.7

(10)
|Views: 41,409 |Likes:
Published by api-3706297

More info:

Published by: api-3706297 on Oct 14, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/18/2014

pdf

text

original

 
Dampak Perpustakaan
Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat
Oleh : Sri Wahyu Hastarini (Badan Perpustakaan Jatim)Email :bacapustaka@yahoo.com
 Pendahuluan
Ketika kita berbicara tentang informasi, aktualisasi yang kita tangkap dapatberbentuk lisan dan tulisan. Kemudian kita cermati lagi secara seksama bahwa,masyarakat Indonesia masih menyukai budaya lisan, maka informasi penting yangseharusnya dapat dibakukan dalam bentuk catatan, aturan dan sejenisnya masih jauhdari harapan.Padahal, jika kita dapat me-’manage’ informasi dengan baik, salah satunya dapatberfungsi sebagai acuan pengontrol tingkat perkembangan suatu dimensi ilmu danteknologi, yang telah dicapai untuk kehidupan sehari-hari disamping memudahkanuntuk melakukan tindakan yang berkelanjutan sesuai bidang yang diembannya.Maka dukungan semua pihak yang di dalamnya ada unsur-unsur kelompok institusi (perpustakaan), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan tak ketinggalankelompok penerbit dapat memberikan ’presure’ kepada individu-individu yangberkompeten di bidangnya, agar mampu menerjemahkan budaya lisan ke dalam budayatulis. Misalnya, untuk institusi (perpustakaan) atau LSM dapat memulai menghimpunpermasalahan/kejadian pada tugas masing-masing dengan menempatkan dalam suatudatabase, sehingga dengan demikian memudahkan dalam penyelesaian kasus-kasus ataupertanyaan yang kondisinya sama, selain dapat mengetahui kronologi suatukejadian/kasus yang selalu berulang, kemudian membukukan kegiatan rutinitas tersebut,dimana pada akhirnya dapat dimanfaatkan secara bersama.Adapun untuk media penerbitan, seperti surat kabar, majalah ilmiah/populer/bukudapat mempublikasikan artikel dan hasil penulisan yang banyak bersifat aplikatif selainada yang bersifat hiburan.Kita dapat menjadikan buku yang mengandung makna penulisan, yang berisiinformasi penting dan bermanfaat sebagai salah satu media dalam hal ’sharing’informasi yaitu melaui pembelajaran mandiri, maksudnya adalah melakukan kegiatanmembaca dan menulis merupakan bagian respon atas isi dari suatu tulisan pada bukuyang memuat hasil penulisan, utamanya yang berkait langsung dan memiliki makna
 Mimbar Pustaka Jatim No 01/Th./januari-Maret 2007[ p.16-17]
1
 
tambah untuk kehidupan sehari-hari yang berkonotasi positif. Selain pada prosesbaca/tulis seseorang dapat menjadikan buku sebagai kompetisi terhadap kompetitoryang berkecimpung di bidangnya.Perubahan SosialPengertian perubahan sosial, menurut ”Gillin and Gillin” adalah suatu variasi dancara-cara hidup yang telah diterima baik karena perubahan-perubahan kondisi geografis,kebudayaan, komposisi penduduk, ideologi maupun karena adanya difusi (penemuan-penemuan baru dalam masyarakat).Menurut ”Rogers”, perubahan sosial melewati beberapa tahap, diantaranya :1.
 
Invensi, yaitu suatu situasi atau kondisi seseorang untuk bisa menciptakan ide.Ide tersebut bisa datang dari bahan pustaka, penelitian orang lain atau tulisan oranglain.2.
 
Adopsi, yaitu suatu proses yang menunjukkan bahwa informasi tersebut bisa diterimaoleh individu maupun masyarakat.3.
 
Konsekuensi, yaitu keadaan individu atau masyarakat untuk bisa menerima ataumenolak terhadap perubahan tersebut.Proses perubahan masyarakat (social change) terjadi karena manusia adalahmakhluk yang berfikir dan bekerja. Selain itu manusia juga selalu berusaha untuk memperbaiki nasibnya dan sekurang-kurangnya berusaha untuk mempertahankanhidupnya.Dalam keadaan demikian, terjadilah sebab-sebab perubahan (menurut ”Robert L.Sutherland, dkk.) yaitu :1.
 
Inovasi (penemuan baru/perubahan)2.
 
Invensi (penemuan baru)3.
 
Adaptasi (penyesuaian secara sosial dan budaya)4.
 
Adopsi (penggunaan dari penemuan baru/teknologi)Telah dinyatakan, bahwa perubahan masyarakat dalam abad ini terutamadisebabkan oleh kemajuan teknologi yang tidak lain merupakan hasil kemajuan ilmupengetahuan (mental) manusia itu sendiri.
 Mimbar Pustaka Jatim No 01/Th./januari-Maret 2007[ p.16-17]
2
 
Jadi, sekarang manusia harus mengikuti perubahan teknologi dengan akibatperadaban masyarakatnya tanpa mengarahkannya pada kemunduran (regress) tetapimenjadikannya suatu kemajuan (progress) untuk manusia.Selanjutnya, tidak semua penemuan baru/modernisasi mengalami penyebaran(diffusion) dan penggunaan (adoption), sehingga karenanya kemajuan teknologikadang-kadang juga tidak mengakibatkan perubahan masyarakat.Salah satu dasar agar perubahan masyarakat dan kemajuan teknologi dapatdipergunakan untuk kemajuan sosial adalah, bahwa penggunaan penemuan barudiadakan dalam masyarakat yang sudah disiapkan untuk mengadakan kemajuanmasyarakat yang diinginkan.
Perpustakaan Sebagai Agen Perubahan Sosial
Penerapan program masyarakat dari budaya lisan ke dalam budaya baca/tulismengharuskan terjadinya perubahan terlebih dahulu. Program-program yang diterapkandi dalam proses pembangunan (yang merupakan perubahan sosial yang direncanakan)kadang-kadang tidaklah sesuai dengan tradisi yang ada. Semua itu diperlukanserangkaian kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk melembagakan program tersebut.Untuk dapat melaksanakan perubahan tersebut, diperlukan pihak-pihak yang mampuberfungsi sebagai inspirator.Inspirator tersebut harus mempunyai kemampuan untuk menyelaraskan tradisidengan modernisasi (perubahan ke arah yang lebih baik). Di dalam penyelarasantersebut senantiasa akan timbul tahapan purna tradisional dan tahap pra modern, yangbiasanya menimbulkan masalah-masalah yang sulit untuk diatasi, karena berada didalam suatu masa transisi.Perpustakaan sebagai suatu institusi/lembaga yang mempunyai kemampuanuntuk melaksanakan perubahan tersebut dapat menghimpun pemikiran-pemikiranmanusia ke dalam suatu bentuk penulisan yang bertujuan untuk proses belajar tanpabatas seluruh anggota masyarakat. Menurut ”Ranganathan” bahwa perpustakaanadalah organisme yang tumbuh. Tempat tumbuhnya suatu perpustakaan adalah dalammasyarakat dan kebudayaan.Kebudayaan berisi 2 (dua) dimensi yaitu :
 Mimbar Pustaka Jatim No 01/Th./januari-Maret 2007[ p.16-17]
3

Activity (161)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Sulchan M. Noer liked this
Abil Alif liked this
Putri Amalia Shabrina added this note
hoi
Raihan Abhari liked this
Laela Doank added this note
YYYYYYYYYYYJHYTHU
Chek Pik liked this
Edy Kurniawan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->