Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
17Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kewarganegaraan Kasus

Kewarganegaraan Kasus

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 5,058 |Likes:
Published by api-27229704
Tugas Kewarga negaraan
Tugas Kewarga negaraan

More info:

Published by: api-27229704 on Oct 14, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/18/2014

pdf

text

original

 
KASUS
Kekeacauan Stok Beras Indonesia
LATAR BELAKANG
Indonesia merupakan negara agraria yang seharusnya mandiri dalam masalah pangan khususnya beras. Beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. DahuluIndonesia merupakan produsen beras yang mampu mengekspor beras ke luar negeri. Untuk menjaga agar harga beras dapat stabil maka Indonesia memiliki sebuah lembaga yangmengatur persedian dan perputaran beras di Indonesia. Lembaga tersebut adalah BULOG.BULOG mengawasi persedian beras di Indonesia dan melakukan operasi pasar biladiperlukan.Saat ini harga beras terus beranjak naik. Walaupun telah dilakukan operasi pasar di beberapa daerah namun masih tidak dapat mengendalikan harga beras di pasaran.Persediaan beras yang dianggap aman oleh pemerintah tetap tidak mampu menahankenaikan harga beras. Pernyataan pemerintah mengenai keadaan stok beras tidak mampudibuktikan, hal ini ditunjukan dengan masih tidak stabilnya harga beras di pasaran.Program beras untuk rakyat miskin atau populer dengan beras raskin sudah tidak dijalankan lagi oleh pemerintah. Ada kecurigaan program tersebut sarat dengan korupsi.Tidak jalannya program beras raskin makin menyulitkan masyarakat miskin. Dengannaiknya harga beras maka makin berat pula masyarakat miskin untuk memperoleh beras.
FAKTA
Pemerintah menyatakan bahwa stok beras hingga awal 2007 ini masih aman. Yaitu4 juta ton dan ditambah prediksi panen pada bulan Januari sebanyak 1,1 juta ton. Dengandemikin total persedian beras yang dimiliki negara sebesar 5,1 juta ton. Apabila konsumsi beras bulanan masyarakat sebesar 2,6 juta ton maka masih ada surplus beras 2,5 juta ton.Masalah yang dihadapi adalah apakah beras itu berada di pemerintah atau di petani.Untuk amannya seharusnya stok tersebut ada di pemerintah karena bila terjadi kenaikanharga beras maka pemerintah dapat membanjiri pasar untuk menstabilkan harga beras. Bila beras ada di petani maka perhitungannya dengan asumsi 60% stok untuk petani adalah
 
2,4juta ton beras untuk memenuhi 12 juta keluarga petani yang berarti jatahnya 200 kg per keluarga. Bila konsumsi perbulan tiap keluarga sekitar 30-40 kg maka stok tersebut hanyamampu menghidupi mereka selama 5 bulan. Masalahnya bagaimana dengan permintaan pasar? Dengan jatah 40% dari stok yaitu sekitar 1,6 juta ton dengan perhitungan konsumsiyang sama per keluarga maka stok tersebut hanya dapat memenuhi beberapa minggu saja.Akibatnya stok beras untuk permintaan pasar sangatlah kritis. Pengalaman membuktikan penggatian kepemimpinan nasional terjadi pada saat kenaikan harga beras mencapai 2 kalilipat.
PENYEBAB MASALAH INTERNAL
Masalah kenaikan harga beras dipicu oleh berbagai faktor. Untuk faktor internaldipicu oleh persedian beras dalam negeri yang tidak jelas keberadaannya. Apakah berada di pemerintah atau di petani. Kemungkinan besar beras berada di petani sehinggakemungkinan seperti yang dijelaskan di atas bisa saja terjadi. Karena bila ada di pemerintahseharusnya pemerintah dapat segera membanjiri pasar agar dapat menstabilkan harga beras.Dengan demikian kekurangan stok untuk memenuhi permintaan pasar menyebabkan harga beras di pasaran terus naik.
PENYEBAB MASALAH EKSTERNAL
Perubahan iklim menyebabkan terjadinya perubahan masa panen. Akibatnya masatanam bergeser dari Oktober 2006 menjadi Januari-Februari 2007. Sehingga masa panenraya diperkirakan mundur menjadi April-Mei 2007. Dengan rentang waktu demikian bagaimana pemerintah dapat memenuhi kebutuhan pasar. Mungkin pemerintah dapatmengandalkan panen sporadis di bulan-bulan mendatang namun hasilnya tidaklah terlalu besar.
HASIL ANALISA
Masalah kenaikan beras merupakan masalah negara yang sangat penting. Harussesegera mungkin ditangani. Ketidakstabilan harga beras dapat memicu ketidak stabilan
 
 politik juga. Bila mencapai kenaikan harga hingga dua kali lipat besar kemungkinanmasyarakat akan marah dan meminta penggantian pemerintah yang sekarang.Pemerintah dapat mengambil langkah-langkah untuk menahan laju kenaikan harga beras. Langkah-langkah tersebut antara lain pemerintah harus menutup eksport berasdimana eksport beras justru akan mengurangi persedian beras dalam negeri. Upaya lainyang dapat dilakukan adalah dengan melakukan import beras untuk memenuhi permintaan pasar. Pemerintah mungkin bisa mengandalkan panen di bulan-bulan mendatang yangsifatnya sporadis namun hasilnya tidaklah terlalu besar. Pemerintah juga bisamengandalkan persedian beras BULOG yang sebagian sudah digunakan untuk operasi pasar. Namun untuk mencegah imbas kenaikan harga beras terhadap masyarakat miskinmaka pemerintah dapat segera menjalankan kembali program beras raskin. Selain untuk dengan melakukan operasi pasar di daerah-daerah walaupun daerah tersebut belummeminta adanya operasi pasar.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->