Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
9Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Praktik Budidaya Tanaman Semusim

Praktik Budidaya Tanaman Semusim

Ratings: (0)|Views: 3,261|Likes:
Published by AriefRianto

More info:

Published by: AriefRianto on Sep 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/24/2013

pdf

text

original

 
1
ACARA IPERBANYAKAN TANAMAN SECARA VEGETATIFTanggal Praktikum :9april 2011A.Tujuan
Mengetahui cara-cara perbanyakan tanaman secara vegetatif.
B.Dasar teori
Perkembangbiakan atau perbanyakan tanaman secara vegetatif merupakancara perkembangbiakan tanamandengan memanfaatkan bagian tanaman,seperti batang, cabang, pucuk daun, umbi, dan akar. Tujuannya untuk menghasilkan tanaman baru dengan spesifikasi tanaman yang persis samadengan induknya. Perbanyakan secara vegetatif yang disengaja oleh manusiadapat dilakukan dengan beberapa cara. Di antaranya, stek tanaman, okulasi, penyambungan atau grafting, dan cangkok.
1.Ste
Untuk melakukan stek tanaman, tidak memerlukan teknik yangrumit. Cukup memotong dan menancapkan salah satu bagian tanaman.Stek tanaman mempunyai beberapa kelebihan, di antaranya dapatmenghasilkan tanaman baru dalam jumlah banyak. Ini sangatmenguntungkan. Apalagi, bahan tanaman induk yang unggul dan ingindiperbanyak tersedia amat terbatas.Stek tanaman merupakan sebuah perlakuan yang disengaja olehmanusia dengan melakukan pemisahan atau pemotongan beberapa bagian tanaman. Bagian-bagian tanaman dipotong, seperti akar, batang, daun, dan tunas, untuk mendapatkan anakan baru dengan sifatseperti induknya. Stek umumnya dilakukan pada tanaman dikotil. Bagitanaman monokotil, teknik stek tanaman masih jarang diterapkanmeskipun ada beberapa tanaman monokotil yang bisa di stek, sepertiasparagus.Dari beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa inisiasi akar dapat merangsang sintesis protein dan roduksi RNA (Baraer, 1972).
 
2
Dalam perkembangbiakan vegetatif secara stek memiliki beberapafaktor yang mempengaruhi pertumbuhan stek pada tanaman antara lainsebagai berikut:
Faktor endogenus
Faktor hormone
Faktor lingkungan
Faktor dari nutrisi tanaman stok 
Faktor dari food reserve
Faktor dari kemampuan memobilisasi food reserve
1.Cangko
Mencangkok merupakan salah satu cara memperoleh perakarandari suatu cabang tanaman tanpa mcmotong cabang tersebut dariinduknya. Ada dua cara mencangkok yang sering dilakukan diIndonesia, yaitu ‘
cangkok kerat 
’ dan ‘
cangkok belah
’. Cangkok keratdilakukan terhadap tanaman vang kulitnya mudah untuk dilepas,sedangkan cangkok belah dilakukan untuk tanaman-tanaman yangkulitnya sukar dilepaskan. Waktu mencangkok sebaiknya dilakukan pada musim hujan. Bila dilakukan pada musim kemarau, cangkokansebaiknya harus selalu disiram untuk mencegah kekeringan.Banyak keuntungan dari teknik ini, selain caranya mudah, jugadapat diperoleh keturunan yang banvak dalam waktu yang relatif cepatsehingga cara ini juga efektif untuk membudidayakan tanaman yangtergolong langka.
2.Grafting
Perbanyakan dengan cara sambung atau cara grafting padadasarnya adalah menggabungkan batang atas hasil memangkasnya
(prunning)
, dengan batang bawah tumpang. Keunggulan yang diperolehdengan cara perbanyakan grafting ini adalah :
 
3
a.Tanaman hasil grafting / sambung sama seperti induknya atau bahkanlebih baik karena faktor dominan dari jenis tumpang batang bawah yanglebih unggul dari induk atas hasil prunning. b.Waktu yang dibutuhkan untuk perbanyakan relatif singkat, sekitar ± 14hari (2 minggu).c.Satu jenis tanaman tumpang (bawah) dapat disambung beberapa jenissesuai keinginan.d.Kreasi tanaman adeniumyang baik dan unik menjadi semakinmenawan.Adapun penggolongan jenisGrafting adalah sebagai berikut :Wudianto (2002) mengatakan bahwa ada 119 bentuk grafting. Darisekian banyak grafting ini digolongkan menjadi tiga golongan besar,yaitu sebagai berikut :a.
Bud-grafting 
atau
budding 
, yang kita kenal dengan istilah okulasi. b.
Scion grafting 
, lebih populer dengan grafting saja, yaitu sambung pucuk atau enten.c.
Grafting by approach
atau
inarching 
, yaitu cara menyambung tanamansehingga batang atas dan batang bawah masih berhubungan denganakarnya masing-masing.Penyebab kegagalangrafting atau sambungpada tanaman dapatdipengaruhi beberapa faktor seperti:a.Terlalu lama proses penyambungan, sehingga kambium telahmengering. b.Kelembaban yang berlebihan atau terkena air langsung saat proses penyambungan.c.Alat pemotong atau pisau tidakbersih (tidak steril) atau alat pemotongatau pisau tumpul (tidak tajam) sehingga menyebabkan guratan serabutyang menyebabkan kambium sulit bersatu (menempel).d.Pengikatan sambungan terlalu kencang, sehingga menyebabkanmetabolisme tanaman tercekik.

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Imaa Aprillia liked this
tulus liked this
De'dinda KnYut'z liked this
Tiara Pamungkas liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->